InformasiKita

Cara Mengatasi Komputer Hang, Mudah Dan Works


Komputer merupakan perangkat yang dapat mempermudah pekerjaan. Bahkan, tidak hanya untuk bekerja, tetapi juga sebagai hiburan yaitu melalui bermain permainan. Namun, Anda perlu tahu cara memperbaiki komputer Anda menggantung.

Ada kalanya komputer menggantung, tidak bergerak sama sekali. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu dan membuat panik. Bagaimana jika tenggat waktu pekerjaan sangat ketat. Jadi mari kita periksa bagaimana menyelesaikannya.

Penyebab komputer Menggantung

Sebelum Anda mengetahui cara memperbaikinya, ada baiknya Anda memahami apa yang menyebabkannya terjadi. Berikut ini adalah beberapa penyebab pengalaman komputer: menggantung.

  • Memori tidak cukup, bahkan menyebabkan lambat menggantung saat menjalankan beberapa program.
  • Penurunan kesehatan hard drive atau adanya bagian yang aus, tergores, dan rusak.
  • Sistem MENGAJUKANtempat berkumpulnya banyak program untuk dinikmati korup.
  • Ada virus yang menyebabkan perangkat lunak perusakitu juga dapat menyebabkan komputer menggantung.

Beberapa hal di atas bisa menyebabkan komputer tiba-tiba tidak bergerak alias menggantung. Tentu saja akan sulit bagi Anda untuk masuk ke program, atau sebaliknya, Anda tidak dapat mematikan komputer.

Lima cara untuk mengalahkan komputer Anda Menggantung

Jika Anda melihat bahwa komputer tidak bergerak atau menggantung, jangan panik. Ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan.

1. Menginstal antivirus

Salah satu penyebab komputer menggantung adalah adanya virus dalam sistem. Biasanya virus ini berasal dari penggunaan flashdiskatau saat Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Untuk mengatasinya, Anda harus benar-benar menginstal antivirus di komputer Anda agar dapat melakukan deteksi dan pengobatan dini. Anda dapat menginstal Avira, Kaspersky, Norton atau antivirus kuat lainnya.

2. Atasi penyumbatan dengan membersihkan kipas pendingin

Kondisi hang di laptop Anda mungkin hasilnya terlalu panas. Maka, untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya lakukan perawatan pada kipas pendingin agar bekerja secara maksimal. Berikut cara melakukannya.

  • Bersihkan area baling-baling dan panggangan dari debu dan kotoran yang menempel. Pastikan kipas dapat berputar dengan lancar. Jika perlu, oleskan sedikit pelumas untuk mengoptimalkan putaran.
  • Mengganti pasta termal yang dikeringkan radiator. pasta termal yang kering dapat mengurangi kinerja pendinginan.

Dengan memastikan bahwa sistem pendingin berfungsi normal, komputer tidak akan mengalami terlalu panas. Dengan demikian, risiko menggantung dapat dikurangi.

3. Cara mengalahkan komputer Menggantung Dengan membersihkan harddisk

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperhatikan kesehatan harddisk, terutama dengan membersihkannya. Pasalnya, sebagai penyimpanan utama di komputer, harddisk yang terlalu penuh dapat menyebabkan menggantung.

Cara membersihkan hard drive adalah dengan menekan ikon Windows+R, lalu klik Membersihkan. Cara kedua adalah klik kanan pada menu penyimpanan hard disk, lalu pilih Pembersihan disk.

4. Meningkatkan kapasitas RAM

Tambahkan kapasitas RAM

Penyebab lain komputer berjalan lambat atau bahkan membeku adalah Kapasitas RAM terlalu penuh. Sebaiknya pertimbangkan ruang yang tersedia pada penyimpanan ini sebelum menginstal berbagai aplikasi.

Cara lain adalah dengan meningkatkan kapasitas RAM. Dengan demikian, ruang penyimpanan menjadi lebih ringan dan komputer tidak rentan menggantung.

Bagaimana cara memperbaiki komputer Anda? menggantung yang lain adalah untuk mengurangi Multifungsi saat mengoperasikan komputer. Karena juga Multifungsi juga akan mengurangi kinerja komputer dan rentan terhadap menggantung.

5. Penggunaan fungsi Hentikan Tugas

Jika ada komputer yang bereksperimen menggantung, Anda dapat menekan Shift + Ctrl + Esc secara bersamaan. Kombinasi tombol lainnya adalah Ctrl + Alt + Del. Saat Anda masuk ke menu Pengelola tugasklik Akhiri tugas.

Umumnya, langkah ini akan membuat komputer Anda berfungsi normal kembali. Namun, jika masih tidak berhasil, berarti ada masalah dengan programnya. Untuk memperbaikinya, Anda dapat membawa komputer Anda ke bengkel.

Ini adalah beberapa cara untuk memperbaiki komputer menggantung. Yang terpenting adalah menggunakan komputer sesuai dengan spesifikasinya. menggunakannya di luar kapasitas akan membuatnya rentan untuk menggantung.


Teknologi

Baca Juga  Cara Download Video Di Facebook Tanpa Aplikasi