Cara Mengetahui WA Disadap, Pahami Tanda-Tandanya


Keamanan data pribadi merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami di era teknologi informasi saat ini. Bukan tanpa alasan, kini banyak kasus peretasan yang dilakukan oknum tertentu dengan tujuan mencari keuntungan. Peretas akan mendapatkan data korban dan mungkin menjualnya ke pihak lain atau menggunakannya sendiri untuk beberapa tujuan seperti penipuan.

Ada cara untuk mengetahui bahwa akun WA Anda diakses. Pada umumnya, akun WA yang disadap tidak dapat melakukan beberapa perintah, seperti tidak bisa login, tidak bisa melakukan panggilan, dan pesan ditandai sudah dibaca meski sebenarnya belum dibuka. Penting untuk mengingat tanda-tanda ini agar Anda dapat mengetahui apa itu akun Ada apa itu mungkin atau mungkin tidak tersentuh.

Jika Anda belum pernah mengalaminya, penting untuk memahami cara mengetahui bahwa WA sedang digunakan. Berikut 6 langkah mengetahui akun WhatsApp Anda diretas dan berbagai jenis tanda yang penting untuk Anda ketahui.

1. Pengguna tidak dapat masuk

Cara mengetahui WA diakses yang pertama bisa dilihat dari sulitnya menyambung. Biasanya akun WA yang diretas membuat pengguna kesulitan untuk masuk atau login ke akun yang dimilikinya.

Ini karena satu nomor telepon hanya bisa digunakan oleh satu aplikasi WA. Jika WhatsApp tiba-tiba berhenti atau terputus tanpa disadari, kemungkinan ada orang lain yang menggunakan nomor telepon Anda.

Untuk login ke WhatsApp, biasanya Anda akan diberikan kode unik atau OTP yang dikirimkan ke nomor telepon tersebut. Dengan cara ini Anda tidak pernah memberikan kode OTP Anda kepada siapa pun. Namun, ketika nomor telepon telah digandakan, peretas mungkin dapat membuka pesan yang berisi OTP tersebut.

2. Saya tidak bisa melakukan panggilan telepon WhatsApp

Cara mengetahui WA diakses selanjutnya, periksa apakah Anda masih dapat melakukan panggilan atau tidak. Biasanya akun WA yang diakses tidak akan bisa melakukan panggilan telepon melalui WhatsApp.

Baca Juga  Cara Menambahkan RAM Laptop, Menambah Performa Kecepatan

Jika Anda tidak dapat menghubungi kontak dari akun WhatsApp Anda, ada kemungkinan orang lain menggunakan nomor telepon Anda tanpa sepengetahuan Anda.

3. Pesan dibaca meskipun tidak dibuka

Pesan terbaca meski tidak dibuka juga merupakan salah satu tandanya cara mengetahui WA diakses. Jika Anda menemukan pesan masuk yang sudah dibaca meski belum Anda buka, kemungkinan ada pihak lain yang sedang menggunakan atau mengakses akun WA Anda.

Ini dapat dengan mudah dilihat jika Anda mengaktifkan dua centang biru pada pesan yang telah dibaca. Namun jika tidak diaktifkan, maka akan sulit bagi Anda untuk mengetahui apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum.

Meski begitu, Anda tetap bisa memantau nomor Anda di notifikasi WhatsApp. Jika Anda belum membuka pesan tetapi nomornya hilang dari notifikasi pesan WhatsApp, mungkin pesan tersebut telah dibaca oleh orang lain tanpa sepengetahuan Anda.

4. Mengirim pesan tanpa sepengetahuan pengguna

Cara mengetahui WA diakses Langkah selanjutnya adalah memperhatikan apakah ada aktivitas SMS tanpa Anda sadari. Saat Anda membuka aplikasi WhatsApp dan ternyata ada pesan yang terkirim tanpa sepengetahuan Anda, kemungkinan ada orang lain yang telah mengakses akun WhatsApp Anda.

5. Baterai cepat habis

Kemungkinan baterai cepat habis karena salah satu program aplikasi masih berjalan, namun pengguna smartphone tidak menggunakannya. Jika ini terjadi, salah satu akun aplikasi Anda dapat diakses, termasuk WhatsApp.

6. Verifikasi melalui WhatsApp Web

Cara mengetahui WA diakses maka Anda dapat melakukannya dengan memverifikasi melalui WhatsApp Web. Melalui WhatsApp Web, Anda bisa membuka akun WA melalui browser laptop atau komputer. Untuk mengetahui apakah akun WhatsApp Anda telah diakses, Anda dapat membuka Pengaturan pada tiga titik di kanan atas, lalu pilih WhatsApp Web.

Baca Juga  Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat, Bantu Jalani Aktivitas Semakin Optimal

Setelah itu, jika menemukan aktivitas login dengan perangkat tidak dikenal dan lokasi tidak diketahui, maka segera logout dari semua perangkat. Opsi ini juga bisa dilakukan dari perangkat iOS dengan cara klik Setting di kanan bawah, lalu pilih WhatsApp Web dan verifikasi bahwa perangkat sudah terhubung. Jika perangkat tidak dikenali, pilih segera putuskan sambungan dari semua perangkat.


Teknologi