Urutan Processor AMD dari Terendah Sampai Tertinggi


Setiap laptop atau komputer memiliki otak yang digunakan untuk memproses berbagai hal. Otak dari sebuah laptop disebut prosesor, salah satu prosesor terbaik adalah AMD. Sebelum membeli laptop, sebaiknya ketahui dulu urutan prosesor AMD dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Prosesor yang digunakan pada sebuah laptop akan sangat mempengaruhi kinerjanya nantinya. Semakin besar prosesor yang digunakan, semakin baik pula performa yang bisa diberikan laptop tersebut. Itu sebabnya Anda perlu mengetahui spesifikasi prosesor AMD.

Urutan prosesor AMD dari yang terkecil hingga yang terbesar

Nah pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis prosesor AMD, dari yang paling tua hingga yang terbaru. Bagi Anda yang penasaran, berikut urutan prosesor AMD berdasarkan spesifikasinya.

1.AMD K5

Di posisi pertama atau generasi pertama adalah AMD K5. AMD K5 merupakan seri prosesor pertama yang diproduksi oleh AMD. Pada awalnya prosesor ini dibuat hanya sebagai alternatif dari prosesor Intel.

Meski begitu, AMD K5 ini menjadi salah satu prosesor pertama di dunia yang berhasil disinkronkan dengan arsitektur X86. Namun karena saat itu produk Intel masih lebih populer, AMD K5 ini harus kalah bersaing dengan Intel.

2.AMD K6

Setelah AMD K5, AMD kembali meluncurkan prosesornya yang merupakan penerus dari AMD K5 yaitu AMD K6. Urutan prosesor AMD dari yang terendah hingga tertinggi kedua mendapat dukungan dari semua jenis motherboard yang semula hanya bisa digunakan untuk prosesor Intel. Dari sinilah persaingan antara dua merek ternama di bidang teknologi ini dimulai.

3.AMD Duron

Pada tahun 2000-an, AMD kembali memproduksi dan merilis prosesor terbaru yang disebut Duron. Di awal kemunculannya prosesor ini menjadi salah satu prosesor high-end besutan AMD.

Selain kualitas dan performanya yang bagus, prosesor AMD Duron ini juga memiliki harga yang murah sehingga membuat banyak orang beralih dari Intel ke prosesor ini.

4.AMD Athlon

Urutan prosesor AMD selanjutnya dari yang terkecil hingga terbesar adalah AMD Athlon. Setelah sukses dengan AMD Duron, AMD merilis prosesor yang lebih canggih, yaitu AMD Athlon.

Prosesor ini merupakan mikroprosesor berkualitas tinggi yang menjadi produk andalan AMD saat itu. AMD Athlon bersaing sengit dengan Intel Pentium II.

5.AMD Sempron

Urutan prosesor AMD selanjutnya adalah AMD Sempron, prosesor ini merupakan saingan Intel untuk seri Intel Celeron. Yang membuat AMD Sempron unik adalah dua soket prosesor yang digunakan, yaitu AMD Sempron Socket A dan AMD Sempron Socket 754. Yang disayangkan dari prosesor ini adalah hanya bisa digunakan dengan OS 32-bit.

6.AMD Opteron

AMD Opteron menempati posisi ke-6 dalam urutan prosesor AMD dari yang terkecil hingga yang terbesar. Dimana processor ini tidak kalah dengan processor AMD Ryzen terbaru, bedanya disini AMD Opteron dibuat untuk komputer server atau workstation. Prosesor ini memiliki dua cache berbeda yang dapat memaksimalkan kinerjanya.

7.AMD Ryzen

Pada prosesor AMD level tertinggi adalah AMD Ryzen yang tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Sejak pertama kali dirilis, AMD Ryzen bersaing ketat dengan Intel.

Prosesor ini dibanderol sedikit lebih tinggi dari prosesor AMD sebelumnya, namun Anda tidak perlu khawatir karena peningkatan tersebut dibarengi dengan peningkatan performa yang cukup signifikan.


Teknologi

Baca Juga  4 Laptop Asus 5 Jutaan Terbaik, Bisa untuk Gaming!