PSU Komputer: Pengertian, jenis, dan Fungsinya


Sebagai perangkat elektronik, komputer membutuhkan sumber daya berupa listrik. Namun, listrik yang tersedia adalah AC, sedangkan yang dibutuhkan adalah DC. Di sinilah PSU komputer berperan, yaitu sebagai catu daya tegangan DC.

Apa itu PSU?

Satuan daya (PSU), adalah perangkat keras yang berhubungan dengan suplai listrik ke komponen komputer yang membutuhkannya. Ini termasuk CD-ROM, Motherboard, Perangkat kerasdan lain-lain.

Cara kerja alat ini adalah dengan menguji arus listrik yang masuk. Setelah terbukti Kekuatan yang baguskemudian memasok listrik ke papan utama. PSU kemudian akan mengirimkan listrik ke komputer.

Fungsi Satuan daya

Tidak hanya berfungsi untuk mengalirkan listrik, namun masih ada beberapa fungsi PSU. Mereka adalah sebagai berikut.

1. Konversi tegangan arus dari AC ke DC

Komputer membutuhkan listrik tegangan arus DC (DC). Sementara itu, mereka tersedia Arus alternatif. Oleh karena itu, diperlukan PSU untuk mengubah tegangan arus.

2. Menjaga kestabilan saat ini

Selain itu, PSU juga berfungsi menstabilkan tegangan sebelum dialirkan melalui komponen-komponen yang ada di komputer. Jika voltase tidak stabil, tentu bisa berdampak buruk bagi kesehatan Perangkat keras juga tidak papan utama.

3. Distribusi kekuatan

Apalagi ketika listrik sudah siap, alat ini akan mengalirkannya sesuai kebutuhan masing-masing komponen. Dengan demikian, komputer siap digunakan.

Jenis-jenis PSU komputer

Pada dasarnya ada dua jenis PSU. Keduanya memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini adalah dua jenis Satuan daya yang satu

1. DI PSU

Pada umumnya penggunaan tipe ini untuk komputer dari seri lawas yaitu yang menggunakan Pentium II dan III. Ciri-cirinya memiliki daya kurang dari 250 Watt. Untuk terminalnya KELUARterhubung dengan papan utamaberjumlah 8-12.

Sementara itu, tombol kekuasaan itu bekerja secara manual. Jadi, ketika Anda mematikan komputer, Anda juga harus mematikan pengumpan manual.

2. PSU komputer tipe ATX

Pada komputer keluaran terbaru, sudah menggunakan jenis ATX. Kelebihannya adalah lebih praktis dan sudah mendukung pengoperasian menggunakan perangkat lunak. Jadi ketika Anda menghidupkan atau mematikan komputer, catu daya secara otomatis mengikuti.

Namun, catu daya ATX ini membutuhkan lebih banyak daya untuk beroperasi. Sedangkan untuk terminalnya KELUAR nomor 20-24 dan terhubung langsung ke papan utama.

Selain itu, jenis PSU juga bisa dilihat dari desainnya. Yang pertama adalah catu daya internal yang terhubung ke papan utama. Jenis ini mengubah PSU menjadi satu kesatuan dengan perangkat.

Jenis kedua adalah PSU eksternal, yaitu perangkat catu daya yang rangkaiannya terpisah dari perangkat. Anda dapat melihat orang ini di pengisi bateraibaik untuk laptop maupun handphone.

Baca juga: Cara mematikan laptop yang beku : Nomor 5 Jangan terlalu sering

Beberapa komponen PSU

Selanjutnya perlu juga diketahui komponen apa saja yang ada pada power supply komputer. Di bawah ini adalah beberapa komponennya.

1. melawan

Fungsi dari komponen ini adalah untuk mengatur tegangan, baik itu menurunkan, membatasi atau membaginya. Tujuannya agar arus listrik yang masuk ke motherboard terkontrol dan tidak kelebihan beban.

2. IC Pengatur

Berikutnya adalah komponen IC Pengatur. Fungsi dari komponen ini adalah untuk menjaga agar tegangan listrik yang mengalir melalui komponen komputer tetap stabil.

3. Transformator

Nama lain dari komponen ini adalah trafo. Fungsinya untuk mentransfer daya listrik antara setiap rangkaian listrik. Triknya adalah induksi elektromagnetik.

4. Saring

Komponen yang dibuat dari kapasitor ini berhubungan dengan penerima. Fungsinya untuk menyamakan arus yang datang dari penerima yang satu

5. Dioda

Selanjutnya adalah komponen dioda. Fungsinya untuk mentransmisikan arus tegangan. Selain itu juga berfungsi dalam menghambat aliran arus tegangan balik.

Demikian pengertian, fungsi dan jenis PSU komputer. Melihat fungsinya, perangkat ini memiliki peran penting dalam berfungsinya komputer. Keberadaannya berguna dalam menjaga kestabilan tegangan yang mensuplai daya komputer.


Teknologi

Baca Juga  Rekomendasi Film Drama Sejarah untuk Belajar dengan Asyik