Cek Layar HP Samsung: Pake Kode Rahasia Ini!


Ketika kita berniat untuk membeli handphone bekas, tentunya kita membutuhkan pengetahuan khusus untuk memastikan kondisinya normal. Khusus untuk ponsel Android, ada cara untuk memeriksa layar ponsel Samsung Anda menggunakan kode rahasia.

Status layar harus dipastikan normal! Pasalnya, layar merupakan elemen penting dari sebuah smartphone. Bayangkan jika setelah sampai di rumah layarnya pecah? Itu buruk!

Padahal, ada trik khusus yang bisa Anda lakukan. Tidak perlu scan menggunakan laptop atau komputer. Bagaimana cara memeriksa kesehatan layar ponsel Samsung?

Masalah umum layar Samsung

Biasanya masalah yang sering dihadapi pengguna Samsung adalah layar berbayang atau bergaris, putus-putus (dead pixel) hingga layar sentuh yang tidak normal. Tentu saja masalah ini sangat potensial ketika Anda membeli ponsel second. Jadi Anda harus berhati-hati.

Untuk mengetahui status kesehatan layar khususnya ponsel Samsung, ada beberapa cara. Namun sebelum itu kita bahas masing-masing masalah terlebih dahulu. Pasalnya, cara mengecek layar ponsel Samsung juga berbeda-beda tergantung fitur yang ingin diperiksa.

1. Piksel mati

Dead Pixel adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada ponsel Samsung lawas. Biasanya layar tercoreng atau ada titik-titik di layar.

Parahnya, untuk memperbaikinya membutuhkan biaya yang tidak sebanding. Untuk melihatnya, Anda harus sangat berhati-hati. Pasalnya, bintik terkecil bisa jadi pertanda kamu akan mengalami dead pixel!

2. Bayangan

Kehadiran garis-garis pada layar Samsung bisa disebut sebagai bayangan. Mungkin bisa dilihat secara fisik, tapi tetap perlu diperhatikan. Pasalnya, bayangan tidak jauh berbeda dengan dead pixel. Keduanya dapat mempengaruhi umur layar ponsel Samsung Anda.

Percuma kan, kalau beli handphone tapi tidak awet? Lebih baik jika Anda membeli yang baru daripada membeli ponsel yang memiliki masalah layar yang jelas.

3. Layar sentuh tidak normal

Nah, inilah mengapa Anda harus tahu cara memeriksa layar ponsel Samsung. Pastikan Anda nyaman menggunakan ponsel Anda, terutama daya tanggap layar sentuhnya. Pastikan tidak ada jeda saat Anda mengetuknya.

Namun jika merasa tidak nyaman, sebaiknya segera periksa kesehatan layar smartphone. Langkah awal mengecek sisa memori, apakah sudah hampir penuh? Pasalnya hal tersebut juga bisa menjadi penyebab ponsel kurang responsif.

4. MultiTouch Bermasalah

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa layar ponsel yang mereka beli memiliki masalah layar. Gangguan MultiTouch dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Jika ini terjadi, kemampuan sensor sentuh yang bisa ditangkap akan terbatas.

Contoh sederhananya adalah ketika Anda mengklik layar sekaligus, hanya sedikit yang bisa mendapatkan respons. Biasanya, ponsel Samsung dapat merespons hingga sepuluh bagian sentuhan sekaligus. Tapi bisa juga kurang, tergantung jenisnya.

Cara Memeriksa Layar Ponsel Samsung

Setelah mengetahui masalah apa saja yang sering muncul di hp android, saatnya membahas cara cek kesehatan layar hp samsung tanpa laptop atau pc.

Mungkin ini akan bekerja pada ponsel yang lebih tua. Namun tidak menutup kemungkinan masih bisa bekerja di Android versi terbaru. Penasaran? Langsung saja kita ikuti cara cek layar hp samsung berikut ini :

1. Periksa layar rusak pada ponsel Samsung

seperti yang kita ketahui istilah blotchy screen bisa juga disebut dengan Dead Pixel. Pada ponsel Samsung ada dua cara yaitu menggunakan Samsung Mobile Code atau aplikasi tambahan.

Mungkin Anda membutuhkan aplikasi Dead Pixel Detect and Fix untuk mengetahui statusnya. Sedangkan cara cek speckle screen di hp samsung menggunakan kode berikut :

  • memasukkan kode *#0*# pada papan angka
  • Pilih menu merah/biru/hijau untuk mendeteksi piksel mati
  • Maka noda akan terdeteksi secara otomatis

Untuk hasil yang akurat dan maksimal, Anda harus mencobanya dari setiap warna.

2. Periksa sensitivitas layar sentuh

Mengecek daya tanggap layar sentuh seharusnya menjadi salah satu proses yang harus dilakukan saat membeli ponsel bekas. Anda dapat mengetahuinya dengan menggunakan kode rahasia ponsel Samsung.

Untuk memeriksa layar ponsel Samsung Anda menggunakan kode, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka keyboard, lalu masukkan kode *#0*#
  • Maka menu baru akan muncul secara otomatis
  • Kemudian pilih Menyentuh
  • Kemudian sentuh semua garis tang yang ditampilkan sampai berubah warna
  • Jika semuanya berwarna hijau itu tandanya layar hp samsung masih normal

Dengan menggunakan kode ini, Anda juga dapat memeriksa berbagai kesehatan ponsel lainnya seperti speaker, getaran, dan kamera. Tetapi jika tidak berhasil, mungkin jenis ponsel Anda tidak mendukungnya.

3. Pemeriksaan MultiTouch

Meski touchscreen masih normal, bukan berarti multitouch tidak jadi masalah! Anda sangat membutuhkan fitur ini jika Anda suka bermain. Bagaimana jika ponsel hanya mendukung 2-3 ketukan? Saya pasti tidak merekomendasikan!

Untuk memeriksa fitur ini, kami memerlukan bantuan dari aplikasi pihak ketiga yaitu Penguji MultiTouch. Unduh dan uji diri Anda tentang berapa banyak ketukan yang dapat dijawab.

Untuk amannya, Anda harus membeli ponsel bekas dari teman atau keluarga. Alasannya adalah cara yang aman untuk mendapatkan ponsel second yang terjamin.


Teknologi

Baca Juga  4 Cara Cepat Turunkan Kolesterol Agar Terhindar Dari Resiko Masalah Kesehatan