4 Alasan Kenapa HP Tidak Bisa Memutar Musik dan Video + Solusinya!


Mendengarkan musik atau menonton video adalah salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu luang sambil beristirahat. Namun, terkadang terjadi error seperti video atau musik yang tidak bisa diputar. Hal ini menimbulkan pertanyaan, kenapa HP tidak bisa memutar musik dan video?

Ada banyak faktor yang membuat ponsel tidak bisa memutar video atau musik seperti biasanya. Dengan handphone yang tidak bisa memutar video atau musik, tentunya sangat berdampak pada kehidupan sehari-hari, terutama bagi yang suka mendengarkan musik dan menonton video.

Mengapa HP tidak bisa membuka Musik dan Video?

Ada beberapa alasan mengapa ponsel Anda tidak dapat mengakses file musik Anda. Beberapa di antaranya karena sampah atau cache aplikasi yang menumpuk, file musik atau video yang rusak, kesalahan aplikasi pemutar musik dan video, dan bisa juga karena sistem belum diperbarui.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Putar Musik dan Video

Bagi anda yang sedang menghadapi masalah di atas, anda bisa mencoba menggunakan cara berikut untuk mengatasi handphone yang tidak bisa memutar musik dan video :

1. Membersihkan memori cache

Alasan pertama dan paling umum mengapa ponsel tidak dapat memutar musik dan video adalah karena sampah aplikasi. Karena aplikasi sering digunakan, file sampah menumpuk, aplikasi tidak dihapus.

Untuk mengatasinya caranya sangat mudah yaitu dengan membersihkan cache aplikasi pemutar musik dan video anda.

Caranya masuk ke Setting > Application Manager, silahkan pilih aplikasi media player yang sering anda gunakan dan pilih Clear Data > Clear Cache.

2. Periksa Pemutar Media

Selain dari sampah aplikasi, ponsel yang tidak bisa memutar musik dan video juga bisa disebabkan oleh aplikasi pemutar media yang rusak atau tidak lengkap.

Biasanya masalah ini ditandai dengan adanya error atau aplikasi yang berhenti secara tiba-tiba. Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu memperbarui aplikasi pemutar video melalui Google Play Store.

Anda dapat segera memperbarui atau Anda juga dapat menghapus instalan aplikasi terlebih dahulu dan menginstal ulang versi terbaru melalui Play Store.

3. Periksa file media

Jika Anda sudah mengupdate aplikasi pemutar video namun tetap tidak bisa, maka penyebab ponsel Anda tidak bisa memutar musik dan video adalah karena media file corrupt atau error.

File yang rusak tidak dapat diputar di aplikasi pemutar media. Jika Anda mendapatkan file dari situs, pastikan file diunduh dengan benar.

Karena file yang anda download dan simpan di handphone bisa rusak, file rusak atau corrupt biasanya berukuran 0 KB dan tidak bisa diputar.

Jika file memang corrupt, coba download kembali file media yang diinginkan dan pastikan sudah terdownload dengan baik dan benar.

4. Pembaruan Sistem

Jika ketiga cara di atas sudah anda coba namun tetap tidak berhasil, mungkin ada kesalahan pada ponsel anda. Ada kemungkinan sistem pada ponsel sudah usang dan menjadi penyebab ponsel tidak dapat memutar musik dan video.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memutakhirkan atau memperbarui sistem di Android Anda. Berikut cara memperbarui sistem di ponsel Android:

  • Langkah pertama, harap buat cadangan file dan media penting Anda sebelum memperbarui sistem Android Anda.
  • Kemudian hubungkan ponsel Anda ke jaringan WIFI.
  • Pilih opsi yang mengarahkan Anda untuk memperbarui sistem operasi.
  • Setelah itu, klik Periksa pembaruan.
  • Ketuk Instal dan tunggu proses pembaruan selesai.

Pada tahap ini Anda telah berhasil memperbarui OS Android Anda. Ini dapat menyelesaikan semua masalah yang terjadi karena kesalahan sistem.


Teknologi

Baca Juga  Cara Membuat Bot Telegram Paling Mudah dengan Android