7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Panjang Umur hingga Usia Senja


Usia manusia tidak dapat diprediksi, memang benar semuanya tercatat ketika dia meninggal, tetapi akan sangat berguna jika Anda menjalani gaya hidup sehat dengan cara menjaga kesehatan jantung untuk memperpanjang hidup. Survei menunjukkan bahwa mereka yang menjalani gaya hidup sehat lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit dalam seperti kolesterol, diabetes, jantung, ginjal, dan sebagainya.

Seperti apa jantung yang sehat itu?

1. Menjaga kadar kolesterol

Tubuh membutuhkan kolesterol untuk menjaga sel-sel tubuh tetap baik dan dapat terus beregenerasi. Kolesterol jahat, atau yang kita sebut LDL, masuk ke dalam tubuh dan membentuk plak di dalam darah. Kadar kolesterol normal harus di bawah 200 mg. Namun akan lebih baik jika jumlah kolesterolnya diturunkan hingga 140 mg atau kurang.

Ubah cara menyiapkan makanan dengan cara direbus atau dikukus, jauhi santan dan terlalu banyak minyak. Asupan daging juga diperlukan dan tidak boleh melebihi segenggam per hari. Cara memasak daging, sebaiknya juga tidak menggunakan minyak bekas, rebusan kedua lebih baik.

2. Atur pernapasan Anda

Atur pernapasan Anda cara memiliki jantung yang sehat dengan olahraga atau aktivitas cepat pada frekuensi yang terkontrol dikatakan memiliki jantung yang sehat. Misalnya setelah lari biasanya nafas pendek, detak jantung meningkat, agar kembali normal, lakukan pengaturan nafas panjang selama 1 menit. Jika detak jantung Anda turun, itu pertanda bahwa Anda sehat.

3. Tidak mudah lelah

Jika Anda merasa lelah tetapi tidak melakukan aktivitas ekstra, jantung Anda mungkin bermasalah. Anda tidak perlu khawatir cara memberi makan hati secara alami bukan berarti penyakit jantung, Anda hanya perlu memperbaiki pola hidup sehat.

4. Kesehatan mulut

Semua makanan masuk ke mulut, jika mengalami gusi berdarah atau infeksi mulut bisa jadi kuman, bakteri atau virus masuk ke aliran darah mulut. Menjaga kebersihan mulut sangat penting, jangan sampai gigi atau gusi Anda meradang. Dokter akan meresepkan antibiotik dengan dosis tertentu agar infeksi tidak menyebar.

Pilih pasta gigi yang tepat untuk mencegah gigi berlubang, bau mulut dan gusi bengkak.

5. Detak jantung

Dokter memberikan denyut nadi istirahat normal sekitar 60-100 denyut. Tapi Anda juga yang memberi 50-70 ketukan. Untuk pria dan wanita memiliki perbedaan detak jantung karena ukuran jantung pria lebih besar sehingga detaknya lebih lambat sedangkan untuk wanita karena ukuran jantung lebih kecil detaknya lebih cepat.

Anda bisa mengukur duduk dengan menekan denyut nadi kiri selama 15 detik pertama x 4, nah jika ada 80 denyut dianggap normal.

6. Tekanan darah

Tekanan darah umumnya 120/80 mmHg, jika di atas angka tersebut jantung memompa darah lebih cepat. Sebaiknya tips menjaga kesehatan jantung tekanan darah mulai baik batasi atau diet garam, hindari makanan makanan yang buruk, dan istirahat yang cukup serta kelola stres.

Cara menjaga kesehatan jantung

1. Jangan stres

Mustahil bagi seseorang untuk tidak mengalami tekanan hidup yang membuatnya stres. Kunci cara menjaga hati sehat Belajarlah untuk tenang dengan mengambil napas dalam-dalam, menunjukkan bahwa semuanya baik-baik saja, dan percaya bahwa masalah memiliki solusi.

Bukan solusi jika Anda melampiaskan stres dengan banyak mengonsumsi makanan olahan yang tidak baik. Akan lebih baik untuk dibawa ke tempat tidur atau berjalan-jalan.

2. Makan sayur dan buah secara teratur

Sayuran yang tinggi serat, cocok untuk Anda yang bermasalah dengan buang air besar. Buah-buahan juga bermanfaat untuk memenuhi vitamin tubuh yang hilang akibat stres, kekebalan tubuh yang rendah dan sebagainya. Cara menjaga kesehatan jantung Yang utama adalah makan sayur dan buah secara teratur. Porsi nasi dengan sayur 1:2, buah dan sayur 1:1. Ingat juga setelah makan, jangan tidur, tunggu 60 menit agar gula darah tidak naik drastis. Anda dapat melakukan latihan fisik selama 15-30 menit.

3. Olahraga

Lakukan setiap hari selama 30 menit cara menjaga kesehatan jantung dengan jogging, senam lantai, aerobik atau bersepeda. Jangan merasa terpaksa karena jika dilakukan dengan setengah hati maka hasilnya akan setengah hati. Olahraga membantu menurunkan kolesterol jahat. Meski kurus, Anda tetap berolahraga secara teratur, karena lambat laun massa otot dan tubuh Anda akan mudah beradaptasi dengan kondisi baru.

Nanti bisa ideal dengan asupan yang tepat.

4. Jangan terlalu lama

Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk duduk di kursi sepanjang hari, Anda harus berbaring selama beberapa menit. Ini akan mencegah pembekuan darah di pembuluh tertentu. Selain itu, duduk dalam waktu lama juga merangsang otak untuk memiliki nafsu makan yang tinggi, karena sumber makanan yang diserap ke dalam otak lebih banyak daripada energi. Efek buruk lemak dan kalori menetap dalam waktu lama membuat kekebalan tubuh menjadi kecil.

Modus peregangan adalah cara menjaga kesehatan jantung membungkuk ke posisi kemudian duduk dengan tangan terentang. Kepala diputar dan kaki sedikit ditekuk ke atas dan ke bawah.

5. Diet garam dan gula

Berat garam per hari untuk dikonsumsi maksimal 1500 mg atau maksimal 1 sendok teh. Jika ingin masakannya tetap enak, Anda bisa menggantinya dengan bumbu alami seperti bawang putih, cabai merah, pala dan ketumbar. Beras sudah tinggi gula, Anda tidak perlu minum manis.

Kalau mau minum jus buah nggak usah dikasih gula atau susu, biasa aja. Cara membuat jantung sehat sebenarnya cukup mudah, yang sulit adalah menahan godaan makanan berlemak, malas dan enggan makan sayur.

6. Kualitas istirahat

Lelah sepulang kerja itu biasa, tidur cukup dan berkualitas cara menjaga kesehatan jantung dapat memaksimalkan jantung dengan lebih baik karena pada saat tidur, pikiran dan seluruh organ tubuh dalam keadaan istirahat. Jangan lupa matikan lampu agar mata bisa istirahat total. Jam tidur yang terlalu larut akan menyebabkan kelelahan yang berujung pada peningkatan tekanan darah.

Bagi ibu yang baru saja melahirkan atau memiliki anak, tidak mungkin untuk tidak begadang. Dengan menjaga pola makan dan cara pengolahan serta pemijatan akan membantu merilekskan tubuh dan pikiran. Dukungan dari suami juga penting lho Mom, jangan heran jika 80% wanita mudah mengalami tekanan darah tinggi setelah melahirkan karena stres sebelum melahirkan dan usia subur.

7. Jangan merokok

Beberapa orang percaya bahwa merokok dapat membantu Anda rileks dan menghindari masalah. Itu benar, tapi kenyataannya nikotin membentuk plak di pembuluh darah. Baik perokok aktif maupun pasif akan mengalami efek jangka panjang. Ingat, kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda, ada yang kebal terhadap rokok, namun ada juga yang rentan. Pilihan untuk merokok atau tidak ada di tangan Anda!

Tubuh yang gemuk tidak menunjukkan sumber penyakit, tetapi tubuh yang kurus selalu sehat, itu semua tergantung pada pola hidup sehat dan cara menjaga kesehatan. Cara menjaga kesehatan jantung di atas bisa dimulai sekarang. Jangan menunggu gejala muncul dan bersantailah dengan makanan olahan yang tidak sehat.


Teknologi

Baca Juga  Cara Buat NFT, Raih Potensi Aset Digital