InformasiKita

Intel Celeron Setara Dengan Core i9 Comet Lake. Benarkah?


Tahun ini, Intel, produsen semikonduktor terkenal, merilis prosesor generasi terbarunya. Jajaran prosesor baru ini ada di generasi ke-12, Alder Lake. Ini menimbulkan pertanyaan, apa yang setara dengan Intel Celeron?

Pertanyaannya didasarkan pada penampilan seri terakhir celeron generasi ke-12 Inilah G 6900. Sering diremehkan, apakah Celeron generasi baru ini masih tergolong prosesor yang lemah?

Perkenalkan Celeron, prosesor Intel yang sering dianggap gagal

Bagi orang awam, selama ada label Intel, mereka harus menganggapnya sebagai prosesor yang bagus. Sementara itu, orang yang memahami seluk beluk prosesor seringkali kurang memberikan penilaian terhadap Celeron.

Bukan tanpa alasan, namun karena prosesor ini memang ditujukan untuk laptop dengan tugas kantor yang sederhana. Dari segi game dan desain, jelas kurang memadai.

Namun, bukan berarti anggapan bahwa Celeron adalah produk Intel yang gagal adalah benar. Pasalnya, prosesor ini juga memiliki kelebihan. Adapun beberapa kekurangan justru karena penghematan, sehingga harganya tetap ekonomis.

Prosesor Intel Celeron setara dengan i9? Kenali dulu kelebihannya

Intel Celeron
Sumber: www.cpu-world.com

Sebelum mengetahui apa yang dimaksud dengan prosesor ini, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa kelebihannya terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya silahkan simak keunggulan Celeron dibawah ini.

1. Hemat energi

Hanya membutuhkan 7,5 Watt, prosesor ini jelas lebih unggul dalam hal konsumsi energi. Tentu ini juga menjadi kelebihan yang harus diperhitungkan.

2. Tahan lama

Keunggulan lainnya adalah pengaturan suhu yang cukup baik, sehingga prosesor tidak mudah panas. Ini membuat produk tahan lama.

3. Harga ekonomis

Anda akan menemukan bahwa laptop dengan prosesor Celeron umumnya tidak terlalu mahal. Pasalnya, prosesornya juga cukup irit.

4. Selalu update

Anggapan bahwa Intel Celeron setara dengan i9 pasti tidak berlaku untuk semua seri. Pasalnya, Celeron berada di lini bawah prosesor Intel, sedangkan i9 berada di lini teratas. Namun, Celeron terus diperbarui. Baru-baru ini, seri G 6900 muncul.

Spesifikasi Celeron Alder Lake G 6900

Celeron G 6900 Alder Lake ini memiliki dua Golden Coves ini, yang merupakan nama dari mikroarsitektur Intel Performance Core (P-Core). Faktanya, Golden Cove ternyata adalah pemain yang kuat.

Sayangnya, Celeron G 6900 tidak dilengkapi dengan teknologi Hyper Threading atau Intel boost. Namun, kecepatan clock a.4 GHz dengan cache L3 4 MB dan cache L2 2,5, sudah cukup untuk mendukung operasinya.

Dari spesifikasi tersebut, prosesor ini cukup untuk kinerja pekerjaan kantoran sederhana dan game entry-level.

Prosesor Intel Celeron setara dengan Core i9 Comet Lake

Tampaknya klaim tersebut tidak dapat diandalkan, pasalnya jelas bahwa keduanya berbeda kasta. Namun, hasil benchmark di Geekbench menunjukkan data mengejutkan bahwa kecepatan prosesor ini setara dengan Core i9 Comet Lake, bahkan sedikit lebih tinggi.

Saat dipasang pada ASRock 690 Phantom Gaming 4 dengan RAM DDR4, Celeron G 6900 menunjukkan skor 1.408 pada satu inti. Sementara itu, Core i9 hanya mendapat skor 1.393.

Selisihnya memang kecil, namun menunjukkan performa Celeron generasi baru ini setara dengan Core i9, meski hanya dalam operasi single-core. Faktanya, Celeron masih unggul dari AMD Ryzen 7 3800XT, pesaing Intel.

Dari hasil benchmark, tampaknya Intel kini mulai peduli dengan lini produknya yang low end. Ini adalah kecenderungan perusahaan untuk kembali ke keunggulan terhadap prosesor AMD.

Meskipun data menunjukkan bahwa di generasi ke-12, Intel Celeron setara dengan Core i9, ini hanya untuk operasi single core. Di sisi lain, multi-core, tentu saja, tidak memiliki kemampuan yang sama.


Teknologi

Baca Juga  Cara Download Video Di Facebook Tanpa Aplikasi