Tren Digital Marketing yang Harus Kamu Tahu untuk Kemajuan Bisnismu


Bisnis digital semakin banyak digunakan belakangan ini, terutama di masa pandemi Covid-19, karena banyak orang tidak bisa keluar rumah untuk berbelanja. Toko-toko ditutup, mal dan berbagai pusat perbelanjaan tidak boleh dikunjungi.

Hal ini tentu berdampak pada perekonomian, dimana pendapatan para pedagang turun drastis karena mereka membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kemajuan teknologi hadir untuk memberikan solusi yang sangat baik karena semua pedagang tetap bisa mendapatkan penghasilan dengan berjualan secara online. Teknologi pemasaran digital ini akhirnya menjadi kecenderungan pada tahun 2021.

Chatbot

Chatbot Ini adalah robot yang dirancang dengan kecerdasan buatan (altific smart) mampu meniru percakapan manusia melalui obrolan teks dan pesan suara bahkan keduanya. Fitur chatbot ini digunakan sebagai pengganti customer service saat melayani konsumen di dunia bisnis. Selain itu, bot ini tersedia dalam berbagai bahasa, tidak hanya bahasa Indonesia.

Sehingga jika ada konsumen yang ingin menanyakan tentang suatu produk di pelayanan pelanggan karena kemudian pelayanan pelanggan masih sibuk, fungsi fitur digunakan di sini chatbots. Bot ini akan langsung menjawab pertanyaan konsumen secara otomatis dan cepat. Tentu konsumen menyukainya karena tidak perlu menunggu jawaban dan jawaban yang diberikan tidak lama. Teknologi chatbots kemampuan melayani konsumen 24 jam tanpa tidur, yang sangat memudahkan para pelaku bisnis untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.

Pencarian visual

Teknologi pencarian visual Ini juga menguntungkan dunia pemasaran digital jika para pebisnis tahu cara menggunakannya. Jadi aplikasi ini memungkinkan konsumen menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan mengunggah gambar. Misal konsumen sedang mencari tas berbentuk boneka teddy bear yang lucu, tinggal upload gambarnya. Kemudian, pencarian visual itu akan menampilkan informasi sesuai dengan gambar yang diunggah.

Jika seorang pebisnis mampu memaksimalkan optimalisasi konten berkualitas, maka besar peluangnya untuk meningkatkan kemajuan bisnis di era digital ini. Saat ini, semakin banyak orang memilih untuk berbelanja online. Teknologi pencarian visual memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan dibandingkan mencari produk dengan mengetik teks. Jadi tidak mengherankan bahwa inovasi dalam pencarian visual akan sangat dibutuhkan pada tahun 2021.

Pemasaran video

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut video, karena sekarang banyak sekali promosi produk yang menggunakan video bagus menggunakan aplikasi Instagram, apk YouTube, apk WhatsApp hingga video Facebook. Setiap konsumen memiliki karakter tersendiri dalam melihat spesifikasi produk.

Ada konsumen yang percaya pada suatu produk setelah melihat gambaran detailnya. Namun ada juga yang lebih yakin setelah melihat video tersebut. Kenapa begitu? Produk yang ditampilkan dalam video menampilkan detail bagian produk dengan lebih jelas. Misalnya, ketika seorang pengusaha mempromosikan tas melalui video. Bagian-bagian tas yang dihadirkan mulai dari luar dan dalam yang terekam dalam sebuah video. Hal inilah yang mampu meyakinkan konsumen sehingga peluang penjualan produk lebih tinggi.

Pemasaran multisaluran

Ini adalah salah satu tren pemasaran digital di mana para pebisnis mempromosikan produk di banyak tempat platform pada suatu waktu. Aplikasi yang digunakan disini tidak hanya satu, namun ada beberapa aplikasi yang memberikan informasi yang sama tentang suatu produk yang dijual. Misalnya, perusahaan sedang mempromosikan koleksi baju terbarunya untuk Idul Fitri 2021 di Youtubelalu posting juga ada apa, Instagram, Facebook sampai surel.

Meski begitu, barang yang dijual tidak hanya di dunia maya. Namun ada juga toko brick-and-mortar, sehingga konsumen bisa langsung melihat bahwa produk yang ditampilkan secara online sama dengan yang ada di toko brick-and-mortar. Hal ini meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membeli produk tersebut. Lagi banyak saluran yang digunakan, lebih mudah mendapatkan banyak konsumen.

Konten interaktif

Apakah konten dibuat untuk konsumen atau publik dapat berpartisipasi secara aktif. Ada beberapa jenis konten interaktif, termasuk kuis, belajar, bunyiemail interaktif dan infografis interaktif. Publik akan memiliki pengalaman yang unik dan menarik dibandingkan dengan hanya pasif melihat konten yang diposting tanpa berpartisipasi. Saat bisnis membuat konten seperti survei dan bunyijadi publik dapat langsung menentukan pilihan mana yang disukai dari konten yang disediakan. Disinilah perusahaan dapat memanfaatkan gambar atau video yang dibuat dalam bentuk pilihan yang dapat mengurangi kebosanan audiens.

Pemasaran digital menggunakan konten interaktif memberikan banyak manfaat dalam meningkatkan penjualan. Konten interaktif ditawarkan dengan berbagai cara, keunikan masing-masing konten mampu menarik pengunjung untuk berlama-lama di situs tersebut. Pengunjung pun tertarik untuk melihat lebih banyak produk di situs, mereka tidak terpaku pada satu produk saja.

Pengunjung juga rela berbagi di jejaring sosial mereka tanpa ditanya apakah konten yang dibuat benar-benar unik. Ketika banyak orang lain melihat konten tersebut, secara tidak langsung mereka tertarik untuk mempelajari brand tersebut lebih jauh, hal ini dapat meningkatkan brand awareness terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Nah, itulah 5 inovasi teknologi yang bisa meningkatkan penjualan dalam dunia marketing bisa anda terapkan agar bisnis anda semakin berkembang. Saat ini orang lebih menyukai hal-hal yang unik dan menarik. Selain itu, teknologi yang semakin canggih terasa rugi jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Apalagi perannya sangat besar dalam dunia marketing khususnya pemasaran digital. Bisnis sekarang harus dapat melihat dan berpikiran terbuka tentang penggunaan teknologi terbaik untuk mengurangi penjualan. Karena jika hal ini tidak diperhatikan, maka akan sulit bersaing dengan kompetitor.


Teknologi

Baca Juga  Cаrа Download Video Youtube tanpa Aplikasi di Ponsel