Cara Mengobati Kolesterol Tinggi Bagi Usia Lanjut


Cara mengobati kolesterol tinggi merupakan langkah yang paling sering dicari oleh para lansia. Mulai dari cara fisik seperti olahraga, hingga pola makan yang perlu dijaga. Jangan sampai kolesterol naik dan menimbulkan berbagai penyakit lainnya. Apalagi, usia lanjut merupakan usia yang rentan terhadap berbagai penyakit menular dan berisiko fatal. Jadi pastikan Anda melakukan berbagai cara agar tubuh tetap sehat.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengobati kolesterol tinggi pada orang tua:

Menjaga berat badan

cara menurunkan kolesterol secara alami Yang pertama adalah menjaga berat badan. Pastikan berat badan Anda normal dan tidak berlebihan. Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi di ponsel Anda untuk menghitung jumlah kalori yang Anda konsumsi untuk mengurangi kolesterol Anda. Kemudian tambahkan dengan aktivitas fisik dan asupan nutrisi lainnya agar berat badan Anda terlihat ideal.

Berat badan berlebih rentan terjadi di usia tua, terutama saat aktivitas mulai berkurang seiring dengan rasa malas. Jadi Anda perlu membuat jadwal setiap hari seperti kegiatan di dalam dan di luar rumah. Mengingat masa pandemi saat ini, semua orang harus berada di rumah.

Konsumsi lemak tak jenuh

Anda bisa mendapatkan lemak tak jenuh dari berbagai makanan alami, seperti kacang-kacangan, kedelai, dan lemak nabati lainnya. ini dapat meningkatkan kadar lemak baik. Pertahankan asupan nutrisi Sangat penting bagi tubuh untuk tetap sehat dan dapat melakukan aktivitas seperti biasa. Pastikan Anda menghindari lemak hewani, Anda bisa mengonsumsi asalnya dengan kadar yang tepat.

Mengurangi stres

Ini mungkin terdengar sepele, tetapi stres juga mempengaruhi kadar kolesterol. Apalagi saat keadaan tubuh tidak rileks, bisa memicu tekanan darah tinggi hingga sakit kepala. Hal ini juga memicu kadar kolesterol tinggi, terutama bagi orang tua. Karena itu, buatlah rutinitas yang membuat Anda merasa nyaman dan bahagia. Pastikan pikiran Anda selalu segar dan hindari hal-hal yang membuat Anda lelah.

Tubuh yang sehat juga dipengaruhi oleh ketenangan pikiran, sehingga kondisi mental juga harus diperhatikan tidak hanya psikologis. Nongkrong dengan teman, berolahraga, dan rutinitas lainnya adalah pilihan yang baik untuk menjaga pikiran Anda tetap baik dan stabil.

Makan makanan bergizi

Langkah keempat adalah menjaga asupan makanan. Makanan rendah lemak dan serat adalah pilihan terbaik. Sayuran, buah-buahan dan tentu saja menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung sodium. Ini akan menjaga kandungan kolesterol stabil sebagai hasilnya cara mengobati kolesterol tinggi. Pastikan Anda mengatur pola makan dengan baik dan menghindari lemak jenuh.

Ini adalah penjelasan dari cara mengobati kolesterol tinggi apalagi bagi anda yang sudah lanjut usia semoga bisa membantu.


Teknologi

Baca Juga  Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat Antara Kaitannya dengan Kadar Gula dalam Darah