Cara Mengembalikan Indra Penciuman yang Hilang


Anosmia adalah suatu kondisi di mana salah satu atau seluruh indera penciuman hilang, salah satunya karena infeksi COVID-19. Anosmia adalah jenis penyakit yang dapat diobati secara medis. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengobatinya dan bisa Anda lakukan di rumah, seperti berikut ini:

Melatih indera penciuman

Untuk mengembalikan indera penciuman secara alami, kita bisa melakukannya dengan melatih indera penciuman. Hal ini bertujuan untuk melatih kepekaan. Dengan melatih indera penciuman dapat dicapai dengan menggunakan minyak esensial.

Minyak atsiri atau essential oil adalah senyawa yang diekstraksi dari bagian tumbuhan dan diperoleh melalui proses penyulingan. Minyak ini dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Untuk mengobati hilangnya indra penciuman, Anda bisa melakukan latihan untuk indra penciuman dengan menghirup minyak atsiri selama 20-40 detik dan melakukannya berulang kali 2-3 kali sehari.

Air garam

Membilas hidung dengan larutan air garam bisa menjadi alternatif untuk mengobati hilangnya indera penciuman. Caranya adalah dengan mengalirkan larutan garam ke hidung Anda menggunakan neti pot yang bisa Anda beli di pasaran. Selain untuk mengobati kehilangan penciuman akibat COVID-19, cara ini juga bisa digunakan untuk mengobati hidung tersumbat akibat alergi dan infeksi sinus.

Jahe

Jahe adalah rempah-rempah yang dikenal sejak lama untuk mengobati berbagai penyakit virus seperti flu atau flu burung.

Gingerol yang mengandung jahe memberikan aroma dan rasa khas jahe yang dapat membantu merangsang indera penciuman. Anda bisa mengonsumsi jahe secara langsung atau disiapkan untuk mengembalikan indra penciuman Anda.

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antimikroba. Bumbu dapur ini dapat membantu membersihkan saluran hidung yang tersumbat dan mengembalikan indra penciuman Anda. Anda bisa meminum air rebusan bawang putih dan menghirup aromanya secara teratur.

Bawang putih juga bisa menjadi penambah kekebalan tubuh selama masa isolasi diri di masa pandemi seperti sekarang ini. Rempah-rempah ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda lebih cepat.

Berhenti merokok

Khusus bagi perokok, berhenti merokok merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan indra penciuman yang hilang. Karena merokok sangat mungkin mengganggu kepekaan penciuman.


Teknologi

Baca Juga  Cara Meningkatkan Sensitifitas Touchscreen Pasti Work 100%