Ketahui Sejumlah Mata Kuliah yang Kamu Pelajari di Jurusan Bisnis Internasional


Program gelar Bisnis Internasional adalah jurusan yang berfokus pada mempelajari tantangan dunia bisnis internasional. Siswa akan diajarkan tentang etika bisnis dan hukum internasional. Hal ini tentu tidak sama dengan etika bisnis dan hukum di Indonesia. Selain itu, mereka juga dilatih untuk mampu berpikir global dalam menghasilkan ide-ide yang beragam. Nantinya, ide tersebut dijadikan sebagai solusi atas berbagai permasalahan ekonomi. Secara lebih rinci, kursus berikut akan ditawarkan kepada siswa.

Matematika bisnis

Ini adalah kursus yang dipelajari tentang dasar-dasar matematika yang diperlukan untuk memahami fenomena ekonomi. Mulai dari fungsi, matriks, diferensial, program linier, integral hingga keuangan.

makro dan ekonomi mikro

Murid akan mempelajari ekonomi skala mikro mulai dari pelaku tindakan ekonomi maupun dari interaksi antara konsumen dan produsen. Bahasa ini mencakup prinsip dan aturan ekonomi mikro secara verbal, grafis, dan matematis. Prinsip-prinsip dasar hukum penawaran dan permintaan juga diajarkan. Mahasiswa dituntut untuk memahami keberadaan struktur pasar dalam suatu produk berdasarkan konteks persaingan usaha.

Sedangkan ilmu ekonomi makro mempelajari perdagangan internasional. Mulai dari konsep ekonomi, pengantar makroekonomi, kegiatan ekonomi internasional, kebijakan fiskal dan moneter. Hubungan antara tingkat perubahan harga, suku bunga, dan nilai tukar juga diajarkan dalam kursus ini.

Hukum Bisnis Internasional

Mata kuliah ini membahas pengenalan hukum, pengantar hukum bisnis internasional, transaksi komersial internasional, kontrak bisnis internasional untuk penyelesaian sengketa internasional. Ia juga mempelajari materi dasar apa yang digunakan dalam penyelesaian sengketa. Model penyelesaian sengketa hingga implementasi keputusan. Ciri-ciri kontrak bisnis internasional dan hukum yang berlaku juga harus dipahami oleh mahasiswa.

Komunikasi Bisnis Internasional

Kursus yang membekali siswa dengan pengetahuan untuk memahami topik utama dari konsep komunikasi dasar hingga komunikasi bisnis internasional. Termasuk berbagai jenis komunikasi, desain pesan bisnis. Mahasiswa diajarkan untuk memiliki kemampuan menyusun laporan bisnis dan berkomunikasi secara tertulis dan lisan dalam skala internasional.

Akuntansi dan perpajakan internasional

Tinjauan konsep, penerapan dan perhitungan perpajakan akibat transaksi antar negara. Tentunya transaksi ini memberikan pemasukan baik bagi negara sumber maupun negara asal pelaku usaha. Mahasiswa dibekali dengan keterampilan untuk menganalisis dan mendiskusikan materi yang berkaitan dengan praktik perpajakan internasional.

Manajemen logistik

Materi kuliah ini meliputi pengertian dan tujuan manajemen logistik, ruang lingkup, fungsi manajemen logistik dan kegiatan logistik. Mahasiswa dibekali dengan kemampuan memahami dan menjelaskan dasar-dasar pengadaan alat dan perlengkapan serta fungsi manajemen logistik. Selain itu, terdapat Material Inventory sebagai aspek penting dalam sistem logistik, meliputi kebijakan persediaan, penjadwalan pembelian dan suplai, sistem penyimpanan, dan penanganan material. Materi berikut mencakup pemahaman logistik global dan logistik inventaris, mendefinisikan gudang, aktivitas dan fungsi gudang.

Manajemen antarbudaya

Mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang pengertian manajemen lintas budaya, definisi kebenaran dan akal sehat. Dibahas pula pengkondisian atau pengelompokan budaya, kepemimpinan dan status organisasi, termasuk akar budaya organisasi, kepemimpinan individu dan kolektif lengkap dengan konsep-konsepnya.

Topik-topik berikut yang akan dipelajari meliputi penyelarasan pola pikir yang mencakup negosiasi, serta karakteristik dan negosiasi nasional. Cakrawala dan pembentukan tim dipengaruhi oleh faktor pendidikan, bahasa dan budaya. Mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan dalam negosiasi bisnis internasional antarbudaya, pemecahan masalah, negosiasi antarbudaya.

Analisis Ekonomi Internasional

Kursus yang memberikan siswa dengan informasi tentang teori ekonomi klasik dan merkantilis, pengembangan dan penyempurnaan teori klasik. Tidak hanya teori klasik tetapi juga teori modern juga diajarkan untuk digunakan dalam perdagangan internasional. Neraca internasional dalam perekonomian terbuka, pasar valuta asing, dan neraca pembayaran internasional juga dibahas.

Itu tidak cukup, karena biasanya setelah ujian tengah semester, mahasiswa harus belajar tentang pertukaran mata kuliah dan penyesuaian, dasar dari pertukaran internasional. Juga materi terkait kebijakan ekonomi internasional, mulai dari proteksi, kuota, tarif dan subsidi. Pembayaran dan perjanjian internasional.

Manajemen Keuangan Internasional

Mata kuliah yang mereka pelajari dimulai dari pengertian manajemen keuangan internasional itu sendiri. Kemudian, disebutkan juga tentang ekspor, impor dan devisa. Pengertian perusahaan multinasional lengkap dengan ciri-cirinya. Apa alasan munculnya perusahaan ini yang dipengaruhi oleh sejumlah lingkungan.

Selain itu, evolusi perusahaan multinasional, proses ekspansi ke luar negeri lengkap dengan urutannya juga dibahas. Siswa juga diajarkan materi terkait permintaan eksternal yang tidak stabil, lisensi hingga anak perusahaan penjualan. Karakteristik perusahaan multinasional, tujuan operasi di luar negeri hingga ekspansi horizontal juga dipelajari.

Statistik Bisnis

Mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini diharapkan mampu menjelaskan hubungan antara statistika dan bisnis, pengertian statistika, statistika dan data. Membahas konsep statistik deskriptif, grafik, dan aplikasi komputasi. Statistik parametrik, uji normalitas, dan uji-t juga akan dipelajari di kelas ini.Statistik tentu tidak lepas dari materi instrumen data, perhitungan uji validitas, reliabilitas.

Tidak hanya statistik parametrik, tetapi juga statistik non-parametrik yang dipelajari. Uji chi-kuadrat, koefisien rank Spearman dan koefisien Tau Kendal. Mahasiswa dibekali dengan kemampuan untuk dapat menerapkan konsep statistika dalam aplikasi bisnis. Semua materi ini memiliki manualnya sendiri untuk memudahkan pemahaman.

Nah, itulah beberapa mata kuliah yang akan dipelajari di antara banyak mata kuliah lainnya di jurusan Bisnis Internasional. Jadi materi yang diajarkan masih dalam ranah bisnis dan ekonomi, tetapi cenderung skala internasional. Oleh karena itu, sangat cocok untuk diambil oleh mahasiswa yang suka belajar tentang ekonomi dan bisnis.


Teknologi

Baca Juga  4 Hero Mobile Legends Terbaru, Ini Skill dan Potensinya