Ketahui Ukuran Wallpaper HP, Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Ketahui Ukuran Wallpaper HP, Berikut Penjelasan Lengkapnya!


Mengedit adalah kegiatan yang menyenangkan. Motifnya mampu mengubah citra dari jelek menjadi menarik. Sayang sekali ketika saya selesai mengedit gambar tampak aneh, itu sebabnya ukuran wallpaper ponsel yang tidak cocok.

Memang, setiap ponsel memiliki ukurannya sendiri. Ada yang lebar, seperti produksi Apple, ada yang kecil. Karena itu, sebagai penerbit, Anda perlu tahu dulu ukuran wallpaper ponsel untuk memaksimalkan gambar.

Jadi bagaimana cara menemukan ukuran wallpaper setiap perangkat? Cara manualnya adalah mengukur diri sendiri, tentunya membutuhkan waktu yang lama. Di sisi lain, ada banyak artikel yang memberikan informasi terkait hal ini yang bisa dijadikan referensi.

UKURAN WALLPAPER HP

Ukuran latar belakang HP (layar HP)

Wallpaper Hp sering diartikan sebagai layar handphone. Ini tidak salah karena ukuran wallpaper sangat tergantung pada layar ponsel. Masing-masing layar ponsel memiliki resolusinya sendiri.

Dulu, sebelum ponsel pintar populer di Indonesia, ukuran wallpaper ponsel hanya dalam jarak 3 inci. Jika kita mengubah satuan menjadi cm sekitar 7,5 cm. Ukurannya sangat kecil, sehingga resolusi yang dihasilkan tidak bagus.

Seiring berjalannya waktu, ukuran layar semakin besar. Produsen HP memperkenalkan produk yang layarnya mencapai 4 inci. Ini termasuk seri Samsung A 2017.

Pada tahun 2018, perkembangan game online cukup signifikan. Orang-orang mulai tergila-gila padanya. Hal itu mendorong produsen ponsel untuk mengembangkan produk dengan layar lebih besar, yakni 5 inci dengan resolusi mencapai HD.

Jenis Resolusi Ukuran Wallpaper HP

Setiap ukuran wallpaper ponsel atau layar perangkat memiliki resolusi masing-masing. Dari yang terbaik hingga yang terburuk. Berkaitan dengan hal tersebut, penulis akan membahasnya secara singkat di bawah ini:

1. Q-HD

Q-HD adalah singkatan dari Quarter HD atau istilah lain untuk resolusi ini adalah 2K. Quarter adalah seperempat dalam bahasa Indonesia dan menunjukkan bahwa resolusinya mencapai 2560×1440 piksel. Rasio aspeknya sekitar 16:9, jadi cukup bagus dalam menampilkan visual di HP.

2. U-HD

Resolusi layar Ultra HD (UHD) mencapai 3840×2160 piksel. Jumlah ini termasuk yang tertinggi di antara jenis resolusi lainnya. Karena yang paling tinggi, kualitas gambar yang muncul di layar sangat bagus dan dari jenis lainnya.

3. qHD

Jika sebelumnya resolusi tertinggi, qHD tergolong ukuran terkecil. Bila dijumlahkan sekitar 960×540 piksel dengan aspek rasio 16:9. Tentu saja jika di ponsel, angka ini sedikit menyakitkan mata.

4. HD

Resolusi untuk saat ini ukuran wallpaper ponsel sekitar 1080 x 720 piksel. Ukuran ini termasuk dalam HD (High Definition) dan paling banyak tersedia di smartphone di Indonesia. Pasalnya, gambar yang dihasilkan bisa sebagus yang didapat.

5. Full HD

Dari segi kualitas, Full HD lebih tinggi dari HD. Resolusinya 1920×1080 piksel. Biasanya digunakan pada ponsel dengan layar lebar, seperti 5 inci, sekitar 14 cm. Bahkan iPad lama atau terbaru masih menggunakannya.

ukuran wallpaper untuk ponsel xiaomi

Ukuran wallpaper Xiaomi yang direkomendasikan

Inilah pembahasannya Ukuran wallpaper HP (layar) dan resolusinya hari ini. Mulai sekarang, mari kita lanjutkan pembahasan mengenai ukuran wallpaper yang direkomendasikan untuk Android, khususnya Xiaomi.

Jika Anda mengedit dan ingin gambar yang dihasilkan dilampirkan ke layar beranda ponsel Anda, Anda harus terlebih dahulu mengetahui ukurannya agar tidak jelek.

Sebagai rekomendasi, ukuran yang cocok untuk wallpaper ponsel Android adalah 640 piksel (lebar) dan 960 piksel (panjang). Format yang akan diinstal adalah JPEG, untuk keperluan pengeditan lainnya Anda perlu mengubah format menjadi PNG.

Bahkan, Anda bisa meletakkan gambar dengan ukuran lebih kecil dari ini. Tapi sebaiknya jangan, karena kualitas gambar yang muncul sangat buruk, apalagi jika dipasang di ponsel dengan layar 5 inci atau 14 cm.

Jika kualitas gambar yang ada rusak, Anda perlu mengedit ulang. Ini pasti memakan waktu yang cukup lama, apalagi gambar yang dihasilkan memiliki tingkat kerumitan yang tinggi.

ukuran wallpaper iPhone

Ukuran wallpaper iPhone yang direkomendasikan

Saat memasang gambar yang diedit sendiri, pengguna iPhone sering merasa ukurannya tidak pas, sehingga terlihat jelek.

Pasalnya, ponsel ini memiliki ukuran yang berbeda dengan perangkat berbasis sistem operasi Android. Sehingga resolusi yang muncul di layar perangkat berbeda.

Karena itu, Anda harus tahu ukuran wallpaper iPhone yang tepat agar hasil gambar lebih maksimal. Berikut adalah daftarnya ukuran wallpaper iPhonediantara yang lain:

1. iPhone 4

iPhone 4 adalah seri ponsel Apple lama. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010, tahun dimana smartphone mulai dikenal masyarakat di Indonesia. Ponsel ini berukuran kecil, sama seperti perangkat lain yang keluar tahun itu. Ukurannya sendiri sekitar 640 x 960 piksel.

2. iPhone 5

Ukuran wallpaper ponsel iPhone sesuai dengan ukuran perangkat yang dipasangkan. Berdasarkan situs review ponsel di Indonesia, iPhone 5 memiliki tinggi sekitar 12 cm. Lebarnya mencapai 5 cm. Jika kita hitung secara keseluruhan, total ukuran ponsel jenis ini adalah 60 cm. Oleh karena itu, ukuran wallpaper kira-kira 640×1130 piksel.

3. iPhone 6 dan 7

Dari segi ukuran, kedua tipe iPhone ini relatif sama. Resolusi layarnya sedikit berbeda karena iPhone 6 memiliki resolusi 750 × 1334 piksel. Ini membuat gambar lebih jelas. Begitu juga dengan iPhone 7 yang memiliki resolusi background sekitar 750×1334 piksel, sehingga terlihat lebih menarik

4. iPhone 8 dan versi lebih baru

ukuran wallpaper iPhone membuat seri baru relatif sama, yaitu 1125×2436 piksel. Tampilan wallpaper dijamin lebih andal dan membuat Anda betah berlama-lama menggunakan iPhone kesayangan.

Jadi selalu pastikan Anda beradaptasi Ukuran wallpaper HP dengan seri atau tipe untuk menampilkan kualitas visual yang handal. Semoga beruntung!


Teknologi

Baca Juga  7 Alasan Kenapa Harus Masuk Jurusan Ekonomi Pembangunan