Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas Batre Tanam


Hampir semuanya jenis ponsel terbaru menggunakan baterai built-in karena ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan. Namun, baterai internal sering mengalami masalah pengisian daya seiring bertambahnya usia ponsel. Jadi perlu tahu cara mengatasi HP yang tidak bisa mengisi baterai yang ditanam.

Jika telepon tidak dapat diisi, jangan buru-buru ke pusat perbaikan. Mungkin ada kesalahan yang bisa diperbaiki sendiri. Ini akan dibahas cara memperbaiki ponsel dengan baterai internal yang tidak dapat diisi.

Cara Mengalahkan HP Tidak Bisa Mengisi Baterai Menanam 5 Langkah Mudah

Ponsel dengan baterai built-in yang tidak dapat diisi sebenarnya bukan masalah baru dan sudah umum. Sebelum membawa ponsel ke service center, ada baiknya mencoba 5 cara berikut ini, siapa tahu salah satunya bisa mengobati penyakit ini.

1. Selalu gunakan pengisi daya Default di ponsel

Cara mengatasi keadaan handphone yang tidak bisa dicharge dengan baterai yang ditanam, pertama yang harus dilakukan adalah selalu menggunakan pengisi baterai ponsel bawaan. pengisi daya Hal ini bisa didapatkan saat pertama kali membeli ponsel.

Produsen HP selalu menyertakan pengisi baterai yang mendukung dan sesuai dengan kebutuhan ponsel. Menggunakan pengisi baterai asli selama beberapa minggu untuk melihat apakah ponsel tidak dapat diisi karena pengisi daya yang digunakan tidak mendukung.

2. Ubah pengisi daya

Jika Anda menggunakan pengisi daya bawaan HP, tetapi baterai tetap tidak dapat diisi, maka mungkin pengisi baterai rusak. Coba gunakan pengisi daya lain dengan kapasitas arus yang lebih tinggi.

pengisi daya dengan ampere tinggi biasanya dilengkapi dengan fitur pengisian cepat. Coba gunakan selama beberapa hari dan lihat apakah itu bisa diganti pengisi baterai ini memberikan hasil yang positif.

3. Pengukuran baterai

Masalah HP tidak bisa dicharge belum teratasi, walaupun sudah ganti charger, coba kalibrasi baterai secara mandiri. Kalibrasi ini dimaksudkan untuk merangsang kinerja HP ​​agar kembali bekerja seperti semula.

Manfaat lainnya adalah dapat mengetahui seberapa besar kerusakan yang dialami baterai. Cara kalibrasi baterai adalah dengan mendownload dan menginstal aplikasi kalibrasi.pro yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

4. Membersihkan Membersihkan Port pengisian daya

Saksikan berikut ini port pengisi dayaMungkin ada masalah dengan baterai bawaan HP yang tidak dapat diisi karena ada kotoran di dalamnya. port pengisi daya adalah tempat kabel pengisian daya terhubung ke ponsel. Lubang yang kotor dapat membuat ponsel Anda tidak terdeteksi saat mengisi daya.

membersihkan port pengisi daya gunakan perlahan kapas, tongkat atau pinset kecil. Berhati-hatilah agar tidak merusak port pengisi daya atau merusak bagian ini.

5. Atur ulang pabrik

Lakukan reset pabrik jika ponsel dihidupkan, tetapi baterai yang terisi tidak dapat dideteksi. Reset pabrik bertujuan untuk mengembalikan status dan pengoperasian sistem operasi HP seperti semula saat keluar dari pabrik.

Ini mungkin berhasil karena terkadang sistem operasi HP mengalami kesalahan. Mengenai mode reset pabrik, adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Pengaturan”.
  • Pilih menu “Cadangkan dan Setel Ulang”.
  • Lanjutkan dengan pengaturan ulang pabrik.
  • Perlu diperhatikan bahwa letak menu Factory Reset untuk setiap merk HP biasanya berbeda-beda. Beberapa ada di menu “System”, “Account” atau “About phone”.
  • Jika ponsel hanya bisa dihidupkan sampai muncul logo, coba masuk ke mode “Recovery” atau “Fastboot”, lalu pilih “Clear data” atau “Factory reset”. Caranya adalah matikan ponsel Anda, lalu tekan tombol volume bawah bersamaan dengan tombol power.
  • Saat Android mengalami proses boot berulang dan aku tidak bisa pemulihanLihat bagaimana Di Sini.

Jika Anda sudah mencoba cara mengatasi HP yang tidak bisa dicharge ke baterai bawaan di atas tapi tetap tidak bisa, segera bawa ke service center resmi. Siapa yang tahu apa masalahnya, ternyata lebih rumit.


Teknologi

Baca Juga  Cara Menggandakan Aplikasi di HP Vivo, Its Work!