Cara Root Android Tanpa PC Paling Mudah Kurang dari 10 Menit


Bagi pengguna ponsel Android, istilah root ponsel sudah tidak asing lagi karena dapat menawarkan keuntungan berupa akses penuh ke sistem operasi. Cara root Android tanpa PC juga mudah dilakukan, itulah sebabnya banyak orang melakukannya.

Bahkan jika Anda memiliki akses karena Anda di-root, Anda harus menyadari risikonya. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah apakah rooting ponsel Android itu aman?

Hingga saat ini, akses ke semua fitur di ponsel Android seringkali dibatasi oleh pengaturan pabrik yang terpasang di sistem ponsel Android Anda. Sementara rooting dapat menjadi risiko bagi sistem operasi, jadi jawabannya tidak pasti, mengapa?

Alasan Root HP Tidak Yakin

Jika akses ke sistem operasi dibuka dengan rooting ponsel Android, maka standar sistem keamanan telah berubah. Risiko kerusakan total pada perangkat lebih tinggi dan masa garansi akan hilang, produsen HP tidak bertanggung jawab atas kerusakan tersebut.

Produsen HP sengaja memblokir akses fitur Android agar aplikasi bawaan tetap bisa digunakan oleh pengguna. Sedangkan aplikasi bawaan sendiri terkadang memakan kapasitas memori internal, dengan melakukan rooting pengguna dapat menghapus aplikasi bawaan tersebut.

Meski begitu, Anda masih bisa mencoba cara mudah root semua jenis android tanpa pc dibawah ini.

Cara root Android tanpa PC

Sekali lagi, perlu Anda ingat bahwa setiap risiko yang ditimbulkan oleh rooting ponsel Android harus ditanggung oleh Anda.

1. Root Android tanpa PC dengan KingRoot

KingRoot sangat canggih karena dapat melakukan rooting ponsel Android tanpa PC dalam hitungan detik. Persyaratan root HP Android yang dapat Anda lakukan dari versi 4.22 hingga 5.1.

Untuk melakukan root pada ponsel Anda sangat mudah, klik tombol biru dan tunggu proses root selesai. Sangat mudah, bukan? Meski bisa digunakan untuk semua tipe Android, pastikan selalu tipe dan versi Android terbaca oleh aplikasi KingRoot.

2. Root Android tanpa PC dengan iRoot

Bahkan tanpa komputer, Anda dapat melakukan root pada ponsel Anda dengan menginstal aplikasi iRoot di ponsel Android Anda. Satu klik, maka root ponsel Anda akan berjalan dengan sendirinya, meskipun Anda tidak memiliki kemampuan khusus.

Cara root Android tanpa PC dengan iRoot bisa digunakan untuk berbagai merk, dari Samsung, Sony, Xiaomi, HTC Oppo dan lainnya. Sistem operasi Android juga dapat dimulai dari versi 2.3 hingga 5.0, terlepas dari apakah kompatibel atau tidak.

3. Root Android tanpa PC dengan Root Frame

Kecuali mereka berdua APK akar di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi gratis PC bernama Framaroot. Cara menggunakan framaroot juga mudah, bahkan dengan sekali klik, maka berhasil.

Pastikan aplikasi framaroot terinstall terlebih dahulu. Kemudian buka aplikasi dan pilih metode Gandalf, opsi lainnya adalah Aragorn. Klik Gandalf, tunggu sampai muncul notifikasi, restart hp android anda agar proses root selesai.

Secara umum, menggunakan aplikasi framaroot berfungsi dengan baik untuk Android dengan chipset Mediatek. Mencoba cara root android tanpa pc dengan framaroot, cek dulu apakah chipsetnya menggunakan mediatek?

Salah satu kelebihan HP Root adalah dapat melakukan overclock prosesor dimana prosesor akan dipaksa untuk berjalan ke titik optimal. Tidak heran jika kinerja ponsel yang di-rooting menjadi lebih cepat, meskipun di sisi lain ada risiko dan konsekuensinya.

Anda juga dapat menginstal aplikasi terlarang setelah me-rooting ponsel Anda. Sebagai contoh kecil, Anda tidak dapat menginstal Titanium Backup, tetapi setelah root, Anda dapat dengan mudah menginstal aplikasi gratis apa pun.

Penjelasan cara root android tanpa pc dijelaskan di atas harus dilakukan dengan hati-hati. Pastikan jenis ponsel dan versi sistem operasi Android sesuai dengan aplikasi root. Ingat! Namun, rooting Android adalah tindakan yang kurang aman untuk ponsel yang Anda miliki.


Teknologi

Baca Juga  Mengenal Kolestrol dan Bahayanya, Serta 3 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami