Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error : Super Mudah


Papan ketik Apakah laptop Anda tidak berfungsi dengan baik? Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasinya, Anda perlu tahu cara memperbaikinya papan ketik perawatan laptop kesalahan sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke tukang reparasi.

Alasan Kesalahan papan ketik

Banyak hal yang dapat menyebabkan papan ketik laptopnya tidak berfungsi. Hal ini sering terjadi karena kesalahan pengguna. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  • Di antara tombol, masukkan debu atau remah makanan.
  • Air yang terciprat.
  • Kabelnya longgar.
  • Ada kelainan perangkat keras juga tidak perangkat lunak.
  • tekan tombolnya papan ketik terlalu keras.
  • Papan ketik terkunci.

Mungkin ada penyebab lain. Tentu diperlukan pemeriksaan yang mendetail terlebih dahulu untuk mengetahuinya.

Lima cara untuk memperbaikinya Papan ketik Laptop atau Kesalahan

Jika Anda memiliki pengalaman papan ketik tidak berfungsi dengan baik, Anda tidak perlu terburu-buru membawanya ke tukang reparasi. Cek dulu apa yang bisa menjadi penyebabnya. Ada saat-saat kesalahan Anda masih bisa mengelolanya sendiri, seperti berikut ini.

1. Pemeriksaan Num Lock

Jika Anda menemukan bahwa Anda menekan tombol, tetapi muncul di layar lain, jangan bingung. Coba cek Num Lock dulu. Biasanya jika fungsi tersebut aktif, maka beberapa tombol tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Num Lock adalah fitur yang berfungsi untuk mengubah beberapa tombol papan ketik dalam fungsi numerik. Jadi wajar jika fitur ini aktif, beberapa tombol papan ketik itu tidak bekerja seperti biasa.

Untuk menonaktifkan fungsi ini, Anda dapat menekan tombol Fn dan Numlk secara bersamaan. Setelah itu, fungsi papan ketik akan kembali seperti semula.

2. Bagaimana cara memperbaikinya? Papan ketik Laptop atau Kesalahan : Periksa Pengaturan

Anda juga dapat menangani diri sendiri ketika Anda memenuhi suatu kondisi papan ketik yang mengetik dengan huruf ganda dan kesalahan imut. Caranya adalah dengan memeriksa pengaturannya. Karena mungkin ada pengaturan yang kurang tepat sehingga menyebabkan hal ini.

Obatnya adalah:

  • Akses ke menu Mulailahlalu pilih opsi panel kontrol.
  • Memilih Akses mudahlalu klik tombol Melakukan apa itu papan ketik lebih mudah digunakan.
  • Terakhir, klik Konfigurasikan kunci filterlalu tekan Batalkan pilihan semuanya.

3. Lepaskan baterai

Cara lain adalah dengan mencoba mengatasi papan ketik kesalahan dengan mereset laptop. Caranya matikan laptop, lalu tunggu sebentar. Kemudian lepaskan adaptor laptop dan baterai dan diamkan hingga 3 menit.

Kemudian tekan tombol Kekuasaan selama 1 menit. Terakhir, pasang kembali baterai dan nyalakan kembali.

4. Periksa konektornya Papan ketik

Jika masih tidak bisa, langkah selanjutnya untuk memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi adalah dengan memeriksa konektornya. Perlu Anda ketahui bahwa konektor ini juga bisa mengalami masalah seperti menekuk, melemah atau meregang.

Jika ini masalahnya, tentu saja fungsinya papan ketik dapat terganggu. Namun, untuk mengasuransikan dan melakukan perbaikan, Anda harus membongkar papan ketik. Jadi jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang diperlukan, Anda harus membawanya ke tukang reparasi.

5. Menggunakan menu di layar Papan ketik

Jika Anda sedang terburu-buru dan tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya papan ketik perawatan laptop kesalahansolusi cepatnya adalah dengan menggunakan Pada layar Papan ketik. Untuk mengaktifkannya adalah dengan mengklik menu Mulailah => Program => Aksesibilitas.

Kemudian, setelah mengakses menu, klik Pada layar Papan ketik. Kemudian Anda dapat mengetik dengan papan ketik yang muncul di layar menggunakan mouse atau papan sentuh. Namun karena rumit, cara ini hanya solusi sementara.

Anda bisa mencoba kelima cara di atas sebagai solusi saat papan ketik tidak bekerja. Ada solusi lain, yaitu melalui penggunaan papan ketik portabel. Anda dapat memilih untuk menggunakan kabel USB atau Nirkabel.

Begitulah cara menyelesaikannya papan ketik perawatan laptop kesalahan. Dengan demikian papan ketik itu adalah bagian yang cukup penting dari laptop, Anda benar-benar harus merawatnya. Misalnya, rutinitasnya membersihkan dan menghindari terlalu banyak tekanan.


Teknologi

Baca Juga  Fungsi Utama Aplikasi Scan Barcode BPOM