Cara Mengembalikan Layar Laptop yang Terbalik: Works!


Apakah Anda terkejut menghadapi layar laptop yang miring atau bahkan terbalik? Jangan langsung panik. Sebaiknya kamu cari tahu dulu cara mengembalikan layar laptop terbalik ini.

Status layar dapat berubah, miring ke kanan, kiri, atau terbalik. Ini karena pada dasarnya ada fitur untuk melakukan ini. Ini berarti Anda dapat secara tidak sengaja menekan kombinasi tombol untuk mengaktifkan fungsi tersebut.

Tiga cara mengembalikan layar laptop terbalik

Bahkan, salah satu fitur dari fitur layar putar laptop ini adalah memudahkan pengguna untuk melihat grafik dari perspektif yang berbeda. Namun, jika Anda tidak membutuhkannya, itu jelas mengganggu dan perlu ditangani.

Ada beberapa cara untuk mengembalikan layar laptop ke posisi semula. Berikut adalah tiga di antaranya.

1. Menggunakan Jalan pintas Pada Papan ketik

Pertama, Anda dapat memposisikan ulang layar menggunakan jalan pintas atau kombinasi tombol tertentu diaktifkan papan ketik. Caranya adalah dengan menekan CTRL + ALT + (tombol panah) secara bersamaan. Setiap tombol arah memiliki fungsi yang berbeda.

Fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Panah kiri berfungsi untuk mengubah posisi layar miring ke kiri.
  • Arah yang benar menyebabkan layar miring ke kanan.
  • Tombol panah bawah digunakan untuk membalikkan layar.
  • Sementara itu, untuk mengembalikan layar ke posisi semula berarti menggunakan kombinasi CTRL + ALT + tombol panah atas.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, layar akan kembali ke posisi semula. Nantinya, jika memang perlu membalik atau memiringkan layar, bisa menggunakan cara di atas dan memilih opsi arah lain.

2. Ubah posisi layar dengan Pengaturan tampilan

Opsi kedua adalah mengembalikan layar ke posisi semula melalui fungsi Pengaturan tampilan. Namun cara ini terbatas hanya untuk pengguna Windows 10. Caranya buka menu pengaturanlalu tekan Sistem. Lalu tekan Menampilkan.

Selanjutnya silahkan gulungan sampai Anda menemukan pilihan Anda Orientasi tampilan, lalu tekan. Kemudian jendela pilihan akan muncul di layar. Untuk mengembalikan layar terbalik, pilih opsi Lanskap.

Untuk menyimpan perubahan, Anda perlu mengklik tombol Pertahankan perubahannya. Dengan demikian, layar akan kembali ke posisi semula dan perubahan telah disimpan.

3. Kembalikan layar Menu Opsi grafis

Cara mengembalikan layar laptop yang terbalik selanjutnya adalah dengan menggunakan menu Opsi grafis. Anda dapat menemukan fungsi ini dengan mengklik kanan pada layar utama. Berikut langkah-langkahnya.

  • Klik kanan hingga kotak centang menu muncul.
  • Pilih menunya Opsi grafisklik
  • Kemudian pilih revolusi.
  • Setelah itu, pilih derajat rotasi.
  • Untuk mengembalikan layar ke posisi semula, pilih opsi 0 derajat.
  • Layar kembali ke posisi semula.

Anda juga dapat memilih derajat kemiringan yang berbeda untuk posisi layar yang berbeda. Misalnya 90 dan 270 derajat untuk mengubah posisi layar menjadi miring ke kiri atau ke kanan. Sekitar 180 derajat untuk membuat layar terbalik.

Namun, Anda harus menyadari bahwa ada kemungkinan bagi produsen untuk menonaktifkan fungsi layar putar ini. Jika hal ini terjadi, maka Anda tidak akan dapat menggunakan metode di atas.

Selain itu, metode ini berguna untuk laptop dengan sistem operasi jendela. Sedangkan untuk Mac OS, tentu saja caranya berbeda. Selain itu, di Mac, sebaiknya jangan memutar layar, karena berisiko membuatnya kesalahan.

Jadi bagaimana jika Anda harus memutar layar Mac? Pilihannya adalah menggunakan layar eksternal tambahan untuk melakukan ini.

Setelah mengetahui cara mengembalikan layar laptop terbalik, tentunya jangan panik jika hal ini terjadi bukan? Anda juga dapat menggunakan fungsi rotasi layar ini jika Anda membutuhkannya kapan saja.


Teknologi

Baca Juga  4 Cara Alami Menurunkan Kolesterol Dengan Mengontrol Makanan Yang Masuk Dalam Tubuh Kita