Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Sistem Android Rooted


Cara menghapus aplikasi default Android dapat dilakukan dengan mudah. Android sendiri merupakan sistem operasi open source, sehingga dapat dikembangkan. Dan inilah mengapa setiap ponsel Android selalu menambahkan berbagai aplikasi bawaan penyedia dan tersedia secara default.

Bahkan untuk Android murni belum ada aplikasi dari Google, jadi masih sangat murni dan hanya berfungsi secara umum. Jika Anda membeli ponsel Samsung, akan banyak aplikasi yang berlabel Samsung, salah satunya adalah aplikasi Samsung. Jika Anda membeli ponsel xiaomi, akan ada juga aplikasi dari xiaomi, seperti tema miui, miui dan lainnya.

Cara menghapus aplikasi default

Ada beberapa cara menghapus aplikasi bawaan android dengan root explorer atau dengan rilis emulator terminal. Pilih saja opsi yang ingin Anda gunakan. Syarat untuk bisa menghapus aplikasi bawaan sistem android ini adalah root. Jika ponsel Anda tidak di-root, Anda tidak akan dapat menghapusnya karena memerlukan akses pengguna super.

Tidak ada cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root, jika tidak ada root, itu tidak akan bisa masuk ke sistem dan memodifikasi file sistem. Karena aplikasi bawaan ini termasuk dalam kategori sistem, walaupun direset tidak akan hilang.

Cara menghapus aplikasi bawaan Android dengan Debloater

Debloater adalah program yang dapat dijalankan di terminal emulator dan nantinya dapat mengakses sistem untuk menghapus aplikasi. Debloater sendiri membutuhkan root serta emulator terminal. Jika Anda menggunakan magisk manager, cari modul debloater dan instal.

Setelah terinstal, Anda harus segera me-restart ponsel Android Anda. Kemudian, setelah hidup, Anda hanya perlu masuk ke terminal emulator, Anda dapat menggunakan termux. Kemudian ketik saja debloater, lalu pilih aplikasi mana yang ingin Anda hapus, pilih penghapusan permanen dan tekan Enter. Efeknya bisa terlihat jika Anda me-restart ponsel Android Anda. Aplikasi yang tidak terkunci akan hilang.

Cara menghapus aplikasi bawaan dari HP Realme

Untuk HP Realme memang banyak aplikasi bawaan yang terkadang kita anggap kurang penting untuk digunakan. Jika ponsel Anda sudah di-root dan Anda dapat menggunakan debloater atau root explorer untuk menghapus aplikasi langsung dari sistem internal.

Tetapi kebanyakan dari mereka tidak di-root, jadi jika menurut Anda aplikasi Android bawaan yang Anda beli tidak begitu penting, Anda bisa mematikannya. Ini bukan penghapusan, hanya penonaktifan, sehingga tidak berfungsi menggunakan jaringan atau muncul di menu utama. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan pengaturan telepon Anda.

Setelah di pengaturan telepon, Anda hanya perlu mengakses bagian aplikasi, untuk muncul di filter untuk semua aplikasi dan sistem. Sekarang tinggal klik aplikasi yang mau di non aktifkan, disana ada deactivate aplikasi dan pilih. Aplikasi sekarang telah menghilang dari menu utama, tetapi ini tidak menghapusnya, itu hanya menonaktifkan aplikasi dan tidak berfungsi.

Selain HP realme, masih banyak aplikasi lain yang kurang bermanfaat di berbagai merk HP yang beredar di pasaran. Jika Anda menginginkan yang tidak memiliki aplikasi yang tidak perlu, Anda dapat menjalankan dan menginstal TWRp, kemudian mencari custom GSI rom yang dapat Anda modifikasi sendiri. Sentuh opsi ini hanya untuk mereka yang sudah profesional dalam memodifikasi Android.


Teknologi

Baca Juga  Mengenal Kolestrol dan Bahayanya, Serta 3 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami