InformasiKita

Tidak Bisa Masuk Bios? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya


Komputer Anda tidak dapat masuk ke BIOS? Ini adalah salah satu masalah yang sering terjadi saat mengoperasikan komputer. Biasanya ketika ini terjadi layar akan muncul layar biruada pesan kesalahanatau menyalakan ulang lajang.

Sebaiknya ketahui dulu penyebabnya agar mudah mengatasi masalah ini. Pasalnya, kondisi ini bisa terjadi karena berbagai alasan.

Alasan mengapa komputer tidak dapat masuk ke BIOS

Saya tidak bisa masuk ke bios

BIOS adalah singkatan dari Sistem input output dasar. Jadi, sederhananya, itu adalah sistem yang mengatur pintu masuk dan KELUAR di komputer. Jika ada masalah, maka komputer tidak akan bisa bekerja.

Berikut ini adalah beberapa penyebab masalah tidak masuk ke BIOS.

1. Ada masalah dengan hard drive

Pertama-tama, kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan hard disk. Salah satu komponen mungkin bermasalah. Hal ini menyebabkan komputer dalam sepatu bot. Biasanya akan muncul pesan Kesalahan inisialisasi disk.

2. Kesalahan perangkat lunak Atau tidak kompatibel

Penyebab selanjutnya adalah jika Anda menginstal perangkat lunak yang tidak kompatibel dengan komputer. Memaksa ini dapat mengakibatkan kerusakan sistem dan entri BIOS gagal.

Selain itu, ada kemungkinan perangkat lunak sudah terpasang berpengalaman kesalahan. Karena BIOS terkait erat dengan perangkat lunaktentu ada pengaruhnya.

3. Sering Komputer Menjadi terlalu panas

Menggunakan komputer dalam waktu lama atau menjalankan aplikasi berat dapat menyebabkannya terlalu panas. Jika hal ini sering terjadi, pasti akan mempengaruhi kinerja sistem komputer.

Terlalu sering mengalami terlalu panas dan tetap memaksa komputer untuk berjalan tanpa upaya pendinginan dari waktu ke waktu akan berdampak pada komponennya. Akhirnya komputer akan crash.

4. Tidak bisa masuk bios karena VGA rusak

Ketika Anda menemukan komputer Anda berbunyi bip bip terus-menerus dan tanpa menampilkan tampilan apa pun, hampir pasti masalahnya ada pada VGA. Kerusakan pada komponen ini juga dapat menyebabkan entri BIOS gagal.

5. Ada komponen yang aus

Pernahkah Anda menggunakan komputer dalam waktu lama tanpa mengganti komponen? Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa komputer gagal masuk ke BIOS. Pasalnya, setiap komponen komputer pasti memiliki batasan usia.

Jadi jika terlalu tua, wajar saja jika kinerjanya turun, bahkan sampai pada titik di mana itu kesalahan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan berkala agar dapat mengganti komponen yang aus.

Cara mengatasi Tidak bisa masuk BIOS

Ketika itu terjadi kesalahan sehingga gagal masuk ke BIOS, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Untuk membuatnya mudah, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Cabut semua kabel sambungan listrik, lalu buka casing prosesor.
  • Lepas RAM, VGA, hardisk dan komponen lainnya, sisakan saja papan utama hanya.
  • Kemudian sambungkan kabel kekuasaan untuk memulai komputer. Jika papan utama itu tidak mengeluarkan suara apa pun bipyaitu masalahnya ada pada komponen itu.
  • Jika ada, ganti motherboard.
  • Selanjutnya cek komponen lain seperti memory dan VGA. Jika tidak ada tanda-tanda kerusakan, berarti Anda masih bisa memasangnya kembali.
  • Jika masalah kegagalan entri BIOS terjadi karena: perangkat lunak yang korupAnda dapat mengatasinya dengan menekan tombol F5 pada keyboard Anda.
  • Selanjutnya, hapus instalan aplikasi yang bermasalah.
  • Langkah selanjutnya adalah menyalakan ulang komputer Anda.

Jika langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan dan tetap tidak bisa, berarti ada masalah pada beberapa komponen komputer Anda, seperti hardisk, VGA, atau RAM. Solusinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru atau bekas, namun dalam kondisi baik.

Ini dia penyebab dan cara mengatasi BIOS Cannot Enter. Beberapa tindakan pencegahan adalah menjaga suhu komputer. Plus, itu tidak memaksa menginstal aplikasi yang tidak kompatibel.


Teknologi

Baca Juga  4 Cara Ngeprint di Laptop: Mudah dan Cepat