Menjaga Asupan Cairan Tubuh dengan Konsumsi Air Putih Rutin


Rutin konsumsi air itu adalah langkah penting dan sederhana dalam menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik akan menimbulkan berbagai penyakit, mulai dari dehidrasi ringan hingga dehidrasi berat.

Dehidrasi terjadi karena kurangnya asupan cairan, sementara hingga 70% tubuh manusia membutuhkan air untuk bertahan hidup. Ada banyak cara untuk menjalani pola hidup sehat, salah satu langkah sederhananya adalah menjaga asupan cairan sendiri.

Selain itu, tidak merokok dan tidak mengonsumsi alkohol meningkatkan kebugaran tubuh dalam jangka panjang. Sistem metabolisme tubuh membaik dan sistem kekebalan tubuh sendiri menjadi lebih kuat meski tanpa mengonsumsi suplemen dan vitamin tertentu.

Tidur yang cukup dan menghindari begadang bisa menjadi penguat autoimun. Yang terpenting dari semuanya adalah menghindari stress yang berasal dari lingkungan luar maupun stress mental akibat terlalu sibuk dengan pekerjaan atau berbagai aktivitas lainnya.

Tubuh yang kekurangan cairan biasanya memiliki perawakan yang tidak sehat, wajah kusam, lesu bahkan sulit berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Faktanya, itu hanya yang dibutuhkan tubuh konsumsi air Dan jangan terlalu sering makan yang manis-manis.

Dosis dan waktu minum air per hari

Banyak orang percaya bahwa minum 8 gelas sehari, atau setara dengan 2 hingga 3 liter air, dapat memenuhi kebutuhan cairannya. Namun, apakah aturan ini benar-benar berlaku untuk semua orang?

Berdasarkan pendapat para ahli, waktu yang ideal untuk asupan cairan adalah pada waktu-waktu berikut ini:

  1. Bangun tidur minum 2 gelas air.
  2. Sebelum makan istirahat beberapa menit segelas.
  3. Minuman setelah makan untuk memenuhi kebutuhan.
  4. Sebelum dan sesudah latihan, idealnya sebelum 30 menit latihan.
  5. Sebagai pengganti kopi atau teh di sore hari sebanyak satu gelas.
  6. Sebelum tidur, 1 sampai 2 gelas.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan sendiri, sama sekali tidak 8 gelas sehari, tergantung jenis dan ukuran gelasnya dulu. Ideal untuk dewasa 2 liter per hari. Penting juga untuk diketahui bahwa sumber hidrasi diri tidak hanya dari konsumsi air.

Anda juga bisa menggunakan buah dan sayuran untuk mengisi kembali cairan Anda sendiri. Misalnya buah semangka yang kandungan airnya 90% bisa menjadi pengganti air mineral untuk Anda. Semakin banyak Anda berkeringat, semakin banyak kebutuhan tubuh Anda untuk terhidrasi.

Biasanya pada cuaca dingin, tubuh akan sedikit bereaksi terhadap air seni, namun tidak haus sama sekali. Namun, karena Anda sering BAK, sebaiknya biasakan minum cukup meski tidak haus. Minuman tersebut merupakan pengganti cairan yang sering terbuang akibat masuk angin.

Tips yang bisa digunakan untuk menghidrasi tubuh

Minum sebenarnya adalah kebutuhan dasar manusia yang secara alami akan terpenuhi saat dibutuhkan. Sayangnya, terkadang tubuh juga membutuhkannya konsumsi air ketika itu tidak menandakan rasa haus.

Tetap sehat bisa dimulai dari hal terkecil, seperti tetap terhidrasi, begadang, dan tidak merokok. Untuk menghidrasi tubuh, Anda bisa menerapkan tips berikut ini:

  1. Biasakan untuk selalu menawarkan minuman saat makan makanan berat atau cemilan.
  2. Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, masukkan botol minum ke dalam tas yang biasa Anda bawa kemana-mana.
  3. Jika Anda merasa terlalu lembut, Anda bisa menambahkan potongan buah ke dalam cairan agar menyerupainya, atau Anda bisa membuat infused water sendiri.
  4. Pastikan yang Anda minum adalah air dengan standar kesehatan dari Kementerian Kesehatan. Idealnya tidak berbau, tidak berwarna dan juga mengandung bakteri. Penting untuk membawa perbekalan sendiri karena kualitas minuman dijamin 100%.

Tubuh yang mengalami dehidrasi akan kehilangan konsentrasi bahkan menyebabkan pingsan. Di daerah panas atau dingin, hidrasi penting tidak hanya untuk kesehatan bagian dalam, tetapi juga untuk kesehatan kulit, sehingga dapat mencegah kekeringan dan penuaan dini.

Jika Anda sudah mengetahui manfaat dan bahaya dehidrasi, sebaiknya mulai sekarang penuhi kebutuhan cairan dan hindari terlalu sering minum minuman manis. Apalagi sifat rasa manis ini membutuhkan cairan tubuh, sehingga kulit lebih sering terasa kering.

Kini tersedia takaran botol dengan keterangan mililiter sehingga Anda tidak perlu menebak apakah kebutuhan hidrasi Anda sudah terpenuhi dengan benar atau masih perlu lagi. Sangat mudah dan praktis untuk memenuhi kebutuhan konsumsi air untuk tubuh.


Teknologi

Baca Juga  7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Panjang Umur hingga Usia Senja