Bingung Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD? Simak Caranya Disni


Salah satu masalah yang sering dihadapi pengguna ponsel Android adalah memori internal yang penuh. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga memori internal Anda tetap bebas cara memindahkan aplikasi ke kartu sd. Ini sangat berguna bagi Anda yang suka mendownload aplikasi berat.

Meski beberapa android kini sudah dibekali dengan memori internal berkapasitas 32 GB. Namun, ukuran aplikasi semakin berkembang, terutama aplikasi game. Berikut adalah beberapa cara memindahkan aplikasi ke kartu sd yang dapat Anda gunakan untuk mengosongkan memori internal Anda.

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi

Sebagian besar ponsel dilengkapi dengan fitur aplikasi gerak tangan. Namun, sangat disayangkan fitur ini tidak tersedia di ponsel Xiaomi, karena Mi UI tidak menawarkan fitur ini. Namun, Anda tetap bisa menggunakan cara berikut.

1. Pindahkan data aplikasi ke memori kartu SD Xiaomi

Cara pertama yang bisa Anda pilih adalah memindahkan data dari aplikasi ke memori kartu SD. Caranya adalah dengan menginstal aplikasi langsung dari kartu SD. Dengan cara ini, data dalam file aplikasi akan tertinggal di memori eksternal.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan folder dari memori internal ke memori eksternal (SD card). Namun cara ini memiliki resiko kegagalan yang cukup tinggi. Jadi akan lebih baik jika Anda menginstal langsung dari kartu SD daripada memindahkan aplikasi.

2. Pindahkan aplikasi ke kartu SD menggunakan Penggerak Aplikasi

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan fungsi alih aplikasi untuk melakukan perpindahan. Metode ini memiliki tingkat keberhasilan 100%. Cara ini bisa dilakukan tanpa root menggunakan aplikasi Google PlayStore.

Salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk diinstal adalah AppMgr sakit atau Tautan2SD. Setelah aplikasi diinstal, cukup pilih aplikasi mana yang ingin Anda simpan di kartu SD. Langkah ini dianggap cukup cepat, karena Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tambahan, dan aplikasi akan bergerak secara otomatis.

3. Menggunakan Cara root ponsel Xiaomi

Root adalah cara terakhir yang bisa digunakan jika cara sebelumnya gagal. Root adalah teknik yang digunakan untuk membongkar smartphone sehingga dapat dimanipulasi. Namun cara ini sangat beresiko jika gagal, maka ponsel bisa rusak dan tidak bisa claim garansi.

Metode root sering direkomendasikan karena prosesnya mungkin lebih cepat. Jika root dilakukan dengan benar dan kartu SD yang digunakan berkualitas tinggi, maka tingkat keberhasilannya akan tinggi.

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Oppo

Tipe lain dari ponsel Android yang membutuhkan memori eksternal untuk digunakan sebagai penyimpanan aplikasi adalah Oppo. Ini harus dilakukan untuk mempercepat kinerja smartphone. Berikut ini adalah cara yang bisa digunakan untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD Oppo.

1. Bagaimana cara memindahkan aplikasi agar dapat diinstal secara otomatis di kartu SD

Salah satu keunggulan ponsel Oppo adalah hadir dengan ROM colorOS bawaan. Dengan sistem operasi Android ini, Oppo memiliki fungsi built-in sehingga pengguna dapat mengatur aplikasi untuk diinstal secara otomatis di kartu SD. Berikut langkah-langkahnya

  • Buka menunya pengaturan atau pengaturan
  • Kemudian klik “simpan”
  • Gulir ke bawah, lalu klik opsi “Lokasi pemasangan yang disukai”.
  • Klik pada bagian “Kartu SD”.
  • Aplikasi yang diunduh akan otomatis tersimpan di memori eksternal

2. Pindahkan aplikasi yang diunduh ke kartu SD

Cara selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk memindahkan aplikasi yang diunduh ke kartu SD Anda adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan ponsel Oppo Anda. Fitur ini tersedia di hampir semua tipe ponsel Oppo. Berikut beberapa langkahnya.

  • Buka menunya pengaturan atau “pengaturan”
  • Klik bagian “Kelola aplikasi”.
  • Klik tab “Terpasang”.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan
  • Setelah itu akan muncul nada informasi aplikasi, klik “move to SD”

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Samsung

Plus, jika Anda pengguna ponsel Android Samsung dan ingin memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Untuk memindahkannya, Anda bisa memanfaatkan fungsi bawaan ponsel, atau bisa juga dengan bantuan aplikasi. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pindahkan aplikasi secara manual tanpa menggunakan root

Cara pertama dan paling direkomendasikan bagi Anda yang ingin memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan ponsel Samsung. Berikut langkah-langkahnya.

  • Masuk ke menu “pengaturan” atau “pengaturan”.
  • Kemudian klik pada bagian “Aplikasi”.
  • Kemudian pilih aplikasi untuk dipindahkan ke kartu SD
  • Kemudian pilih opsi “pindah ke kartu SD”.
  • Terakhir, tunggu data aplikasi berpindah dari memori internal ke memori eksternal

2. Secara otomatis mengubah penyimpanan pada kartu SD

Cara selanjutnya adalah mengubah pengaturan penyimpanan kartu SD secara otomatis. Dengan cara ini, aplikasi, gambar, atau video yang Anda unduh akan secara otomatis disimpan ke kartu SD Anda. Berikut langkah-langkahnya

  • Masuk ke menu “pengaturan” atau “pengaturan”.
  • Klik pada bagian “penyimpanan”.
  • Langkah terakhir, klik “Penyimpanan pilihan” klik “Kartu SD”

3. Gunakan aplikasi untuk bergerak

Cara lain yang bisa Anda pilih adalah menggunakan aplikasi transfer dari Google Play Store. Cara ini merupakan cara terakhir yang bisa Anda pilih, jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil. Anda dapat memilih aplikasi seperti Link2SD, AppMgrII dan sebagainya.


Teknologi

Baca Juga  Aplikasi Mirip Playstore dan Bisa Unduh Aplikasi Android Secara Gratis