Cara Meningkatkan Sensitifitas Touchscreen Pasti Work 100%


Layar sentuh memang menjadi salah satu bagian terpenting dari sebuah smartphone. Karena semua smartphone yang beredar sudah mengadopsi teknologi ini. Masalah yang paling sering dihadapi pengguna smartphone adalah kurangnya sensitivitas layar sentuh ponsel. Sebenarnya masih ada lagi Cara meningkatkan sensitivitas layar sentuh yang dapat diterapkan pada berbagai jenis smartphone.

Sebelum Anda mengetahui cara memperbaikinya, pastikan Anda sudah mengetahuinya penyebab layar android tidak sensitif. Beberapa penyebab yang sering terjadi dan bagaimana caranya cara meningkatkan sensitivitas layar sentuh untuk kembali normal dirangkum di bawah ini.

Beberapa penyebab layar Android tidak responsif

  1. Hp atau ponsel Android sudah ditinggalkan.
  2. Layar sentuh/LCD dalam kondisi retak.
  3. Charger (cas) arus yang berlebihan atau terlalu tinggi.
  4. Terlalu banyak penggunaan aplikasi latar belakang.
  5. Pelindung layar (Tempered Glass) terlalu tebal.
  6. Ini menggunakan banyak efek animasi (seperti efek transisi).

Cara meningkatkan sensitivitas layar sentuh

Solusi untuk beberapa masalah sensitivitas layar sentuh di atas adalah sebagai berikut:

1. Ganti layar sentuh asli

Untuk mengatasi masalah sensitivitas layar sentuh akibat layar jatuh atau pecah, jika ponsel pernah terjatuh, pastikan dulu apakah ada cacat fisik atau tidak. Jika ada yang cacat, bisa jadi hardware tersebut bermasalah dan perlu diganti.

Namun jika tampilan fisiknya dalam kondisi baik, masalahnya bisa jadi layar sentuh fleksibel (konektor) ke papan Android tidak pas. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya segera bawa ke tempat service profesional.

Jika layar atau layar sentuhnya retak, sebaiknya bawa langsung ke tempat servis terpercaya. Karena sudah pasti hardware yang bermasalah. Untuk penggantian layar sentuh, pastikan untuk memilih perangkat keras pengganti yang asli atau setidaknya mendekati kualitas yang sama. Selebihnya bisa diminta langsung ke teknisi yang bertugas.

2. Ganti charger standar atau bawaan

Jika ada masalah sensitivitas saat ponsel sedang diisi daya, solusinya adalah selalu menggunakan pengisi daya yang disertakan dengan ponsel, atau jika menggunakan pengisi daya yang dibeli, pastikan sesuai dengan spesifikasinya. ponsel, misalnya Vooc atau QC 3.0.

3. Bersihkan recent apps

Solusi untuk masalah nomor 4 adalah menghentikan aplikasi yang sedang berjalan. Ini umumnya dapat dilakukan dengan menekan lama tombol menu dan kemudian memilih hapus semua.

4. Ganti pelindung layar (tempered glass)

Penggunaan pelindung layar (Tempered Glass) yang terlalu tebal dapat menyebabkan layar sentuh menjadi kurang responsif. Solusi dari masalah ini adalah dengan menggunakan pelindung layar dengan ukuran standar.

5. Kurangi efek animasi

Cara meningkatkan sensitivitas layar sentuh Masalah nomor 6 adalah mengurangi efek animasi. Memang dari segi tampilan akan sangat bagus, namun efek sampingnya jika terlalu banyak animasi akan menyebabkan lag atau ketidakpekaan touchscreen.

Cara mengatasi layar sentuh Xiaomi yang terlalu sensitif

Sebaliknya, jika layar sentuhnya terlalu sensitif, apalagi banyak pengguna atau pengguna ponsel xiaomi yang merasakan:

  1. Pasang tempered glass (pelindung layar) dengan ukuran yang cukup tebal.
  2. Menambahkan beberapa efek animasi.
  3. Nonaktifkan mode sarung tangan.
  4. Pada beberapa ponsel Xiaomi terdapat pengaturan mode sarung tangan. Jika ada opsi ini di menu setelan > tampilan > mode sarung tangan, coba nonaktifkan. Karena mode ini dapat meningkatkan sensitivitas sentuhan. Cara ini juga bisa digunakan untuk merk handphone lain.
  5. Pengaturan sensitivitas dalam aplikasi.

Jika hanya terjadi saat bermain game atau membuka banyak aplikasi, perbaikannya mungkin langsung pengaturan layar sentuh dalam aplikasi atau game.

Menu pengaturan seperti ini banyak ditemukan di banyak game FPS, RPG, dan beberapa aplikasi edit foto dan video di Android. Apa adanya pengaturan layar sentuh sensitivitas ini akan sangat membantu untuk mengatur tingkat sensitivitas.


Teknologi

Baca Juga  Aplikasi Untuk Mendesain Rumah Untuk Android dan iOS