InformasiKita

Cara Mengetahui HP Disadap Menggunakan Kode, Ada yang Fakta dan Hoaks


Cara mengetahui apakah ponsel Anda disadap Anda dapat melakukannya dengan langkah-langkah sederhana di bawah ini. Penasaran dengan langkah-langkahnya? Inilah pembahasannya.

Pasti akan sangat mengganggu jika handphone kesayangan orang lain diakses. Disadap berarti ponsel Anda dapat dikendalikan oleh orang lain dari jarak jauh. Orang yang menyentuh ponsel Anda dapat melakukan dan memantau aktivitas pribadi di ponsel Anda. Misalnya mendengar panggilan telepon, mengirim pesan dan sebagainya. Mengerikan, bukan?

Cara mengetahui apakah ponsel Anda disadap

Cara mengetahui apakah ponsel Anda disadap

Jadi untuk mengantisipasi hal-hal buruk, Anda harus pandai mengenalinya terlepas dari apakah ponsel Anda terhubung atau tidak. Bagaimana caranya? Anda dapat menggunakan beberapa nomor atau kode. Ada *#61#, *#06# dan *#21#. Berikut pembahasan tentang cara mengetahui jika ponsel Anda disadap.

Namun, 3 kode di atas adalah fakta dan juga lelucon sederhana. Intinya ada kode yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui ponsel kamu disadap dan ada juga yang tidak. 3 kode ini menjadi viral dan diperkirakan akan dapat mengetahui bagaimana ponsel dicegat.

Mari simak ulasan dan fakta seputar panggilan atau kode untuk mengetahui sentuhan ponsel selanjutnya.

1. Cara Mengetahui Handphone Anda Diakses *#61#

Dengan menggunakan kode atau menekan *#61#, Anda dapat mendeteksi ponsel Anda apakah sedang disentuh atau aman. Bagaimana cara mengetahui hp anda diakses *#61# ini? Anda hanya perlu menuliskan kode *#61# di menu panggilan atau di keyboard ponsel. Kemudian tekan panggil dan tunggu hasil verifikasi.

Jika hasil menunjukkan call forwarding seperti voice, FAX, synchronous, asynchronous, package, PAD, forwarded, maka nomor handphone yang anda gunakan telah terduplikasi. Apa artinya? Ini berarti nomor Anda disadap dan penyadap dapat dengan mudah mendapatkan kode OTP sehingga mereka dapat sepenuhnya menyadap ponsel Anda.

Akibatnya, penyadap dapat mengetahui panggilan telepon yang Anda lakukan, mengirim pesan tanpa sepengetahuan Anda, dan sebagainya. Semua tanpa sepengetahuan Anda sebagai pemilik ponsel.

Lain halnya jika hasil pengecekan menunjukkan bahwa informasi tersebut tidak terkirim. Baik suara, FAX, sinkron, asinkron, paket, PAD, tidak diteruskan. Ini merupakan indikasi atau tanda bahwa nomor handphone yang anda gunakan aman dan tidak ada yang mencoba untuk menggandakannya, sehingga handphone sulit untuk di hack.

Cara mengetahui jika ponsel Anda diakses *#61# ini cukup dapat diandalkan untuk mengetahui apakah nomor ponsel digandakan atau disadap oleh orang lain. Cara ini juga memungkinkan pengguna nomor ponsel melakukan langkah awal jika mengetahui nomornya telah digandakan dengan mencentang kode *#61#.

Nah untuk cara yang pertama ini bisa anda coba dan cukup aman untuk mengetahui jika nomor handphone diduplikat atau diakses oleh orang lain.

2. Cara Mengetahui Handphone Anda Diakses *#06#

Cara mengetahui apakah ponsel Anda disadap Langkah selanjutnya adalah memeriksa IMEI ponsel. Jika kita bertanya-tanya apakah dengan mengecek IMEI ponsel kita bisa tahu siapa yang menyentuh ponsel kita? Jawabannya tidak juga, tapi IMEI ponsel itu sangat penting.

IMEI atau International Mobile Equipment Identifier adalah kode pada ponsel yang bersifat rahasia dan tidak dapat dibagikan. IMEI ini sama dengan nomor KTP yang jika tersebar luas akan menimbulkan masalah serius begitu juga dengan IMEI.

Ketika orang lain mengetahui IMEI ponsel Anda, kemungkinan yang paling berbahaya adalah bocornya informasi dan data pribadi lainnya di ponsel tersebut. Jadi, jangan berikan IMEI Anda kepada siapa pun.

Sebaiknya jangan tergiur dengan pesan broadcast yang masuk ke ponsel. Pesan tersebut berisi nomor IMEI, akibatnya akan fatal jika diikuti.

IMEI, akan sangat berguna untuk melacak ponsel yang hilang. Anda dapat menggunakan *#06# untuk memeriksa IMEI Anda. Cukup tekan *#06# pada panggilan telepon dan IMEI akan muncul. Jika ponsel yang Anda gunakan memiliki 2 slot kartu, maka akan ada dua IMEI.

Saat Anda menggunakan IMEI untuk melacak ponsel, itu akan melibatkan operator seluler. Anda perlu mengetahui nomor IMEI Anda, lalu konfirmasi dengan operator seluler Anda bahwa ponsel Anda hilang. Nantinya, operator seluler akan membantu Anda dengan mudah menunjukkan keberadaan ponsel Anda.

Jadi, cara mengetahui hp anda diakses *#06# itu prank karena *#06# adalah fitur untuk cek IMEI dan bukan untuk mengetahui ponsel disentuh atau tidak.

3). Cara mengetahui apakah ponsel Anda disadap *#21#

Untuk kode ini, jangan pernah menggunakannya untuk bermain. Ini adalah kode untuk meneruskan atau meneruskan panggilan. Saat Anda memasukkan nomor acak lain untuk fitur call forwarding ini, yang terjadi adalah setiap nomor yang menghubungi nomor Anda akan diteruskan ke nomor yang Anda masukkan tadi.

Singkatnya, setiap kali orang lain memanggil nomor Anda, alih-alih panggilan ke nomor Anda, itu masuk ke nomor yang Anda masukkan untuk penerusan panggilan.

Jadi, cara mengetahui hp anda disadap *#21# itu prank karena *#21# adalah kode untuk mengaktifkan fitur call forwarding.

Diantara 3 kode diatas, kode yang paling efektif adalah kode yang pertama. Kode 2 dan 3 dipastikan prank dan tidak bisa digunakan untuk mengetahui jika ponsel disadap. Anda harus pandai memfilter informasi. Jangan tertipu oleh lelucon atau berita palsu.

Nah, itulah pembahasannya cara mengetahui apakah ponsel Anda disadap Padahal, mengetahui ponsel Anda disadap bisa dilihat dari fitur-fiturnya. Misalnya, pulsa atau kuota ponsel Anda cepat habis meskipun tidak digunakan, ponsel Anda cepat panas meskipun tidak digunakan, dan lain sebagainya.


Teknologi

Baca Juga  4 Cara Screenshot HP Vivo Pada Semua Tipe