Layar Laptop Tidak Muncul Menu Windows 10 : Ini Solusinya!


Saat layar laptop tidak muncul tiba-tiba, menu Windows 10 pasti langsung panik, kan? Satu hal yang terlintas dalam pikiran adalah nasib data penting, apakah disimpan atau harus berakhir tragis.

Pasalnya saat layar laptop berwarna hitam, maka ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan. Oleh karena itu, sangat wajar bagi pengguna untuk merasa cemas, terutama yang bergantung pada kehadirannya.

Mengapa menu Windows 10 tidak muncul di layar laptop?

Proses hilangnya menu Windows 10 dari layar laptop disebut juga dengan layar hitam atau layar hitam. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

1. File Explorer Rusak

Fitur ini merupakan salah satu fitur yang sangat penting di Windows 10. Ketika muncul masalah kecil, sistem Windows mungkin akan terganggu atau kesalahan.

2. memperbarui atau Instalasi Windows tidak lengkap

Di sini penting untuk memastikan baterai yang stabil dan jaringan internet selama proses mengunduh dan menginstal Windows. Jika kedua hal tersebut bermasalah, maka Windows yang diinstall pengguna akan dinonaktifkan.

Akibatnya, Windows tidak dapat menjalankan fungsinya secara maksimal. Kejadian layar hitam Ini juga bisa terjadi selama proses memperbarui sistem. Karena itu, pastikan prosesnya berjalan lancar.

3. Menu Windows 10 tidak muncul di layar laptop karena virus

Selain menyerang data pribadi, virus di laptop juga dapat merusak sistem Windows yang Anda instal sehingga menyebabkan layar hitam. Sebaiknya, hindari akses situs web atau download aplikasi tidak jelas.

4. Operasi Windows yang diretas

Sistem operasi bajakan memang menggiurkan, apalagi dari segi harga yang jauh lebih terjangkau. Meskipun mungkin melakukan fungsi yang sama dengan produk aslinya, sayangnya tidak ada garansi untuk produk ini.

Hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah layar hitam. Oleh karena itu, bahkan jika perintahkan PC yang dirakittetapi pastikan sistem Windows diinstal asli.

5. Lampu latar Monitor mati

Pada laptop, backlight digunakan untuk menampilkan gambar di layar monitor. Saat lampu ini mati, tentu saja, tidak ada gambar yang bisa ditampilkan. Seolah-olah layar sedang mengalami layar hitampadahal sebenarnya sistem masih berjalan.

Untuk mengeceknya, pengguna bisa membawa laptopnya ke titik terang atau menggunakan senter. Coba nyalakan laptop Anda, lalu nyalakan dengan senter. Jika ada aktivitas Windows, maka Anda dapat yakin lampu latar siapa yang meninggal.

6. Terlalu panas

Yang dimaksud dengan overheating adalah suhu PC yang terlalu tinggi, sehingga melebihi batas maksimal. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai komponen pada laptop Anda sehingga menyebabkan layar hitam.

Bahkan jika itu ada hari ini mouse gaming kelas atas, tapi jangan lupa waktu. Permainan yang menyenangkan permainan tanpa henti bisa menjadi penyebab overheating pada laptop atau PC anda.

Cara mengatasi Layar hitam

Sebelum dibawa ke Pusat servisSebenarnya ada cara praktis untuk memperbaiki layar laptop yang tidak menampilkan menu Windows 10 cara mengatasi laptop lemotmengikuti selangkah demi selangkah memperbaiki layar hitam:

  • Matikan laptop, tunggu sebentar.
  • Nyalakan kembali hingga masuk ke menu Connect dengan layar berwarna biru. Jangan langsung tekan opsi Connect, tapi tekan dan tahan tombol Shift + Power.
  • Menyentuh Mulai ulang opsi hingga layar mengarah ke menu opsi berikutnya sepatu botmatikan perangkat Anda penyelesaian masalah.
  • Cukup pilih Pemecahan Masalah, lalu Opsi Lanjutan.
  • Klik Pengaturan Startup Windows, lalu ketuk Mulai Ulang.
  • Setelah masuk ke menu baru di pengaturan Startup, pengguna bisa menekan angka 4 atau F4 untuk memilih Enable Safe Mode.
  • Tunggu hingga laptop restart dan mengembalikan Windows 10 ke keadaan semula.

Namun jika cara mengatasi layar laptop tidak muncul di menu windows 10 di atas tidak berhasil, segera serahkan pada ahlinya. Jangan mencoba untuk memodifikasi sendiri tanpa pengetahuan yang memadai, karena ini dapat memperburuk kerusakan. Ini bisa berguna.


Teknologi

Baca Juga  6 Cara Download Game di Laptop, Cepat dan Mudah