Tertarik Kuliah di Jurusan Ekonomi Pembangunan, Ini Beberapa Mata Kuliah yang Akan Dipelajari


Ekonomi pembangunan merupakan salah satu peminatan dari Fakultas Ekonomi. Secara umum, studi tentang masalah-masalah pembangunan yang telah muncul, maupun yang sedang atau akan terjadi saat ini. Perkembangan yang dimaksud disini bervariasi mulai dari perkembangan industri, keuangan, bisnis hingga perbankan.

Berbagai masalah yang berkaitan dengan ekonomi juga dibahas di sini, kemudian coba cari solusinya kritis dan inovatif. Oleh karena itu, jika Anda memiliki sisi kritis dalam menanggapi masalah dan memiliki ide-ide inovatif, sangat tepat untuk bergabung dengan departemen ini.

Mengapa Jurusan Ekonomi Pembangunan?

Siswa yang tertarik pada ekonomi sangat cocok untuk mengejar spesialisasi ini. Apalagi jika Anda sering melihat masalah ekonomi dan memiliki ide terbaik untuk solusi, karena fakultas berperan dalam pembangunan masa depan. Selain itu, mahasiswa yang menyukai aritmatika tidak hanya cocok untuk jurusan matematika, tetapi Ekonomi Pembangunan juga merupakan peminatan yang tepat untuk ditekuni. Tidak hanya perhitungan dasar yang akan dipelajari, tapi sampai pada tahap analisis data statistik.

Daftar mata kuliah di Departemen Ekonomi Pembangunan

Saat memasuki dunia kampus, Anda pasti akan menghadapi sederet mata kuliah. Berbagai topik akan dipelajari, dari pengetahuan umum dasar hingga yang benar-benar terkait dengan ekonomi pembangunan itu sendiri.

1. Pengantar bisnis

Kursus yang membahas tentang bagaimana seorang pebisnis dan seorang wirausahawan menjalankan bisnisnya. Bagaimana menetapkan strategi untuk bersaing dengan pesaing dalam lingkungan bisnis yang berubah. Disini akan dipelajari pengetahuan tentang aspek pemasaran, aspek organisasi, aspek operasional, aspek keuangan dan aspek etika dalam lingkungan bisnis. Perkembangan teknologi dalam dunia bisnis tidak terkecuali.

2. Ekonomi pembangunan

Ini menggambarkan dunia ekonomi yang terus berkembang menuju kinerja yang lebih tinggi. Jadi terkait dengan strategi dan kebijakan pembangunan. Teori dan model perkembangan juga akan dipelajari oleh siswa. Ini juga memberikan teori dan model pertumbuhan ekonomi, masalah ketimpangan dan utang luar negeri.

3. Matematika untuk ekonomi

Menjelaskan analisis statis dan komparatif dari sudut pandang teori ekonomi. konsep fungsi, persamaan sampai analisis statis komparatif diperkenalkan di sini. Teknik komputasi dan konsepnya juga dibahas yang akan dibutuhkan dalam analisis seperti optimasi, analisis marginal dan integrasi. Jadi matematika untuk ekonomi bukan hanya matematika dasar perkalian, pembagian, pengurangan dan penjumlahan.

4. Pengantar akuntansi

Mahasiswa akan mempelajari unsur-unsur utama dalam bisnis, antara lain kemampuan memahami informasi akuntansi berupa laporan keuangan, siklus dan sistem akuntansi serta cara membuat laporan keuangan. Elemen utama bisnis, seperti laba bersih, hasil penjualan, laba operasi pada arus kas juga diperkenalkan di sini. Bisnis tidak dapat dipisahkan dari perusahaan, sehingga kita juga belajar tentang pengambilan keputusan bisnis, bentuk perusahaan lengkap dengan struktur permodalannya.

5. Pengantar Ekonomi Mikro dan Makro

Pengantar ekonomi mikro membahas tentang motif dan cara para pelaku ekonomi sebagai individu dalam memproduksi sesuatu. Dalam mata kuliah ini juga dipelajari isu-isu yang berkaitan dengan transaksi pasar. Sampai pembahasan tentang bagaimana melibatkan pemerintah dalam kegiatan ekonomi. Sedangkan ilmu ekonomi makro adalah mata kuliah yang membahas tentang kerangka ekonomi. Jadi, para siswa di sini akan belajar tentang pentingnya ekonomi makro. Dalam hal ini, inflasi, suku bunga, nilai tukar dan pengangguran juga akan dibahas.

6. Ekonomi internasional

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami berbagai teori dan kebijakan perdagangan internasional. Jadi secara lebih spesifik, mereka akan menjelaskan perdagangan klasik dan modern, strategi perdagangan internasional, masalah neraca pembayaran, kerjasama regional dan CMNs, sistem nilai tukar, pasar valuta asing dan diskusi lembaga moneter internasional.

7. Ekonomi sumber daya alam dan lingkungan

Pelajari tentang peran sumber daya alam sebagai input dalam kegiatan ekonomi. Selain itu, sumber daya alam dan lingkungan terkait dengan faktor konsumsi. Berbagai masalah Terkait peruntukan masalah kerusakan lingkungan direvisi dengan menggunakan teori mikro dan makroekonomi. Solusi politik untuk masalah yang disesuaikan dengan mekanisme pasar. Polusi yang disebabkan oleh perubahan iklim juga akan dianalisis di sini.

8. Ekonomi moneter

Jelaskan aktor dan kebijakan moneter yang tidak hanya mempengaruhi, tetapi juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi. Mahasiswa diberkahi dengan pengetahuan untuk dapat menganalisis pelaku moneter dalam melakukan transmisi di lingkungan dengan segala ketidakpastian. Tentu saja, kerangka ekonomi mikro dan makro juga digunakan di sini. Penawaran dan permintaan uang, inflasi, peran dan fungsi otoritas moneter dalam kebijakan moneter juga disajikan.

9. Ekonometrika

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan diajarkan tentang analisis kuantitatif dimana diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk menganalisis berbagai fenomena ekonomi. Tentunya tidak lepas dari penerapan statistika, matematika hingga teori ekonomi terhadap data yang diperoleh. Selain itu, ada pembahasan model ekonometrika dan asumsinya. Menariknya, di sini siswa akan diajarkan tentang aplikasi Software Eviews dan kegunaannya dalam kehidupan.

10. Perekonomian daerah dan perkotaan

Kajian dimulai dari pemahaman dasar-dasar ekonomi daerah, ekonomi perkotaan hingga bentuk-bentuk kebijakan yang diterapkan dalam menyikapi berbagai persoalan daerah dan perkotaan. Dijelaskan pula dampak ekonomi terhadap pembangunan daerah dan peran pemerintah dalam mengatasinya. Materi pokok meliputi teori dan model pembangunan daerah; otonomi daerah di Indonesia; Kota, mega urban dan metropolitan Indonesia.

11. Ekonomi Pariwisata

Materi yang dipelajari meliputi pengenalan ekonomi pariwisata, penyediaan layanan pariwisata dan sisi penawaran, permintaan pariwisata, wisatawan dan dampak sosial budaya. Peran pemerintah dan masyarakat dalam pariwisata juga dibahas.

Perlu dicatat bahwa tidak hanya ada 12 program studi di Departemen Ekonomi Pembangunan, tetapi masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan cari referensi lain.


Teknologi

Baca Juga  3 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Laptop, Ampuh!