InformasiKita

Fungsi, Cara Mendapat dan Cara Menggunakan


Anda pengguna Smartfren tentu tahu bahwa ada fitur keamanan PIN untuk melindungi data pribadi Anda. PIN ini wajib diingat karena jika lupa SIM Card Smartfren bisa diblokir. Namun Anda tidak perlu khawatir karena kode puk Smartfren tetap bisa digunakan untuk membukanya.

Banyak yang masih belum familiar dengan kode puk, kode puk ini digunakan untuk membuka kartu SIM yang terkunci karena lupa kode PIN. Apa itu kode PUK dan bagaimana cara mendapatkannya? Berikut ini akan kami jelaskan satu per satu.

Apa itu kode PUK Smartfren?

Kode PUK adalah singkatan dari Personal Unblocking Key, yaitu kode unik yang terdapat pada kartu SIM Smartfren. Fungsi dari kode PUK ini adalah untuk membuka kartu SIM yang terblokir karena Anda salah memasukkan kode PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.

Jika kartu SIM terkunci, itu tidak dapat digunakan sampai dibuka kuncinya. Hal ini dikarenakan kartu SIM tidak dapat menerima sinyal, tidak terdeteksi di ponsel dan tidak dapat menerima atau melakukan panggilan.

Kode PUK Smartfren lengkap

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial cara mendapatkan kode PUK Smartfren. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan kode PUK ini, berikut ini juga akan kami jelaskan cara menggunakannya.

1. Cara mendapatkan kode PUK

Jika kartu SIM Smartfren Anda terblokir karena Anda salah memasukkan kode PIN sebanyak 3 kali, maka cara membukanya adalah dengan menggunakan kode PUK. Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui kode PUK:

  • Pertama – Silahkan cek kemasan kartu SIM, saat pertama kali membeli kartu SIM biasanya terdapat kode PUK pada kemasannya.
  • Kedua – Centang kotak yang Anda gunakan saat menyerahkan kartu SIM Smartfren Anda. Kode PUK biasanya tertera pada kotak atau label tertentu.
  • Ketiga – Anda juga bisa mengetahui kode PUK dengan menghubungi toko tempat Anda membeli ponsel. Mereka biasanya akan membantu Anda menemukan kode PUK.
  • Keempat – Anda dapat memeriksa kode PUK melalui papan tombol. Silakan hubungi call center Smartfren di 888. Anda kemudian akan diminta untuk menunjukkan nomor ICCID di bagian belakang kartu SIM Smartfren Anda. Setelah itu, Smartfren akan memberi tahu Anda tentang kode PUK untuk kartu SIM tersebut.

2. Cara menggunakan kode PUK

Setelah Anda mendapatkan kode PUK Smartfren, langkah selanjutnya adalah memasukkan kode PUK untuk membuka kunci kartu SIM yang terblokir. Berikut cara menggunakan kode PUK untuk membuka kunci kartu SIM yang terkunci:

  • Silahkan hidupkan ponsel, Anda akan melihat pop up notifikasi untuk memasukkan kode PUK.
  • Masukkan kode PUK yang Anda terima tadi.
  • Ikuti petunjuk di ponsel Anda hingga siap.
  • Setiap ponsel akan memiliki langkah yang berbeda, tetapi sebagian besar akan memberi tahu Anda bahwa ponsel terkunci dan Anda harus memasukkan kode PUK.
  • Setelah selesai memasukkan kode PUK, langkah selanjutnya adalah memasukkan kode PIN baru.
  • Jadi, setelah memasukkan kode PUK, masukkan kode PIN baru dan pastikan Anda mengingatnya.
  • Setelah selesai, Anda dapat membuka dan menggunakan ponsel Anda seperti biasa.
  • Namun, beberapa ponsel mungkin mengharuskan Anda mengetikkan **05* sebelum memasukkan kode PUK.
  • Setelah itu akan muncul kolom untuk memasukkan kode PUK 8 digit.
  • Bagi Anda yang menggunakan Nexus One, harap masukkan **05*kode PUK*kode PIN baru*ulangi nomor PIN baru.

Demikian penjelasan tentang apa itu PUK dan cara mendapatkan PUK Smartfren lengkap dengan cara memasukkannya.


Teknologi

Baca Juga  Cara Melihat Kode Qr Wifi di Hp Vivo