InformasiKita

6 Jenis Fan Cooler PC, Inilah Letak dan Fungsinya


Radiator dengan kipas PC atau kipas pendingin berfungsi untuk menjaga suhu di dalam komputer. Ini adalah komponen yang harus ada di PC karena tugasnya menghasilkan sirkulasi udara.

Kipas pendingin bertanggung jawab untuk membawa udara dingin dari luar kasus PC dan keluarkan udara panas dari dalam. Kehadirannya penting untuk menjaga semua komponen perangkat keras di komputer Anda dan membuatnya tahan lama.

Menggunakan Lebih dingin dengan kipas angin komputer

Pendeknya, pendingin kipas PC digunakan untuk memindahkan udara panas dari prosesor PC dan menarik udara yang lebih dingin. Kipas angin yang dipasang di PC biasanya dilengkapi dengan radiator.

Radiator adalah komponen aluminium dan tembaga yang diperlukan untuk perpindahan panas dari prosesor. Komponen ini berguna sebagai penyerap udara panas dan terbuat dari bahan yang mudah menetralkan suhu.

Fungsi Radiator membantu kinerja pendinginan di semua bagian yang terdapat di Motherboard terutama prosesornya. Semakin besar luas permukaan komponen, semakin baik proses pendinginannya.

Jenis kipas di komputer

Berikut ini akan dijelaskan 6 jenis kipas yang bisa ada di komputer. Kipas ini menangani pendinginan komponen perangkat keras komputer untuk bekerja dengan baik.

1. Lebih dingin dengan kipas angin PC, kipas casing

penggemar kasus
penggemar kasus

Kipas casing terletak di samping casing komputer atau di dalam casing. Komponen pendingin ini membantu sirkulasi udara di dalam casing komputer. Kipas memancarkan udara yang lebih panas dari kasus dan udara yang lebih dingin masuk dari luar kasus.

Cara kerjanya, kipas case bisa kipas angin masuk, yang bertanggung jawab untuk mengalirkan udara yang lebih dingin dari luar melalui bagian depan atau bawah sasis. Sebagai kipas anginitu mengeluarkan udara hangat melalui bagian atas atau belakang.

Untuk mencegah debu masuk ke casing dan menyumbat komponen internal, filter udara ditambahkan di atas kipas angin masuk. Ingin mempelajari berbagai tips dan trik komputer? Coba saja klik tautan ini.

2. kipas CPU

kipas CPU
kipas CPU

Lokasi kipas CPU berada di atas prosesor komputer, yang membantu menarik udara panas dari prosesor dan membuatnya tetap dingin. Kipas angin jenis ini biasanya digunakan untuk pendinginan radiator untuk setiap CPU (Unit pemrosesan pusat).

3. PSU Pendingin Kipas PC

PSU Fan Cooler PC
PSU Fan Cooler PC

Kipas power supply unit (PSU) pada komputer modern umumnya dipasang di bagian bawah komputer modern. Kipas PSU dilengkapi dengan port intake (pemasukan) dan melempar (knalpot) terpisah. Lebih disukai di pemasukan ditutup dengan saringan debu.

4. Penggemar kartu grafis

Penggemar kartu grafis
Penggemar kartu grafis

Cara kerja kipas kartu grafis menggunakan dua kipas untuk mendinginkan radiator yang dihidupkan unit pemrosesan grafis atau memori kartu grafik. Ini membantu pelestarian kartu grafik menjadi lebih kuat dari panas yang berlebihan saat digunakan untuk pekerjaan berat.

Jenis kipas ini tidak diperlukan untuk model lama. Namun, keberadaannya sangat dibutuhkan kartu grafik dirancang modern untuk grafis dan game 3D. Jika Anda ingin tahu kinerjanya kartu grafik AMD untuk berjudilangsung saja baca reviewnya disini.

5. Kipas chipset

penggemar chipset
penggemar chipset

Kipas chipset digunakan untuk mendinginkan heatsink pada chipset papan utama. Kipas ini diperlukan saat sistem mengkonsumsi daya lebih banyak dari biasanya.

Namun, bisa saja, tapi mungkin kipas chipset tidak diperlukan. Ini karena beberapa fitur dari chipset yang terintegrasi ke dalam CPU sehingga berperan chipset dikurangi. Akibatnya, panas yang terjadi di chipset juga berkurang.

6. Pendinginan hard disk

Pendinginan hard disk
Pendinginan hard disk

Kipas angin dapat dipasang di sebelah atau di sebelah hard drive untuk pendinginan. Hard drive itu adalah komponen sensitif yang tidak boleh beroperasi pada suhu yang berlebihan. Namun, ternyata komponen ini dapat menghasilkan panas yang cukup besar dari waktu ke waktu,

Biasanya, pendinginan alami sudah cukup, tetapi dalam beberapa kasus penggunaan kipas menjadi penting.

Tidak ada aturan tentang jumlah pendingin kipas pc. Sebagian besar PC memiliki setidaknya 4 jenis kipas, yaitu kipas casing, kipas CPU, kipas PSU, dan kipas kartu grafis. Namun, jika Anda menggunakan pendingin cair, komputer Anda tidak membutuhkan kipas sebagai pendingin.


Teknologi

Baca Juga  Casing CPU, Inilah Fungsi Dan Cara Untuk Memilihnya