Tidak Ribet! Inilah Cara Menyambungkan HP ke TV Paling Mudah


Kebutuhan akan smartphone atau telepon genggam saat ini sudah menjadi bagian yang tidak dapat dielakkan. Hampir setiap aktivitas manusia membutuhkan ponsel, baik itu untuk bekerja, hiburan, belajar, atau kebutuhan lainnya.

Dengan berkembangnya teknologi, banyak orang juga ingin melihat layar ponsel yang lebih besar, seperti menonton layar ponsel melalui TV. Makanya banyak orang yang mencari informasi bagaimana menghubungkan ponsel Anda ke tv di internet.

Orang sering menghubungkan ponsel mereka ke TV untuk tujuan hiburan, seperti menonton pertandingan sepak bola, menonton drama atau permainan Korea. Bagi mereka untuk menikmati hiburan yang maksimal karena layarnya yang cukup besar dan tidak cepat lelah mata.

Namun, bukan berarti mereka yang menggunakan HP untuk bekerja tidak membutuhkan cara ini. Cara, bagaimana menghubungkan ponsel Anda ke tv merupakan ilmu sederhana yang dibutuhkan banyak orang dan pada kenyataannya masih banyak orang yang belum mengetahui caranya.

Bagaimana cara menghubungkan HP ke TV dengan mudah?

Dengan berkembangnya teknologi, cara yang digunakan untuk menghubungkan smartphone ke TV juga semakin beragam. Dulu hanya bisa menggunakan kabel, tapi sekarang metodenya sudah berkembang, bahkan tanpa menggunakan kabel.

Ada dua cara umum orang menghubungkan ponsel ke TV, yaitu dengan koneksi kabel dan nirkabel. Semua metode sangat sederhana dan mudah dilakukan.

Banyak juga smart TV yang sudah memiliki fitur bawaan untuk bisa terkoneksi ke HP meski tanpa aplikasi tambahan, beberapa contohnya adalah LG, Sharp, Samsung dan merk lainnya. Banyak dari merk TV ini yang dilengkapi dengan fitur screen mirroring untuk memudahkan menampilkan layar HP di layar TV.

1. Bagaimana menghubungkan ponsel ke TV nirkabel

Cara ini cukup sederhana dan juga tidak rumit sama sekali, karena tidak perlu menarik kabel kesana-kemari. Cukup gunakan fitur Wi-Fi yang sama antara TV dan HP Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kali Anda perlu memastikan spesifikasi dari smartphone yang ingin Anda sambungkan, pastikan Anda menggunakan OS (Operating System) minimal Android 4.2 Jelly Bean.
  • Pastikan TV rumah Anda adalah Smart TV yang sudah memiliki fitur screen mirroring.
  • Kemudian nyalakan TV dan nyalakan fitur screen mirror atau screen sharing yang sudah menjadi fitur bawaan TV.
  • Nyalakan fitur screen mirroring di handphone kamu, jangan lupa nyalakan jaringan Wifinya ya?
  • Setelah semua fitur berbagi layar aktif, pilih nama jaringan smart TV yang cocok dengan TV yang Anda miliki di rumah.
  • Tunggu hingga selesai dan ponsel akan terhubung ke layar TV. Beberapa TV menggunakan PIN untuk langkah terakhir ini.

Ini sederhana, Anda tidak memerlukan alat tambahan. Atau jika ponsel Anda tidak memiliki fungsi pencerminan layar, Anda dapat menginstal Miracast atau sejenisnya untuk menggunakan fungsi ini. Bagaimana HP terhubung ke LG TV dan merek TV lainnya juga tidak jauh berbeda, walaupun pada prakteknya terdapat sedikit perbedaan karena masalah regulasi di masing-masing perusahaan. Namun, secara umum, langkah-langkahnya kurang lebih sama.

2. Bagaimana HP terhubung ke TV kabel

Meski smart TV sudah berkembang pesat, tidak bisa dipungkiri masih ada beberapa TV layar datar yang tidak dilengkapi fitur screen sharing atau screen mirroring.

Jika fitur ini belum tersedia, maka Anda tidak perlu sedih, karena Anda masih bisa menyambungkan ponsel ke TV dengan kabel USB dan HDMI. Walaupun dalam prakteknya bisa, tapi sedikit lebih rumit, karena harus menggunakan kabel.

Berikut cara mudah untuk menghubungkan ponsel Anda ke TV kabel:

  • Pertama, Anda perlu mengatur WMI HDMI DONGLE terlebih dahulu.
  • Setelah itu, Anda dapat menghubungkan kabel konektor ke port yang tersedia di HDMI DONGLE
  • Kemudian sambungkan kabel port HDMI DONGLE ke port kabel TV
  • Jika tersambung, hidupkan TV, lalu pilih menu sumber, alihkan ke menu layar HDMI.
  • Jika sudah, maka Anda bisa menghubungkan kabel HDMI ke port USB di smartphone Anda.Tunggu prosesnya hingga layar ponsel Anda mulai muncul di layar TV.
  • Lengkap.

Dengan langkah-langkah sederhana ini, Anda sudah dapat menikmati layar ponsel yang tampak lebih besar, seperti melihat layar TV. Cara ini bisa digunakan untuk semua TV yang tidak memiliki fitur screen mirroring default. Bagaimana menghubungkan ponsel ke TV Sharp dan juga merk lain kurang lebih sama seperti langkah diatas.

Mungkin ada sedikit perbedaan di lokasi port kabel HDMI, tetapi umumnya tidak ada perbedaan yang signifikan. Jadi cara ini bisa anda gunakan untuk jenis TV lainnya, sesuaikan saja dengan letak port kabel dan letak pengaturan tampilan pada layar TV yang anda gunakan.

Jadi gak usah bingung cara menyambungkan hp ke tv, karena Anda bisa memilih salah satu dari dua cara yang disebutkan di atas. Sesuaikan saja dengan fitur bawaan yang sudah ada di TV Anda.

Dengan begitu, Anda sudah bisa menikmati tayangan favorit bersama keluarga atau teman, tanpa harus buru-buru melihat layar ponsel yang tidak terlalu besar. Proses kerja akan maksimal jika Anda menggunakan layar selebar TV untuk presentasi kantor. Cara ini bisa Anda gunakan untuk kebutuhan lain yang menunjang aktivitas Anda sehari-hari.


Teknologi

Baca Juga  3 Cara Melihat Like di TikTok Orang Lain, Berani Coba?