5 Penyebab Layar HP Samsung Berubah Warna + Solusinya!


Handphone samsung memang terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan tidak mudah rusak. Namun meski begitu, terkadang ada HP Samsung yang layarnya berubah warna karena suatu hal. Namun, ada berbagai penyebab mengapa layar HP Samsung berubah warna.

Perubahan warna yang tiba-tiba pasti akan sangat mengganggu saat digunakan. Apalagi jika warna tersebut merupakan warna yang tidak nyaman untuk mata. Bagi anda yang penasaran dengan penyebabnya, simak artikel ini sampai selesai.

Penyebab Perubahan Warna Layar HP Samsung

Warna layar HP Samsung yang berubah warna biasanya disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari mengaktifkan fitur Samsung hingga error pada HP. Nah berikut beberapa faktor yang mempengaruhinya :

1. Aktifkan mode penghemat baterai

Penyebab pertama layar ponsel berubah warna adalah Anda telah mengaktifkan mode hemat baterai. Hal tersebut membuat warna layar Samsung menjadi kekuningan, sebenarnya hal tersebut merupakan hal yang wajar, karena fitur penghemat baterai ini terkadang dibutuhkan oleh sebagian pengguna.

Mode penghemat baterai Samsung biasanya digunakan agar baterai HP tidak mudah terkuras. Jadi Anda tidak perlu panik saat mengaktifkan fitur ini. Untuk mengembalikan layar seperti semula, nonaktifkan saja fitur tersebut.

2. Handphone Samsung terkena air

Penyebab kedua dari perubahan warna layar ponsel Samsung adalah ponsel jatuh ke dalam air atau terciprat air. Meski ponsel masih menyala, terkadang warna layar berubah tidak seperti sebelumnya. Aula ini disebabkan oleh adanya partikel air yang masuk ke dalam layar.

Jika handphone samsung anda jatuh ke dalam air dan masih bisa dihidupkan, biasanya akan muncul bercak kekuningan pada layar handphone. Kalaupun handphone sudah kering biasanya bercak kekuningan tetap ada, untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan penggantian LCD HP.

3. Fungsi suhu warna diaktifkan

Alasan selanjutnya adalah fungsi suhu warna pada ponsel Samsung aktif. Fitur ini kini sudah tersedia di handphone Samsung terbaru, fitur ini digunakan agar mata lebih nyaman saat melihat layar.

Fitur temperatur warna ini biasanya digunakan di ruangan gelap agar cahaya dari ponsel tidak terlalu kuat. Saat fitur ini diaktifkan, layar secara otomatis akan berubah menjadi kekuningan. Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat menonaktifkan fitur ini.

4. Kesalahan sistem HP

Selain HP Samsung drop atau fitur, perubahan warna layar HP Samsung mungkin juga karena bug atau sistem yang rusak. Sistem Samsung yang rusak dapat menyebabkan masalah kecil seperti perubahan warna layar.

Warna layar pada ponsel Samsung telah di-tweak dan disesuaikan dengan kenyamanan pengguna. Untuk mengatur ulang warna layar pada handphone Samsung, bisa dilakukan secara manual melalui pengaturan atau bisa juga menggunakan bantuan aplikasi tambahan.

5. HP terlalu panas

Penyebab terakhir dari perubahan warna layar HP Samsung adalah suhu HP yang terlalu panas. Selain merusak baterai, suhu ponsel yang terlalu panas bisa menyebabkan tampilan layar menjadi buram, hingga terlihat seperti berubah warna.

Ini biasanya terjadi karena Anda terlalu lama menggunakan ponsel untuk bermain game atau membuka jejaring sosial. Solusi dari masalah ini adalah dengan mengistirahatkan HP selama beberapa menit atau jam hingga suhu HP kembali normal.

Tetapi Anda juga dapat menggunakan aplikasi pendingin telepon yang secara efektif menghentikan operasi yang berjalan di latar belakang. Dengan cara ini, suhu ponsel secara bertahap akan kembali normal.


Teknologi

Baca Juga  Jawaban Tebak Kata Shopee Disemua Level Terbaru