Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop Tanpa Kabel Paling Mudah


Saat ini file sharing memang sangat diperlukan, apalagi jika kebutuhan alokasi penyimpanan data Anda memang cukup. Laptop menjadi solusi untuk menyimpan berbagai file dari perangkat lain, misalnya dari HP. Cara memindahkan file dari hp ke laptop itu bisa dilakukan dengan jarak dekat atau jarak jauh, mari kita cari tahu lebih lanjut.

Cara mentransfer file dari ponsel ke laptop biasanya dilakukan dengan menggunakan bluetooth. Bagaimanapun, semua orang sudah mengetahui hal ini sejak lama. Di sisi lain, berbagai tipe handphone juga memiliki fitur ini, bahkan yang lama sekalipun.

sayang untuk saat ini, cara memindahkan file dari hp ke laptop itu tidak efektif lagi. Masalahnya adalah butuh waktu lama, yang membuat marah pengguna. Oleh karena itu, diperlukan metode lain untuk melakukannya. Beberapa contoh akan dibahas di bawah ini.

Cara memindahkan file dari hp ke laptop

Untuk sekarang, Cara mentransfer file dari ponsel ke laptop menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak rekomendasi di Internet, Anda tinggal memilih masing-masing. Dari semua ini, beberapa yang paling direkomendasikan. Berikut daftarnya:

1. Menggunakan aplikasi SHAREit

SHAREit adalah aplikasi untuk transfer data tanpa menggunakan akses internet. Proses transfer data ini terbilang lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan Bluetooth, sehingga cocok digunakan untuk mengirim file dengan kapasitas besar. SHAREit dapat digunakan untuk transfer data antar handphone, handphone ke laptop atau komputer, antar komputer dan antar laptop. Aplikasi shareit tidak hanya tersedia untuk pengguna Android tetapi juga untuk iOS dan Windows.

Ada fitur menarik lainnya dari aplikasi SHAREit. Anda dapat mengirim file dalam grup. Dalam fitur ini, maksimal 5 perangkat dapat dihosting secara bersamaan. Jadi saat ingin mengirim file ke banyak orang, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengantri. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengirim data menggunakan SHAREit.

  • Pastikan ponsel dan laptop Anda terhubung
  • Buka aplikasi SHAREit di laptop anda, jika belum punya anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu
  • Kemudian buka aplikasi SHAREit di handphone anda, ketika muncul iklan, anda bisa melewatinya dengan klik bagian tengah bawah. Pilih menu di sebelah kanan.
  • Pilih menu PC lalu scan QR code dengan mengarahkan kamera HP ke laptop. Saat pemindaian berhasil, klik Mulai.
  • Tunggu hingga HP dan laptop Anda terhubung atau terdeteksi.
  • Setelah terhubung, Anda dapat mulai mengirim dokumen, foto, video, aplikasi, atau file lainnya.

2. Menggunakan layanan penyimpanan awan

Cara memindahkan file dari hp ke laptop Kemudian Anda dapat menggunakan layanan iCloud. Dibandingkan dengan yang lain, proses transfernya cepat, bahkan tidak sampai satu menit.

Selain itu, Anda dapat mendownload setiap file yang ada di aplikasi ini jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya. Tentunya ini menjadi nilai tambah dari iCloud. Metodenya adalah sebagai berikut:

  • Pertama unduh aplikasi iCloud di perangkat Anda.
  • Masukkan akun iCloud Anda. Kalau masih belum ada, daftar dulu.
  • Selanjutnya, pilih file yang ingin Anda pindahkan ke iCloud.
  • Tunggu sebentar hingga proses selesai
  • Jika suatu saat nanti Anda membutuhkannya, unduh file tersebut.

3. Melalui aplikasi Push Bullet

Push Bullet adalah aplikasi yang digunakan untuk cara memindahkan file dari hp ke laptop tanpa kabel Lanjut. Dibandingkan dengan yang lain, hanya sedikit pengguna yang mengetahuinya.

Padahal secara fungsional, aplikasi ini sama dengan beberapa nama di atas. Bahkan, kecepatan transfer datanya jauh lebih cepat dari yang lain. Jadi cobalah untuk mulai menggunakan Push Bullet. Langkah-langkahnya sendiri meliputi:

  • Unduh aplikasi Push Bullet di setiap ponsel dan laptop.
  • Kemudian buka aplikasi.
  • Ambil beberapa data yang ingin Anda pindahkan ke aplikasi ini.
  • Jika perlu, yang harus Anda lakukan adalah mengunduh file.

4. Menggunakan Bluetooth

cara memindahkan file dari hp ke laptop menggunakan bluetooth hanya bisa dilakukan untuk laptop yang hanya memiliki bluetooth. Padahal Anda bisa membeli Bluetooth sendiri dengan harga murah untuk versi USB. Dengan Bluetooth yang dipasangkan dengan ponsel Anda, Anda dapat menggunakan opsi transfer file yang lebih efisien, tetapi tidak secepat saat menggunakan Share It.

Cara memindahkan file dari HP ke laptop dengan kabel data

Beberapa cara di atas cepat dalam mengirim file ke perangkat lain. Namun dalam posisi offline, aplikasi di atas tidak bisa digunakan.

Oleh karena itu, banyak pengguna memilih cara memindahkan file dari hp ke laptop dengan kabel data. Tentunya melalui langkah-langkah di bawah ini:

  • Pastikan kedua perangkat berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Kemudian colokkan kabel USB ke laptop.
  • Jika tidak ada masalah dengan kabel USB, akan muncul notifikasi di kanan bawah.
  • Tunggu hingga sistem mendeteksi semua file di ponsel Anda
  • Untuk memastikannya, klik F5 pada keyboard laptop Anda.
  • Nantinya, sistem akan mengarahkan Anda ke tempat file tersebut tersedia di ponsel Anda.
  • Di sana Anda memindahkan file apa pun ke laptop Anda

Tips cara memindahkan file dari HP ke laptop tanpa kabel agar tidak gagal

Terkadang Anda menemui berbagai kendala saat mengikuti Cara mentransfer file dari ponsel ke laptop. Hambatan ini menyebabkan kegagalan. Untuk mengantisipasinya, cobalah beberapa tips berikut ini:

1. Pastikan kuota internet tersedia

Anda perlu memastikan bahwa kuota internet masih ada saat mentransfer data ke perangkat lain. Pasalnya, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dijalankan secara offline. Untuk mengecek, silakan masukkan nomor operator masing-masing. Beberapa saat kemudian, informasi detail tentang kartu tersebut muncul di layar.

2. Kabel data tidak rusak

Selain faktor internet, penyebab kegagalan tersebut adalah kabel data yang rusak. Atas dasar itu, Anda perlu mengecek kembali kualitas kabelnya. Caranya sangat mudah, cukup sambungkan USB bagian bawah ke ponsel, jika sistem langsung mengisi daya, berarti USB masih dalam kondisi baik.

3. Jangan memutuskan sambungan secara tiba-tiba

Jadi cara memindahkan file dari hp ke laptop tanpa kabel data lancar jaya, jangan tiba-tiba putus koneksi internetnya. Seperti disinggung di atas, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa digunakan saat offline. Otomatiskan semua proses transfer file


Teknologi

Baca Juga  Cara Mengubah Nada Dering Whatsapp di HP Vivo