InformasiKita

Contoh About me di CV yang Menarik Untuk Lamaran Kerja


Saat kita akan melamar pekerjaan, syarat utama yang harus kita persiapkan adalah CV. Tapi apa contoh resume yang bagus tentang saya untuk melamar pekerjaan?

Mengingat resume merupakan dokumen self-description yang sangat penting, tentunya wajib membuat resume yang menarik bukan? Pasalnya, kemurnian CV juga sangat mempengaruhi keputusan SDM.

Nah, untuk membuat resume yang menarik, kita perlu mengetahui apa itu resume dan bagaimana konsep pembuatannya. Walaupun banyak contoh deskripsi diri di internet, tentunya akan menjadi nilai plus jika resume yang saya buat berbeda bukan?

Definisi CV

CV atau curriculum vitae adalah dokumen deskripsi diri yang menggambarkan berbagai pengalaman dan prestasi yang telah Anda miliki. Anda harus menggambarkan pengalaman kerja Anda secara singkat tetapi jelas.

Kata sederhana adalah gambaran dari personifikasi yang dituangkan ke dalam sebuah tulisan. Sedangkan resume yang baik mampu menggambarkan pengalaman dengan jelas secara terstruktur.

Format CV untuk lamaran kerja

Mungkin sekarang tidak akan sulit bagi Anda untuk menemukan contoh saya di CV Anda. Namun Anda harus tahu format mana yang wajib dan tidak begitu penting dalam surat lamaran kerja.

Pasalnya, berbagai contoh surat lamaran kerja yang bertebaran di internet belum tentu cocok menggambarkan pengalaman hidup Anda.

Nah, berikut beberapa format yang harus ada dalam resume agar terlihat profesional:

1. Lengkapi data pribadi

Kami harus menyertakan semua detail pribadi lengkap, baik itu nama, alamat, detail kontak. Namun, ada beberapa jenis pekerjaan yang memerlukan informasi lebih detail, seperti tinggi atau berat badan.

Tentunya hal ini dapat disesuaikan dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. Mungkin datanya akan lebih lengkap jika mencantumkan status perkawinan. Pasalnya tak jarang hal ini menjadi bagian dari persyaratan yang mungkin Anda lewatkan.

2. Sejarah Pendidikan

Meski riwayat pendidikan saat ini tidak menjamin kompetensi, namun faktanya hal itu merupakan sesuatu yang harus dicantumkan dalam resume. Jika melihat berbagai contoh tentang saya di resume Anda, pasti semuanya termasuk riwayat pendidikan, bukan?

Perlu Anda ketahui, riwayat pendidikan juga berguna untuk menilai tingkat kepribadian seseorang. Maka jangan heran jika pendidikan minimal menjadi prioritas tersendiri.

3. Pengalaman kerja

Tentu saja, resume harus menyertakan pengalaman kerja. Dengan daftar pengalaman atau pencapaian yang Anda sertakan, Anda dapat memberikan detail tentang karakter atau keterampilan Anda di tempat kerja.

Semakin banyak pengalaman, semakin banyak potensi Anda akan diterima! Namun, ada pengecualian, yaitu pekerjaan minimum harus dalam beberapa tahun. Jika jangka waktu yang Anda cantumkan sangat singkat, mungkin HRD akan menilai Anda kurang konsisten.

Contoh About Me pada CV untuk lamaran kerja

Setelah Anda mengetahui apa itu resume dan format yang dibutuhkan, saatnya untuk melihat beberapa contoh resume saya yang bagus untuk melamar pekerjaan.

Jangan biarkan diri Anda menggunakan konsep resume yang salah! Jadi inilah contoh saya berdasarkan jenis pekerjaan:

1. Tentang saya Formal

Contoh formalitas tentang saya

Contoh About Me pada CV formal seperti ini sangat cocok untuk tipe pekerja kantoran. Jika Anda ingin melamar pekerjaan di perusahaan yang sah, mungkin ini bisa menjadi contoh lamaran kerja yang bagus.

Selain rapi, konsep seperti ini juga bisa merangkum berbagai informasi secara terstruktur. Apalagi kita bisa melihat detail tentang diri kita di atas, tentunya akan terlihat lebih profesional.

2. Contoh Kreatif About Me

Contoh tentang saya kreatif

Seiring kemajuan teknologi, pasti banyak perusahaan dengan platform digital yang mencari tim kreatif bukan? Oleh karena itu, contoh resume tentang saya ini bisa sangat cocok untuk jenis perusahaan digital ini.

Namun tidak hanya perusahaan berbasis digital. Karena kreativitas sangat dibutuhkan saat ini, konsep ini juga bisa Anda gunakan untuk melamar pekerjaan di berbagai perusahaan publik yang membutuhkan kreativitas.

Kiat untuk membuat tentang diri Anda di CV Anda

Meskipun daftar contoh tentang saya di resume sebelumnya sudah cukup baik, kita juga perlu memiliki karakteristik sebagai daya tarik. Pertanyaannya, apakah CV yang Anda kirim akan dilihat oleh HRD?

Jawabannya pasti belum tentu! Mungkin ada ratusan atau bahkan ribuan resume menumpuk di meja SDM. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan beberapa tips berikut untuk membuat pesan Tentang Saya:

  • Menggunakan warna yang berbeda
  • Ambil foto yang menarik
  • Perhatikan pemilihan font dan ukurannya
  • Gunakan teknik menulis yang menarik
  • Tantang HRD untuk memilih Anda

Sebagian besar contoh resume saya yang beredar mungkin sangat bagus. Namun sekali lagi, yang terpenting adalah teknik penulisannya agar enak dibaca. Tidak hanya itu, terkadang Anda harus menantang tujuan yang akan Anda capai jika diberi kesempatan.


Teknologi

Baca Juga  Ini dia Daftar Laptop Khusus Pecinta TTS