InformasiKita

Tips Merakit PC Gaming Murah Dengan Harga Sesuai Budget


Merakit PC gaming dengan PC gaming murah merupakan hal yang diinginkan banyak orang. Pasalnya banyak yang ingin merakit PC gaming murah, namun memiliki performa yang cukup mumpuni di kelas harganya.

Tidak seperti laptop, semua komponen yang terpasang di PC bisa diganti. Tidak hanya RAM dan penyimpanan, bah VGAnya, papan utamasampai prosesorItu juga dapat diubah sesuai dengan keinginan pengguna.

Merakit PC juga bukan perkara mudah. Dibutuhkan ketelitian dalam memilih komponen yang digunakan, kesabaran dalam merakit PC agar dapat bekerja dengan baik. Apalagi jika Anda ingin membangun PC gaming murah.

Komponen PC untuk bermain game

Sebelum Anda mulai merakit PC Anda, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih komponen PC Anda:

1. Prosesor

prosesor
Sumber: pexels.com

Saat ini ada dua merek prosesor dijual di pasar. Yaitu Intel dan AMD. Jika Anda ingin memilih prosesor Intel baru, pilihlah gen 8 atau 9 karena memiliki performa yang cukup mumpuni dengan harga yang lebih terjangkau.

Jika Anda ingin memilih prosesor AMD baru, pastikan untuk memilih AMD Ryzen 3 3000 seri. Seri ini memiliki performa yang tidak kalah dengan Intel di kelas harganya.

Sejumlah prosesor ada yang punya grafis terintegrasi dan beberapa tidak. Jika Anda tidak ingin menghabiskan lebih banyak untuk membeli VGA, kami sarankan untuk menggunakan AMD karena beberapa alasan prosesor memiliki grafis terintegrasi lebih berkualitas dari grafis terintegrasi pada Intel gen 8 atau 9.

2. Motherboard

Motherboard
Sumber: pexels.com

Dalam pilihan papan utamayang penting hati-hati tembakau prosesor digunakan. Jika tidak cocok, maka prosesor tidak dapat dipasang. Jangan salah, senang melihatnya tembakau dari prosesor yang telah Anda pilih, pilih saja papan utama sesuai.

3. RAM

Rama
Sumber: pexels.com

Ada banyak jenis RAM di pasaran saat ini. Untuk mendukung kebutuhan gaming, ada baiknya menggunakan minimal 8 GB. Tetapi jika Anda memiliki anggaran sedikit lagi, menggunakan RAM 16 GB, sehingga kinerja menjalankan sistem dan aplikasi menjadi lebih maksimal.

4. VGA

kartu VGA
Sumber: pexels.com

Ketika Anda memilih prosesor yang sudah memiliki grafis terintegrasi, VGA bisa menjadi hal opsional. Namun, jika Anda memilih prosesor Gratis grafis terintegrasi atau dengan grafis terintegrasi yang kurang terampil, Anda mungkin atau mungkin tidak perlu menggunakan VGA. Apalagi jika Anda ingin membangun PC gaming.

Menggunakan VGA akan memberi Anda pengalaman bermain game yang lebih mumpuni daripada menggunakan kartu video grafis terintegrasi disediakan oleh prosesor hanya.

Berdasarkan chipsetSaat ini ada dua jenis VGA di pasaran. Ini adalah chipset Nvidia dan AMD. Sebagai saran, akan lebih baik menggunakan VGA dengan chipset Nvidia karena chipset Memiliki performa yang lebih mumpuni saat digunakan untuk gaming dibandingkan dengan menggunakan VGA dengan chipset SAYA PUNYA D

5. Lebih keren

lebih dingin itu bekerja seperti itu prosesor selalu mencapai suhu dingin dan menghindari panas berlebih. Saat ini, ada dua jenis pendingin prosesor. Ini adalah alat pendinginkan air dan pendingin cair. Sama seperti namanya, alat pendinginkan air menggunakan udara untuk mendinginkan prosesorketika pendingin cair gunakan air untuk mendinginkan prosesor.

Untuk pilihan alat pendinginkan air atau pendingin cair, sesuaikan saja dengan selera anda. Sebagai saran, gunakan lebih dingin dengan noise di bawah 30 dB dengan RPM yang relatif tinggi. Selain memaksimalkan pendinginan, kebisingan kipas akan sedikit berkurang, membuat pengalaman bermain game lebih nyaman.

6. Penyimpanan

HDD
Sumber: pexels.com

Saat Anda ingin memilih ruang penyimpanan untuk sistem komputer Anda, gunakan setidaknya SSD SATA untuk kinerja yang lebih baik. Namun jika ingin memilih penyimpanan untuk file lain seperti film, lagi, dan sebagainya, lebih baik menggunakan HDD karena memiliki harga yang lebih murah dengan kapasitas yang besar.

Jangan pernah menggunakan HDD sebagai penyimpanan sistem karena kinerja sistem komputer dan aplikasi yang berjalan akan lebih lambat daripada menggunakan SSD.

7. PSU

Satuan daya berfungsi untuk mensuplai listrik ke setiap komponen PC agar dapat hidup. Karena Anda ingin membuat PC gaming rakitan murah, sebaiknya gunakan PSU minimal 400 watt dengan sertifikasi di atas 80 watt. perunggu.

8. Kasus

Untuk kasus, sesuaikan dengan selera Anda. Ada beberapa kasus yang mendukung RGB dengan sisi transparan dan beberapa tidak.

Sebagai saran, mungkin Anda harus memilih kasus dengan ukuran ATX karena sebagian besar komponen yang dijual di pasaran berukuran besar dan hanya support kasus dimensi ini.

Kesimpulan

Dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas, tentunya kamu akan mendapatkan PC gaming murah yang bisa memainkan beberapa game terkenal seperti Valorant, Genshin Impact, DotA 2 dan lain sebagainya.

Namun, jika Anda masih bingung memilih komponen PC seperti yang disebutkan di atas, berikut beberapa contoh bundle PC gaming murah yang bisa Anda dapatkan komponennya baik di toko. terputus tidak ada toko on line:

  1. Prosesor : Intel i3-8100 (Rp 1.698.000)
    Motherboard : MSI H310M Pro-Vh Plus (Rp 899.000)
    RAM: Kingston Hyperx Fury (2x8GB) (Rp 500.000)
    VGA: MSI Geforce GT 1030 2GB (Rp 1.161.000)
    lebih dingin : Id-Cooling Se-224-XT (Rp 395.000)
    Penyimpanan: SSD PNY M.2 NVME 512 GB (Rp 950.000)
    PSU: Innovation Legacy 400w 80+ Gold (Rp360.000)
    kasus : Cube Gaming Holl Case (Rp 359.000)
    Total: Rp 6.322.000
  2. Prosesor : AMD Ryzen 3 3200G (Rp 1.785.000)
    Motherboard : MSI A320M-A PRO (Rp 740.000)
    RAM: Kingston Hyperx Fury (2x8GB) (Rp 500.000)
    VGAnya: –
    lebih dingin : Id-Cooling Se-224-XT (Rp 395.000)
    Penyimpanan: SSD PNY M.2 NVME 512 GB (Rp 950.000)
    PSU: Innovation Legacy 400w 80+ Gold (Rp360.000)
    kasus : Powerup Raptor 1606 (Rp 285.000)
    Total: Rp 5.015.000

Dua contoh di atas adalah rekomendasi kami. Keduanya menggunakan harga yang ditampilkan di salah satu toko toko on line. Jadi mungkin Anda akan menemukan komponen serupa dengan harga berbeda.

Tentunya harga PC gaming rakitan lebih mahal dari harga PC all-in-one. Namun dengan merakit PC dengan harga PC gaming yang murah, Anda akan mendapatkan PC dengan performa yang cukup mumpuni.

Selain digunakan untuk bermain game tentunya juga dapat digunakan untuk penerbitan video, Anda benar-benar melakukannya bermain 3D. Selain itu, PC juga dapat digunakan untuk cara membuat aplikasi sendiri di laptop atau cara membuat aplikasi sendiri untuk komputer.

Jika Anda seorang yang tidak profesional dalam merakit komputer, sebaiknya dibantu oleh yang ahli dalam merakit PC, atau serahkan pada ahlinya agar tidak terjadi kesalahan saat merakit PC.

Harga komputer murah berkualitas sebenarnya relatif, sejalan dengan anggaran yang Anda hapus atau tidak. Jadi, suka atau tidak suka, Anda perlu berkonsultasi dengan orang yang mengerti perakitan PC untuk mendapatkan PC gaming murah yang tepat untuk Anda. anggaran yang Anda keluarkan.


Teknologi

Baca Juga  2 Cara Menghilangkan Background Di Photoshop Dengan Mudah