Cara Menghapus Kelas di Google Class Room dan Memulihkanya


Terkadang banyaknya kelas yang tidak aktif membuat kita bingung karena Google Classroom terlihat berantakan. Bagi Anda yang belum tahu cara menghapus kelas dari Google Classroom, mungkin ini bisa menjadi solusi.

Alasannya agar kita bisa menyingkirkan semua kelas yang tidak digunakan sehingga lebih mudah untuk kita mencari kelas yang aktif. Tetapi bagaimana jika Anda tidak ingin menghapusnya secara permanen?

Sebenarnya ada beberapa opsi, yang pertama adalah menghapus dan yang kedua adalah mengarsipkan kelas. Menghapus berarti kita tidak bisa lagi mengakses kelas. Sedangkan opsi arsip suatu saat bisa kita akses kembali.

Cara menghapus kursus dari Google Class Room

Jika Anda terbiasa menggunakan email, Anda mungkin melihat banyak kotak masuk yang mungkin tidak penting. Hal ini pasti sama bagi Anda yang mengambil banyak kelas di Google Classroom. Cara menghapus kelas di Google Classroom sebenarnya sangat sederhana.

Terlepas dari peran atau perangkat yang Anda gunakan, Anda dapat menghapusnya dari menu opsi yang tersedia. Mungkin tampilan akan mempengaruhi cara kita melakukannya, berikut langkah-langkah menghapus google classroom:

1. Hapus Kelas Google Classroom melalui laptop

Secara umum, kami benar-benar tidak dapat menghapus kursus secara langsung di Google Classroom. Untuk menghapus kelas secara permanen, pertama-tama kita harus mengarsipkannya. Ikuti langkah demi langkah berikut:

  • Kunjungi Google Classroom di laptop atau komputer Anda
  • Pilih kelas yang akan dihapus
  • Pilih opsi (tiga titik), lalu klik MENGAJUKAN
  • Kemudian masuk ke menu Kursus yang diarsipkan
  • Klik opsi (tiga titik), lalu pilih Menghapus

Pada tahap ini Anda telah berhasil menghapus kelas secara permanen. Lakukan ini untuk menghapus semua kelas yang tidak lagi digunakan.

2. Hapus Kelas Google Classroom di Hp

Padahal, cara menghapus kelas dari Google Classroom melalui ponsel tidak jauh berbeda di laptop. Mungkin sebagian orang bingung karena tampilannya sedikit berbeda. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi Google Kelas
  • Kemudian pilih tiga titik di sudut kanan atas kelas untuk dihapus
  • Pilih menunya Arsiplalu konfirmasi lagi dengan memilih Arsip
  • Lalu masuk ke menu di pojok kiri atas
  • Kemudian gulir ke bawah pilih Kursus yang diarsipkan
  • Pilih opsi (tiga titik) di kelas, lalu klik Hapus kelas
  • Kemudian konfirmasi penghapusan dengan memilih Menghapus

Apa yang kamu katakan, kan? Yang membedakan adalah bahasa yang digunakan. Ini karena sebagian besar bahasa di aplikasi Google Classroom menggunakan bahasa Inggris kecuali Anda telah mengubahnya.

Apakah data di file kelas Google Classroom dihapus?

Kebanyakan orang akan berpikir bahwa menghapus kelas akan secara otomatis menghapus semua file simpanan. Sebenarnya ada dua opsi untuk menghapus mata kuliah di Google Classroom, yaitu mode permanen dan mode arsip.

Tetapi jika Anda menggunakan Google Classroom, Anda tidak perlu khawatir karena file yang disimpan di kursus tidak benar-benar dihapus secara permanen.

Untuk mengakses file kursus yang dihapus dari Google Classroom, Anda dapat menggunakan Google Drive. Pasalnya, secara default semua file yang dikirim akan disimpan di sana. Cari nama folder yang cocok dengan nama kelas dan pastikan Anda menggunakan email atau akun Google yang sama.

Cara mengembalikan kelas yang dihapus di Google Classroom

Dalam beberapa kasus, masih banyak yang tidak sengaja menghapus mata kuliah tersebut. Biasanya kelas Google Classroom akan hilang dari daftar kelas yang aktif. Perlu dipahami, pengarsipan dan penghapusan adalah dua hal yang berbeda.

Jika kelas tiba-tiba menghilang, Anda dapat mencoba mencari di menu arsip. Lain halnya jika Anda tidak sengaja menghapus kelas tersebut karena memang Anda akan kehilangan akses secara permanen kecuali file-file yang dikumpulkan.

Lalu, bagaimana cara mengembalikan kelas yang terhapus di Google Classroom? Tidak ada opsi pemulihan jika telah dihapus secara permanen. Namun jika tidak sengaja, berikut cara mengembalikan kelas (arsip) yang terhapus di Google Classroom:

  • Buka aplikasi Google Kelas
  • Pilih menu di pojok kiri atas, lalu pilih kelas yang diarsipkan
  • Kemudian cari kelas yang akan dipulihkan
  • Klik ikon tiga titik di sudut kelas
  • Kemudian pilih kembalikan atau pulihkan menu
  • Maka kelas akan aktif kembali

Secara umum, mata kuliah yang hilang atau diarsipkan akan diaktifkan kembali dan dapat diakses di Google Classroom. Adapun kelas yang dihapus secara permanen, mereka tidak dapat diaktifkan kembali. Anda dapat mengakses semua file hanya melalui Google Drive.

Jika metode menghapus kelas dari Google Classroom ini dari pengajar atau administrator, bagaimana jika siswa yang tidak sengaja menghapus tugas akan dikirim?

Selama file aktivitas berhasil diunggah, Anda sebenarnya bebas mengaksesnya kapan pun Anda mau. Seperti yang kami jelaskan, semua produk Google secara default harus menggunakan penyimpanan Google Drive.

Tidak hanya itu, fitur lain seperti Google Spreadsheet dan Formulir juga akan menghosting semua file kehadiran Google Anda di folder Drive.

Untuk mengembalikan tugas yang dihapus, sebenarnya ada menu salin. Pilih dan tunggu beberapa saat, maka Google Classroom akan menyalin file dari Google Drive untuk ditampilkan kembali.


Teknologi

Baca Juga  Cara Menyambung HP Ke TV Polytron Dengan Mudah