3 Cara Pasang NFC Di HP Non NFC Untuk Pembayaran Virtual


NFC atau Komunikasi dalam jarak dekat adalah fitur pada HP yang menghubungkan dua perangkat dalam jarak dekat. Untuk saat ini, hanya Ponsel canggih yang dilengkapi dengan fitur NFC. Jadi pemilik lain perlu tahu cara memasang NFC di ponsel non-NFC.

Kedepannya, NFC semakin dibutuhkan untuk mendukung aplikasi pembayaran digital contactless. Jika perangkat seluler tidak dilengkapi dengan fitur NFC, artikel berikut akan menjelaskan langkah-langkah yang harus diikuti oleh pemiliknya.

Instal NFC di ponsel non-NFC

Menggunakan NFC pada ponsel non-NFC tentu tidak mungkin. Namun, pengguna dapat menambahkan NFC ke ponsel yang sebelumnya tidak memiliki fitur ini. Penambahan ini dapat dilakukan pada ponsel merek dan tipe tertentu.

Ada dua jenis pengaya NFC pada ponsel Anda, yaitu dengan menambahkan perangkat lunak atau memasang perangkat keras. Namun, sebelum memasang NFC pada ponsel non-NFC, cari informasi apakah ponsel Anda mampu mendukung fitur NFC.

Jika ponsel Anda tidak mendukung NFC, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan fitur tambahan ini. Ada cara yang bisa dilakukan untuk bisa memasang NFC di ponsel non-NFC yaitu menggunakan perangkat keras tambahan.

3 Cara Memasang NFC di Ponsel Non-NFC

Diperlukan kondisi tertentu untuk dapat memasang NFC pada ponsel non-NFC, yaitu dengan bantuan perangkat keras tambahan. Ada 3 cara yang bisa dilakukan yaitu menggunakan adaptor NFC eksternal, Micro SD dan stiker NFC.

Adaptor NFC eksternal

Cara paling umum untuk menambahkan fitur NFC ke ponsel Anda adalah dengan menggunakan adaptor NFC eksternal. Pasalnya, pengguna tidak perlu melakukan perubahan dan membongkar bagian dalam ponsel untuk memasangnya.

Pemilik ponsel dapat dengan mudah melepas adaptor saat tidak menggunakan NFC dan memasangnya kembali saat diperlukan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan adaptor NFC eksternal:

  • Siapkan ponsel Anda dan adaptor NFC eksternal.
  • Hubungkan telepon ke adaptor sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  • Tunggu beberapa saat hingga kedua perangkat terhubung satu sama lain. Jika terhubung, maka ponsel dapat digunakan untuk mengirim data melalui NFC.
  • Jika transaksi selesai, akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa fungsi NFC telah berhasil diselesaikan.

Meski mudah, cara memasang NFC dengan menggunakan adaptor NFC eksternal memiliki kekurangan yaitu harga adaptor yang cukup mahal.

Cara install NFC di HP non-NFC menggunakan Micro SD

Jenis Micro SD yang digunakan untuk memasang NFC berbeda dengan yang umumnya. Merk Micro SD yang digunakan untuk memasang NFC biasanya Netcom, Optelio Gemalto, Device Fidelity, Tyfone dan Credense. Berikut cara menggunakannya:

  • Siapkan Micro SD yang diperlukan, pemilik ponsel dapat memilih salah satu merek yang disebutkan sebelumnya.
  • Tanamkan Micro SD di ponsel Anda. Jika ada Micro SD umum di telepon Anda, ambil dan ganti dengan Micro SD untuk NFC. Jika ponsel Anda adalah SIM ganda, masukkan Micro SD NFC ke dalam slot kartu SIM kedua
  • Setelah micro SD terpasang, hidupkan ponsel. Kemudian fungsi NFC aktif dan dapat dihubungkan ke ponsel apapun.

Pengguna dapat menggunakan Micro SD untuk melakukan transaksi pembayaran. Sayangnya. Di Indonesia, keberadaan Micro SD NFC masih tergolong langka.

stiker NFC

Stiker NFC telah dirancang untuk melakukan tugas NFC. Misalnya, stiker NFC Samsung seharusnya membantu pengguna melakukan aktivitas seperti mengirim pesan, mengakses situs web, membuka aplikasi, dan tugas lainnya.

Di Indonesia, perusahaan yang mengeluarkan stiker NFC adalah Telkomsel yang menyandang nama Uang Tunai. Stiker ini hanya berlaku untuk transaksi yang dilakukan melalui aplikasi pembayaran Telkomsel dan toko yang bekerja sama dengan Telkomsel.

Meski penggunaan NFC masih jarang di Indonesia, namun pemilik ponsel perlu mempelajari cara memasang NFC di ponsel non-NFC. Ada prediksi apakah fitur ini akan dibutuhkan di masa depan sebagai alat pembayaran virtual atau cek saldo uang elektronik anda.


Teknologi

Baca Juga  Cara Kirim Pulsa Tri ke Sesama Tri dan Operator Lainnya