InformasiKita

Urutan Processor AMD Mulai Generasi Awal Hingga Kini


Berbicara tentang kualitas sebuah komputer, tentu tidak lepas dari prosesor yang disematkan di dalamnya. Salah satu merek prosesor yang paling terkenal adalah AMD. Jadi mari kita lihat pesanannya prosesor AMD dari generasi pertama hingga saat ini.

Sebagian orang mungkin hanya mengenal pabrikan prosesor Intel yang merupakan saingan AMD. Namun, nyatanya AMD tidak kalah. Pabrikan ini menawarkan prosesor berkualitas untuk komputer, Serverdan perangkat lainnya.

Urutan prosesor AMD generasi awal

AMD cukup terkenal di kalangan pemainPasalnya, prosesor lebih unggul dari otak sebuah komputer yang mampu menjalankan program game secara optimal. Sudah berevolusi dari generasi sebelumnya, berikut urutannya.

1. AMD K5

AMD K5
Sumber: www.cpu-world.com

Pada generasi pertama, ada K5 yang merupakan prosesor pertama yang diproduksi oleh AMD. Pada dasarnya prosesor ini lebih unggul karena mampu melakukan sinkronisasi dengan arsitektur tipe x86.

Hanya saja saat itu dominasi Intel membuat banyak motherboard yang tidak kompatibel dengan prosesor ini. Setelah ada update bios barulah AMD bisa sejajar dengan papan utama bagus.

2. AMD K6

AMD K6
Sumber: www.cpu-world.com

Setelah kesuksesan K5, tentu saja tidak menghentikan AMD. Perusahaan terus melakukan pembaruan dan menghadirkan generasi penerus yaitu K6. Yang terbaik dari semuanya, AMD K6 dapat menyinkronkan dengan semuanya papan utama.

Jadi motherboard yang awalnya hanya kompatibel dengan Intel, bisa juga menggunakan AMD. Tentu saja, ini adalah awal dari persaingan antara dua produsen prosesor.

3. AMD Duron

AMD Duron

Dalam urutan prosesor AMD selanjutnya adalah Duron yang mulai dipasarkan pada tahun 2000. Sebagai produk andalan AMD saat itu, Duron memiliki kecepatan dan performa yang memuaskan.

Salah satu keunggulan lainnya adalah dari segi harga yang lebih murah dibandingkan prosesor besutan Intel. Namun, AMD kini telah menghentikan produksi Duron.

4. AMD Athlon

AMD Atlon

Produk andalan AMD selanjutnya adalah penerus Duron, Athlon. Dengan keunggulan yang ada di dalamnya, Athlon saat itu mampu tampil sebagai pesaing Intel Pentium III.

Karena kesuksesan produk ini, AMD mengembangkan dan memperkenalkan seri AMD Athlon 64 dba AMD Athlon FX. Tentu saja, prosesor penerus ini memiliki keunggulan berkat beberapa peningkatan. Misalnya antivirus pada Athlon 64 FX.

5. AMD Sempron

AMD Sempron
Sumber: www.cpu-world.com

Ketika Intel meluncurkan Celeron, AMD datang dengan produk pesaing, Sempron. Berada di segmen prosesor untuk perangkat anggaran, Sempron ditujukan untuk penggunaan sehari-hari.

Namun, prosesor hemat energi ini memiliki keunggulan mampu menampilkan foto beresolusi tinggi. Ada pula teknologi App Acceleration yang mampu mengoptimalkan kinerja aplikasi.

6. AMD 64 V2 Dual Core

AMD 64 V2 Dual Core
Sumber: www.cpu-world.com

Dari namanya saja, sepertinya prosesor next-gen AMD ini memang dipatok untuk menyaingi Intel yang sebelumnya merilis versi Core Duo.

Berdasarkan spesifikasinya, AMD 64 Dual Core dapat berjalan di komputer dengan sistem operasi 64-bit. Oleh karena itu, prosesor ini cocok untuk pengguna yang membutuhkan pemrosesan multimedia.

7. AMD Opteron

AMD Opteron
Sumber: www.cpu-world.com

Memesan prosesor AMD kemudian bertujuan untuk menempati segmen PC server atau workstation. Prosesor AMD Opteron ini hadir dalam dua varian cache yaitu level 1 dan level 2.

Kedua varian ini memiliki perbedaan jumlah data. Data tingkat 1 yang disimpan adalah 128 KB. Sedangkan untuk level 2, datanya adalah 1024.

8. AMD Ryzen Threadripper

AMD Ryzen Threadripper

Prosesor yang menyaingi Intel Xeon Ini tersedia untuk desktop, workstation, dan server kelas atas. Prosesor ini mendukung saluran quad 512 GB. Adapun kecepatan prosesor ini adalah dari 1,9 GHz hingga 4,3 GHz.

Itu perintahnya prosesor AMD dari generasi pertama hingga saat ini. Nampaknya perusahaan terus mengembangkan produknya dan melakukan berbagai penyempurnaan.


Teknologi

Baca Juga  4 Cara Membuka File RAR di Laptop: File Part, File Error