HP Infinix Buatan Mana? Ini Dia Jawabannya


Infinix menjadi salah satu vendor smartphone yang menarik perhatian beberapa tahun terakhir. Tentunya hal ini tidak lepas dari harga yang terjangkau dengan kualitas yang cukup bisa diandalkan. Namun dengan harga yang terjangkau, sepertinya teknologi yang diusungnya malah tidak terpelihara. Anda penasaran? Apa HP Infinix yang diproduksi?

Karena banyak yang percaya bahwa ponsel ini buatan China, maka tidak jarang merek ini dipandang hina ketika pertama kali muncul di pasar smartphone Indonesia. Namun untuk menjawab pertanyaan dan rasa penasaran semua orang, kali ini kita akan membahas asal usul HP Infinix yang mungkin banyak orang belum tahu.

HP Infinix terbuat dari apa?

Berdasarkan sumber yang sangat terpercaya, Infinix disebut-sebut sebagai salah satu vendor HP yang berdiri sejak tahun 2013. Ponsel ini pertama kali diproduksi di Hong Kong dan merupakan markas dari pemasok ini.

Namun, untuk memberikan kualitas terbaik pada setiap perangkat yang diproduksi di perusahaan mereka. Infinix juga mengklaim telah memiliki pusat penelitian dan pengembangan atau R&D center yang berbasis di Korea Selatan dan Prancis. Namun karena masalah perakitan, pemasok ini melakukan proses perakitan produknya di China.

Artinya, meski Infinix berasal dari Hongkong, setiap produk yang dibuat dan dipasarkan akan memiliki keterangan Made in China. Seperti perangkat lain yang diproduksi di dalam negeri dengan tirai bambu.

Jadi jangan salah sangka jika ada perangkat Infinix yang berlabel Made in China itu palsu. Karena produk tersebut sengaja dirakit di China sehingga memiliki label Made in China, maka dipastikan keaslian produk Infinix ini. Dari sini, Anda tahu apa merk HP Infinix yang diproduksi.

Mengapa ponsel Infinix dibuat di China?

Banyak pertanyaan tentang Apa HP Infinix yang diproduksi? Gara-gara label Made in China, banyak yang mengira produk ini adalah brand China. Namun seperti yang sudah dijelaskan di atas, Infinix merupakan produk buatan Hongkong. Hanya saja proses perakitannya dilakukan di China.

Hal ini dilakukan untuk menekan biaya produksi, sehingga banyak perusahaan elektronik, termasuk Infinix, membutuhkan tenaga kerja yang banyak untuk produksinya. Selain itu tentunya dibutuhkan lahan yang sangat luas untuk melakukan proses produksi dalam skala besar untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Untuk menekan nilai produksi, perusahaan elektronik mulai membangun pabrik di beberapa negara dengan upah yang lebih rendah. Seperti China, Vietnam hingga Indonesia. Maka tak heran jika banyak merek produk smartphone memilih membangun pabrik di China, termasuk Infinix.

Bahkan, kini telah dibangun pabrik Infinix di Indonesia, jadi jangan heran jika Anda menemukan produk Infinix terbaru dengan label Made in Indonesia. Dari sini, bisa ditentukan? Infinix Hot 8 terbuat dari apa?? Tentunya tidak diproduksi di Indonesia, karena Infinix akhirnya membuka pabrik perakitan produk di Indonesia untuk memenuhi regulasi TKDN.

Apa itu Peraturan TKDN?

Jika saya berbicara tentang Terbuat dari apa HP Infinix, Tentunya hal ini tidak lepas dari peraturan TKDN yang membuat banyak orang bingung. Karena beberapa produk Infinix memiliki label Made in China, namun pada produk terbarunya menggunakan label Made in Indonesia. Sehingga menimbulkan perdebatan tentang asal usul merek smartphone ini.

Jelas dari pembahasan di atas bahwa Hongkong merupakan negara asal brand Infinix, namun karena beberapa alasan salah satunya adalah pengurangan biaya produksi. Jadi pabrik perakitan dibangun di Cina. Selain itu, untuk memenuhi regulasi TKDN, Infinix akhirnya mendirikan pabrik di Indonesia. Apa itu regulasi TKDN?

Kini, untuk semua perangkat mulai dari ponsel, tablet hingga MiFi wajib memiliki konektivitas 4G LTE. Dan juga wajib memiliki tingkat konten internal atau disingkat TKDN beberapa persen (berubah setiap tahun). Sebelum akhirnya, produk tersebut bisa resmi dipasarkan di pasar Indonesia.

Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan banyak brand dan vendor memilih untuk membangun pabrik perakitan produknya di Indonesia yang dibuat untuk memenuhi standar TKDN yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Metode ini dianggap sebagai opsi termudah bagi pemasok dan merek produk untuk perangkat komunikasi. Jadi, jika melihat produk dengan label Made in Indonesia, bukan berarti produk tersebut buatan Indonesia. Sama seperti Apa HP Infinix yang diproduksi? untuk melihat asal produk, terutama jika dilihat pada labelnya.

Jadi ada beberapa produk yang memiliki label Made in China, namun produk terbaru memiliki label Made in Indonesia. Tergantung negara tempat produk dirakit, sedangkan asal penjual ini adalah Hongkong.

Namun meski tidak dirakit di negara asalnya, perangkat Infinix yang dirakit di China dan Indonesia tetap memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda. Jadi tidak bisa dianggap produk palsu hanya karena berlabel China atau Indonesia. Karena standar spesifikasi air sadah sudah jelas ditentukan sebelumnya.

Pabrik tempat produk dirakit akan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh penjual asli. Dan cukup dengan merakit komponen-komponen yang sudah dipasok sesuai dengan ketentuan yang ada. Jadi, kualitas setiap produk yang dihasilkan baik di China maupun Indonesia tetap memiliki kualitas terbaik.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa Infinix telah berhasil mencuri perhatian banyak orang dengan berbagai fitur dan teknologi terbaru, namun lebih terjangkau dibandingkan para pesaingnya.

Dan sekarang kamu tahu Apa HP Infinix yang diproduksi?? Jangan salah kalau menyebut Infinix buatan Indonesia.


Teknologi

Baca Juga  Cek 5 Hal Ini Sebelum Mengunduh