Ternyata Ini Kenapa Instagram Tidak Bisa Menyimpan Foto


Menjadi jejaring sosial yang cukup populer, Instagram tentu menyimpan banyak momen menarik. Maka tidak heran jika banyak orang yang ingin menyimpan foto ig ke galeri handphone. Tapi apa alasan Instagram tidak bisa menyimpan foto ke galeri ponsel?

Mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya tentang hal ini. Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa menyimpan foto di IG, maka Anda perlu memahami beberapa faktor yang membuat foto IG tidak bisa diunduh.

Pasalnya, Instagram juga membatasi fitur direct storage di beberapa kontennya. Jadi Anda tidak dapat menyimpan semua konten di timeline Anda sepenuhnya sesuka hati. Tidak hanya itu, terkadang Anda bahkan tidak bisa memposting ulang cerita Instagram, bukan?

Alasan Instagram tidak bisa menyimpan foto

Buat kamu yang suka dengan koleksi foto instagram idol, apakah kamu harus khawatir jika foto-fotonya sudah tidak bisa disimpan lagi? Sebenarnya alasan Instagram tidak bisa menyimpan foto adalah karena foto tersebut bersifat private atau privasi khusus.

Meskipun kesalahan teknis dapat terjadi, faktor utamanya adalah privasi. Jika Anda sering mendapatkan notifikasi “Sayangnya Instagram telah berhenti”, bisa jadi karena aplikasi tersebut memiliki bug dan perlu diupdate ke versi terbaru.

Tapi bagaimana jika aplikasi IG adalah versi terbaru? Sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini. Anda dapat menggunakan fungsi screenshot untuk menyimpan foto ig. Namun sebagian besar dari Anda akan tidak setuju, alasannya adalah kualitas tangkapan layar yang jauh berbeda dengan foto aslinya.

Cara Mengatasi IG Tidak Bisa Simpan Foto

Sekarang setelah kita mengetahui kemungkinan alasan mengapa Instagram tidak dapat menyimpan foto, lalu bagaimana cara memperbaikinya tanpa menggunakan fitur screenshot? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menyimpan foto ig ke galeri.

Dari mulai memanfaatkan fitur simpan otomatis yang sudah tersedia, hingga menggunakan bantuan situs atau aplikasi unduhan pihak ketiga. Berikut beberapa cara mengatasi ig tidak bisa menyimpan foto ke galeri:

1. Simpan Otomatis Foto Instagram

Untuk menyimpan foto ig secara otomatis, Anda tidak perlu repot mendownload aplikasi pihak ketiga. Namun trik ini hanya berlaku jika ingin menyimpan foto atau ig story sendiri secara otomatis, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Instagram
  • Selanjutnya buat IG story baru
  • Kemudian pilih ikon pengaturan yang biasanya terletak di sisi kiri layar ponsel
  • Kemudian aktifkan simpan otomatis foto ke galeri
  • Kemudian, setiap foto terbaru akan secara otomatis disimpan ke ponsel Anda

Untuk memastikan fitur ini berfungsi dengan baik, coba buat ig story baru dan lihat apakah Instagram dapat menyimpan foto?

2. Simpan foto Instagram melalui IG Downloader

Jika sebelumnya bagaimana cara menyimpan foto ig khusus untuk konten kita sendiri, lalu bagaimana jika kita ingin menyimpan foto orang lain? Seperti yang kami jelaskan, alasan Instagram tidak bisa menyimpan foto mungkin karena privasi yang diatur oleh pemilik foto.

Sedangkan untuk menyimpan foto ig orang lain bisa menggunakan beberapa situs download ig, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka IG
  • Cari foto target
  • Kemudian pilih opsi berbagi foto
  • Kemudian salin tautan foto Instagram yang akan disimpan
  • Kemudian Anda dapat mengunduh melalui situs unduhan ig
  • Kemudian foto ig akan disimpan di galeri ponsel Anda

Untuk daftar situs download foto instagram sudah banyak beredar di internet, cari saja di google pasti ketemu.

3. Perbarui ke Instagram versi terbaru

Seperti yang kita ketahui, pembaruan versi pasti bertujuan untuk memperbaiki masalah yang ada. Oleh karena itu, alasan Instagram tidak dapat menyimpan foto mungkin karena perlu memperbarui versi aplikasi.

Jika Anda adalah orang yang malas untuk mengupdate aplikasi, Anda mungkin sering mengalami masalah yang akan membatasi berbagai fitur Instagram. Jadi, jangan pernah mengabaikan pemberitahuan pembaruan jika Anda tidak ingin mengalami kesalahan.

Namun dalam beberapa kasus, masalah ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan aplikasi Instagram yang tidak tepat. Apalagi bagi kamu yang suka menggunakan aplikasi versi modifikasi, bisa dipastikan akan terus mengalami masalah serius.

Tidak hanya kegagalan fungsi-fungsi penting, tetapi keamanan data dan aktivitas pribadi Anda juga berpotensi dipantau oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pasalnya, alasan Instagram tidak bisa menyimpan foto juga bisa terjadi karena adanya konflik dalam efek perubahan.

Jadi, pastikan untuk menggunakan aplikasi IG resmi untuk memastikan keamanan data dan mendapatkan fitur resmi yang tepat dari Instagram.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika aplikasi Instagram tidak bisa menyimpan foto ke galeri. Tetapi jika semuanya gagal, cara terakhir adalah menghapus semua data aplikasi IG melalui pengaturan aplikasi di ponsel Anda. Kemudian semua data yang tersimpan akan terhapus dan akan membutuhkan akses login dari awal.


Teknologi

Baca Juga  7 Alasan Kenapa Harus Masuk Jurusan Ekonomi Pembangunan