7 Rahasia dan Cara Menyembuhkan Tenggorokan Kering Secara Alami


Tenggorokan kering sering dikaitkan dengan gejala flu, tetapi bisa juga karena perubahan cuaca panas atau haus terlalu lama. Cara menyembuhkan tenggorokan kering agar kondisi sakit tenggorokan yang persisten teratasi sehingga kemungkinan adanya penyakit serius yang mendasarinya.

Keluhan tenggorokan kering dapat dideteksi dengan gejala penyerta seperti pilek atau pilek, batuk, mual, muntah, demam dan diare. Itu semua tergantung pada penyebab yang mendasarinya, jadi mendapatkan perawatan yang tepat itu mudah. Oleh karena itu, seseorang harus bersikap reseptif dan peka terhadap gejala-gejala yang menyebabkan tenggorokan kering.

Penyebab dan cara menyembuhkan tenggorokan kering

Tenggorokan kering yang berlangsung lama akan menghambat aktivitas dan produktivitas seseorang. Jadi, cara menyembuhkan sakit tenggorokan diperlukan segera agar infeksi tidak menjadi kronis. Tenggorokan kering dapat terjadi karena beberapa alasan, seperti berikut ini:

1. Cuaca panas dengan udara kering

Perubahan kondisi lingkungan akibat perubahan cuaca panas pada musim kemarau disertai udara kering dapat menyebabkan tenggorokan kering. Keadaan ini bisa membuat tenggorokan kering bahkan tubuh menjadi dehidrasi akibat penguapan cairan tubuh.

2. Makanan dan minuman

Aktivitas makan dan minum pasti masuk ke tenggorokan, jadi harus hati-hati dan mencarinya cara menyembuhkan tenggorokan kering Ada juga zat dalam makanan atau minuman yang menyebabkan tenggorokan kering. Minuman dengan zat diuretik, seperti kafein, yang ditemukan dalam kopi, teh, dan alkohol, juga dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan.

3. Iritasi

Tenggorokan yang teriritasi akan terasa kering. Iritasi dapat terjadi karena paparan udara kering yang menyebabkan selaput lendir tenggorokan kehilangan air. Paparan lain bisa dari asap rokok, debu dan polusi udara. Kondisi tenggorokan kering akan semakin parah di pagi hari.

4. Apnea tidur obstruktif

Penyakit Apnea tidur obstruktif, yang merupakan jenis gangguan tidur yang dapat mendasari kondisi tenggorokan kering. Kondisi gangguan tidur ini ditandai dengan berhentinya pernapasan karena penyumbatan di saluran udara, yang menyebabkan mendengkur saat tidur. Oleh karena itu, lakukan cara menyembuhkan tenggorokan kering sebagai langkah yang baik.

5. Amandel

Amandel yang membengkak di tenggorokan dapat mencegah air liur membasahi tenggorokan. Air liur yang tersumbat oleh amandel membuat tenggorokan kering, sehingga bisa terasa nyeri. Amandel bengkak karena infeksi, berkumur, kanker atau abses, maka tenggorokan akan terganggu.

6. Kondisi medis yang lebih serius

Seseorang benar-benar perlu tahu cara menyembuhkan tenggorokan kering sehingga nantinya mereka dapat dengan cepat menghadapinya ketika mengalaminya. Apalagi jika Anda memiliki gejala atau sedang menderita penyakit seperti sakit tenggorokan, demam dan alergi.

7. Penyakit refluks gastroesofageal (GERD)

Refluks asam atau GERD (penyakit refluks gastroesofagus) dapat menyebabkan tenggorokan kering. Jika Anda dihadapkan pada situasi ini, sebaiknya Anda mengambil langkah untuk menetralisir lambung dalam kondisi normal. Hal ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak memicu lambung untuk memproduksi lebih banyak asam.

Cara menyembuhkan tenggorokan kering

Tenggorokan kering terasa tidak nyaman bahkan bisa mengganggu Anda dan ingin Anda segera sembuh. Oleh karena itu, jaga kondisi tubuh dan jaga pola makan selain faktor lingkungan. Nah, ini dia cara menyembuhkan tenggorokan kering apa yang bisa dilakukan:

1. Uap air

Menenangkan tenggorokan yang kering dengan menggunakan uap air mirip dengan menggunakan pelembab udara/humidifier. Uap air akan membawa kelembapan pada selaput lendir yang kering. Ia bisa memanfaatkan waktu mandi uap panas terus menerus hingga kondisi tenggorokan membaik.

2. Berkumur dengan air garam hangat

Cara menyembuhkan tenggorokan kering dengan berkumur dengan air garam hangat. Garam akan membunuh kuman di mulut dan tenggorokan Anda. Selain itu, garam membantu meredakan iritasi dan kekeringan. Selama proses penyembuhan, Anda bisa berkumur dengan air garam hangat dua kali sehari.

3. Menutupi tenggorokan dengan madu

Madu terkenal dengan manfaat kesehatannya, termasuk mencegah tenggorokan kering. Tekstur madu yang kental sebagai pelapis pada tenggorokan juga memiliki sifat antiseptik untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh bakteri atau lainnya. Rasanya bahkan lebih enak daripada berkumur dengan air garam hangat.

4. Menghisap permen

Cara menyembuhkan sakit tenggorokan bisa menghisap permen. Membantu merangsang produksi air liur dengan menyarankan tablet hisap atau permen karet keras lainnya, termasuk permen karet. Dengan demikian, akan meredakan tenggorokan kering. Belajarlah untuk memilih permen yang bebas gula agar tidak menambah masalah pada gigi Anda.

5. Minum teh hangat

Menyembuhkan atau meredakan kondisi tenggorokan kering dengan minum teh hangat karena dapat mendinginkan tenggorokan. Pilih teh dengan kandungan kafein rendah, lalu Anda bisa menambahkan madu dan lemon. Kombinasi ini sempurna untuk melegakan tenggorokan kering. Anda juga bisa menambahkan kayu manis untuk mengurangi asupan gula.

6. Minum air

Asupan cairan yang tidak mencukupi bisa menjadi indikasi tenggorokan kering. Apalagi jika di musim kemarau pastikan Anda tidak mengalami dehidrasi. Minum cukup air dan cairan lain seperti cara menyembuhkan tenggorokan kering. Oleh karena itu, selalu minum air putih agar cairan tubuh Anda terpuaskan.

7. Hindari merokok dan polusi

Sudah bukan hal asing lagi jika merokok tidak baik untuk kesehatan diri sendiri maupun kesehatan orang lain. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan tenggorokan kering dan bahkan nyeri. Lalu ada faktor pencemar lain yang bisa membuat kerongkongan bermasalah, sehingga perlu menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan masalah tenggorokan. Seperti rokok.

8. Istirahatkan pita suara

Kerongkongan terasa tidak nyaman, tentunya akan mempengaruhi hal lain. Cara menyembuhkan tenggorokan kering Anda dapat mengistirahatkan pita suara Anda. Hindari berbicara dan berteriak berlebihan agar tenggorokan dan pita suara Anda nyaman. Mungkin mencoba menggunakan bahasa tubuh dan media saat berkomunikasi.


Teknologi

Baca Juga  Bingung Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD? Simak Caranya Disni