5 Cara Menghapus Iklan di Android: Aplikasi dan Tanpa Aplikasi


Iklan yang tiba-tiba muncul di Android pasti sangat mengganggu, apalagi jika kita adalah orang asing yang sedang berselancar di internet atau bermain game. Untuk menghentikan iklan yang mengganggu, Anda harus tahu cara menghapus iklan di Android.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghilangkan iklan di Android, mulai dari aplikasi tambahan atau tanpa aplikasi sama sekali. Seperti yang kita ketahui, iklan di handphone biasanya memaksa kita untuk mendownload aplikasi yang tidak berguna bahkan aplikasi yang mengandung virus.

Cara menghilangkan iklan di Android

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa cara menghilangkan iklan di android. Bagi anda yang merasa terganggu dengan adanya iklan di handphone anda, silahkan gunakan cara berikut ini.

1. Bayar biaya aplikasi atau langganan

Sebagian besar pengembang aplikasi atau game akan menawarkan opsi berlangganan untuk menghapus iklan. Dengan skema berlangganan ini, perusahaan atau pembuat aplikasi akan terus mendapatkan keuntungan setiap bulan atau tahun dari pengguna yang tidak ingin melihat iklan.

Jenis pendapatan ini lebih stabil dibandingkan skema pembelian terpisah. Saat ini ada beberapa aplikasi yang menggunakan sistem buy out. Jadi ketika Anda ingin menggunakan aplikasi, Anda harus membayar terlebih dahulu. Namun, sebagian besar aplikasi jenis ini jarang memperbarui kontennya.

2. Matikan Internet atau Wifi

Cara termudah untuk menghapus iklan di Android adalah mematikan data seluler atau Wifi. Cara ini ampuh untuk menghilangkan iklan dari game atau aplikasi yang bisa digunakan secara offline.

Saat aplikasi menampilkan iklan, aplikasi harus berisi iklan internet terlebih dahulu. Jadi saat internet mati, aplikasi tidak bisa mendownload iklan. Sementara itu, game atau aplikasi offline tetap bisa berjalan meskipun tidak terhubung dengan internet.

3. Menu keamanan di Pengaturan

Yang berbahaya dari iklan di ponsel adalah masuknya malware atau virus dari aplikasi yang dipromosikan. Beberapa iklan di Android dapat mengelabui pengguna agar memasang aplikasi tertentu dari luar Play Store yang sebenarnya tidak diperlukan.

Untuk mencegahnya, Anda dapat memblokir pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal atau dari luar Play Store. Caranya adalah pergi ke Pengaturan atau Settings => Security => Privacy dan larang pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

4. Blokir iklan di Chrome

Chrome merupakan browser bawaan pada ponsel yang sering digunakan sebagai browser utama. Aplikasi ini sering digunakan untuk browsing website dan biasanya akan menampilkan iklan. Terkadang iklan pop-up yang mengganggu muncul saat menjelajah.

Berikut cara menghapus iklan Android di Google Chrome:

  • Buka aplikasi Chrome di ponsel Anda.
  • Kemudian klik tombol menu di pojok kanan atas (tiga titik vertikal).
  • Setelah itu, buka menu Pengaturan.
  • Cari menu Pengaturan Situs.
  • Klik Munculan dan pengalihan.
  • Harap aktifkan pop-up dan pengalihan hingga Izinkan muncul.
  • Kembali ke menu Pengaturan Situs dan klik Iklan dan aktifkan.

5. Instal aplikasi AdBlocker

Cara terakhir yang kami rekomendasikan untuk memblokir iklan yang mengganggu di Android adalah dengan menginstal aplikasi AdBlocker. Ada banyak aplikasi pemblokir iklan yang dapat Anda gunakan untuk memblokir iklan berdasarkan kebutuhan Anda.

Berikut tips memilih aplikasi AdBlocker yang bagus:

  • Instal aplikasi pemblokiran iklan hanya dari Play Store.
  • Hindari menginstal aplikasi dari luar Play Store untuk melindungi diri Anda dari malware.
  • Pastikan aplikasi dipindai setelah diinstal.
  • Pilih aplikasi dengan rating terbaik
  • Baca deskripsi aplikasi dan pilih pemblokir iklan sesuai kebutuhan.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan iklan di Android dengan dan tanpa aplikasi. Selain beberapa cara yang kami bagikan di atas, sebenarnya masih banyak cara lain untuk mengatasi iklan di Android.


Teknologi

Baca Juga  Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat Antara Kaitannya dengan Kadar Gula dalam Darah