Ini 5 Cara Sehat Menaikkan Berat Badan Setelah Sakit


Penurunan berat badan setelah sembuh dari penyakit adalah hal biasa. Jangan khawatir, ada cara sehat menambah berat badan apa yang bisa kau lakukan. Praktis praktis dan pastinya membuat tubuh lebih sehat.

Periksa berat badan Anda saat ini

Sebagai permulaan, cara sehat menambah berat badan Yang harus Anda perhatikan adalah memeriksa berat badan Anda saat ini.

Berapa berat badan Anda sebelum sakit dan berapa berat badan Anda sekarang? Tidak ada salahnya jika Anda periksa juga berapa seharusnya berat badan ideal Anda. Sehingga Anda bisa memberikan target bobot yang akan Anda menaikkan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tidak ada salahnya jika kali ini Anda berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter yang bertanggung jawab Anda . sehingga Anda mendapatkan informasi tambahan mengenai daftar makanan dan minuman yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi. Selain itu, juga menanyakan hal-hal yang boleh atau tidak boleh dilakukan.

Konsumsilah makanan secara seimbang

Untuk menurunkan berat badan. Cara menambah berat badan Anda juga perlu mengonsumsi makanan secara seimbang. Kali ini, Anda bisa mengonsumsi makanan kaya protein. Karena protein ini bisa diubah menjadi energi dan jika dilatih dengan baik, sedikit banyak bisa menambah massa otot tubuh.

Makan lemak tentu saja tidak masalah, tapi jangan terlalu banyak. Karena itu, risiko penyakit jantung akan meningkat.

Artinya Anda tetap bisa mengonsumsi makanan seperti daging merah, daging putih, aneka sayuran, kacang-kacangan, ikan dan lain-lain, dengan komposisi yang seimbang. Konsumsi makanan ini secara teratur. Anda juga perlu makan minimal 3 kali sehari, dalam porsi yang agak lebih besar.

Minum minuman yang bisa membuat berat badan bertambah

Selain mengonsumsi makanan, Anda juga harus mengetahui berbagai jenis minuman yang sebaiknya dikonsumsi. Minuman yang sebaiknya dikonsumsi, sebaiknya yang berkalori cukup, tapi jangan terlalu banyak. Catatan kecil, hindari minuman bersoda.

Mengonsumsi minuman yang mengandung lemak baik untuk tubuh, seperti susu murni maupun jus alpukat, tentu tidak menjadi masalah. Pasalnya, beberapa minuman ini dinilai menyehatkan sekaligus mampu menambah berat badan, bila dikonsumsi secara rutin.

Tetaplah berolahraga secara teratur

Agar tubuh tetap fit, sebaiknya lakukan olahraga secara teratur. Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat. Mengingat Anda baru saja sembuh dari penyakit. sebaiknya lakukan olahraga yang ringan namun mampu menggerakkan otot seluruh tubuh, seperti jalan kaki, jogging atau bahkan yoga. Lakukan latihan ini minimal 15 sampai 30 menit setiap hari.

Kelola stres

Satu hal lagi yang perlu diingat, terutama untuk menjaga kesehatan, adalah mengelola stres. Upayakan agar tubuh tetap ceria agar daya tahan tubuh terjaga dengan baik.

Ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan, untuk cara sehat menambah berat badan setelah Anda sembuh dari sakit. Tentu tidak sulit, meski dilakukan dengan benar bisa meningkatkan stamina Anda.


Teknologi

Baca Juga  Cara Membuat Ayam Penyet Super Pedas