Cara Mengunci Jaringan 4G : Sinyal Auto Stabil


Cara memblokir jaringan 4G Tentu saja rumit. Selain itu, jaringan 4G sangat penting untuk mendapatkan akses internet yang cepat, stabil, dan tidak terbatas. Pengguna harus tahu cara memblokirnya karena beberapa merek ponsel tidak dapat memblokir jaringan secara otomatis.

Pemblokiran jaringan adalah cara yang tepat untuk menjaga sinyal internet Anda tetap stabil. Artikel berikut akan membahas cara memblokir jaringan 4G untuk berbagai merek ponsel.

Manfaat mengetahui cara memblokir jaringan 4G

Semua produk ponsel terbaru menggunakan jaringan 4G untuk mendukung sinyal internet. Namun, karena sinyal yang diterima di beberapa area tidak stabil, jaringan seringkali beralih ke 3G, 2G, atau H+.

Saat jaringan 4G berubah dan drop, koneksi internet menjadi tidak stabil. Jelas, karena 4G bisa mencapai kecepatan 1 Gbps, sedangkan jaringan 3G kecepatan tertinggi hanya sampai 672 Mbit/s.

Oleh karena itu, mengetahui cara memblokir jaringan 4g itu adalah jalan keluar agar sinyal internet tetap stabil. Ketika jaringan internet sudah diblokir, sinyal akan tetap 4G dan tidak berubah secara tiba-tiba.

2 cara memblokir jaringan 4G

Jaringan internet yang kurang stabil atau sering berpindah-pindah tentunya mengganggu aktivitas saat berselancar di internet. Pengguna akan mengalami kesulitan Unduh game favorit Anda di laptop Anda, streaming videoatau melakukan aktivitas lain di Internet.

Solusinya adalah dengan memblokir jaringan 4G agar sinyal tetap stabil. Pemilik ponsel dapat melakukan pemblokiran secara manual atau menggunakan aplikasi. Ini penjelasannya.

Cara memblokir jaringan 4G secara manual

Pemblokiran sinyal 4G secara manual dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui menu pengaturan dan melalui keyboard. Berikut langkah-langkahnya:

Melalui menu Pengaturan

  • Buka menu “Pengaturan/Pengaturan” di ponsel Anda, lalu cari “Jaringan Seluler”.
  • Lanjutkan dengan membuka menu “Network Mode”. Silakan pilih bilah “Hanya 4G”.
  • Proses pemblokiran jaringan 4G selesai.

Dengan keyboard

  • Buka keypad ponsel Anda dan tekan *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#*
  • Layar ponsel akan secara otomatis masuk ke menu “Test”, lalu dilanjutkan dengan memilih menu “Device Information”.
  • Gulir ke bawah layar untuk menemukan menu “Setel jenis jaringan pilihan Anda“kemudian pilih”LTE saja“. Proses pemblokiran jaringan selesai.

Kunci jaringan 4G dengan aplikasi

Jika cara manual tidak berhasil, pengguna ponsel bisa mencoba memblokir jaringan 4G menggunakan aplikasi. Aplikasi kunci jaringan ini dapat dengan mudah diunduh dari Google Play Store. Berikut adalah 2 jenis.

Aplikasi Beralih 4G LTE

Aplikasi ini tidak memerlukan akses root untuk menggunakannya. Blokir jaringan 4G dengan aplikasi 4G LTE Switch itu hanya cara cepat untuk mengakses menu”Informasi perangkat“. Berikut langkah-langkahnya:

    • Unduh dan instal aplikasi 4G LTE Switch di ponsel Anda.
    • Setelah diinstal, buka aplikasi. Pemilik handphone langsung diarahkan ke menu”Informasi perangkat“.
    • Menggulir layar ke bawah untuk menemukan “Setel jenis jaringan pilihan Anda”, lalu pilih pilih “Hanya LTE”.

Aplikasi status sinyal lanjutan

Aplikasi ini hanya dapat dijalankan pada ponsel yang sudah adaBerakar.” Jika perangkat belum memiliki akses akarsilakan gunakan aplikasi iRoot atau aplikasi KingRoot.

Setelah ponsel dilengkapi dengan praktek akardapat memblokir jaringan 4G dengan langkah-langkah berikut:

  • Unduh dan instal aplikasi Status Sinyal Tingkat Lanjut
  • Lanjutkan dengan membuka aplikasi, cari menu “More Info”, lalu pilih menu “Test”.
  • Lanjutkan mencari menu “Device Information”.
  • Kemudian scroll hingga menemukan menu “Setel jenis jaringan pilihan Anda“. memilih “LTE saja“.

Cara memblokir jaringan 4G yang sudah dijelaskan di atas bisa dilakukan untuk semua jenis merk dan tipe handphone. Namun, perlu diketahui, jika Anda menggunakan aplikasi Status Sinyal Lanjutan, ponsel Anda harus dalam keadaan “berakar.’


Teknologi

Baca Juga  3 Cara Print Amplop Mudah Dan Cepat