5 Cara Mengatasi Wifi Laptop Hilang: Penyebab + Solusi Lengkap


Biasanya untuk terhubung ke Wifi di laptop kita, kita hanya perlu menyalakan WIFI dan menghubungkannya. Namun ada kalanya saat Wifi dinyalakan, wifi laptop hilang atau tidak terdeteksi, sehingga kita tidak bisa terhubung ke jaringan Wifi yang ada.

Kehilangan wifi di laptop bisa disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab paling umum dari kehilangan Wifi laptop adalah kesalahan driver, masalah sistem Windows, dan penerima Wifi atau komponen router yang rusak.

Cara Mengatasi Wifi Hilang di Laptop

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa cara mengatasi wifi laptop hilang. Gunakan cara yang tepat sesuai penyebab wifi laptop loss di atas beserta tutorialnya.

1. Instal ulang driver Wifi

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah Wi-Fi laptop yang hilang adalah dengan menginstal driver Wifi di laptop Anda. Untuk beberapa laptop, biasanya Anda perlu menginstal driver Wifi secara manual sebelum dapat menggunakannya.

Driver Wifi ini erat kaitannya dengan masalah Wifi tidak terdeteksi di laptop. Hal ini biasanya disebabkan oleh driver yang mengalami bug dan error. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba menghapus dan menginstal ulang driver Wifi.

Anda dapat menginstal driver Wifi seperti biasa melalui DVD driver jika Anda memilikinya. Namun jika anda belum memilikinya, anda bisa mengupdate melalui website resminya di laptop anda.

2. Copot pemasangan driver Wifi

Selain update atau install ulang, kamu juga bisa uninstall driver Wifi untuk mengatasi kekurangan Wifi di laptop kamu. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi Wifi tidak terdeteksi, uninstall ini bukan uninstall biasa melainkan melalui device manager. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka kolom Search Taskbar di laptop Anda.
  • Kemudian ketik Pengelola Perangkat dan buka aplikasi.
  • Cari Wifi adapter yang terpasang di laptop anda, caranya klik Network adapters.
  • Kemudian klik kanan pada Wifi Driver dan pilih Uninstall.
  • Jika sudah, reboot dan periksa kembali apakah Wifi normal atau tidak.

3. Pastikan Wifi aktif

Pastikan Wifi di laptop anda dalam keadaan hidup atau aktif karena ada juga orang yang lupa menyalakan Wifi di laptopnya. Efek dari Wifi yang dinonaktifkan ini adalah laptop Anda tidak dapat menangkap sinyal Wifi. Berikut cara memperbaikinya:

  • Buka Pengaturan Jaringan dan Internet di laptop Anda.
  • Lalu pergi ke bagian Network and Sharing Center.
  • Klik Pengaturan Adaptor, yang ada di sebelah kiri.
  • Periksa apakah driver aktif / diaktifkan atau tidak.
  • Jika tidak aktif, klik Enable these network devices atau bisa juga klik kanan Enable.

4. Instal ulang Windows

Penyebab wifi laptop hilang berikutnya bisa jadi karena sistem error atau bermasalah. Jika Anda yakin masalahnya terletak pada sistem Windows Anda, coba instal ulang Windows di laptop Anda.

Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi Wifi tidak terdeteksi, error, hilang atau masalah lainnya. Namun pastikan Windows yang anda gunakan sesuai dengan versi driver Wifi, karena jika tidak sesuai dengan Wifi maka akan sulit terdeteksi.

5. Gunakan adaptor Wifi eksternal

Jika masih tidak bisa, maka cara terakhir yang kami sarankan adalah menggunakan eksternal Wifi adapter. Mengapa menggunakan Wifi eksternal? Karena komponen atau adaptor Wifi di laptop bisa saja rusak sehingga tidak bisa mendeteksi Wifi.

Sekarang sudah banyak adapter Wifi eksternal yang bisa anda gunakan. Selain itu harganya yang cukup terjangkau, Anda tidak perlu repot memperbaiki komponen Wifi capture yang rusak pada laptop Anda.


Teknologi

Baca Juga  Cara Menyembunyikan Wifi Indihome! Pengguna Wajib Tahu