Cara Membuka Opsi Pengembang di Semua Versi Android dan Berbagai Merk Ponsel


Di Android terdapat fitur yang disembunyikan yaitu developer options atau sering disebut dengan developer options. Fitur ini tidak akan terlihat jika Anda bukan seorang developer dan tidak memahami sistem Android. Cara membuka opsi pengembang ini hanya dapat muncul jika Anda memasukkan kode dan mengklik rahasia di android.

Semua Android dari merek ponsel apa pun memiliki opsi pengembang dan semuanya memiliki mode pemulihan juga. Di dalam opsi pengembang ini terdapat berbagai pengaturan yang tidak umum dan khusus untuk pengembang dan pengembang saja. Misalnya USB debugging, optimasi miui di xiaomi, inverting colors, setting animation transisi dan banyak lagi.

Cara membuka Opsi Pengembang

Untuk dapat mengaktifkan opsi pengembang di setiap ponsel, ada perbedaan dari semua jenis ponsel yang ada. Cara mengatur opsi pengembang Samsung dan cara mengaktifkan opsi pengembang vivo tentu saja berbeda. Apalagi jika ponsel Samsung yang Anda gunakan termasuk versi lama. Biasanya untuk Samsung versi lama, cukup mengetuk perangkat lunak informasi beberapa kali untuk membuka menu ini.

Jika Anda adalah orang yang suka memodifikasi tampilan ponsel Android, Anda pasti sudah memahami opsi ini, bahkan jika Anda mengaktifkan fitur pengembang ini sebelumnya, Anda akan segera mengaktifkannya ketika Anda selesai menginstal kamera kustom.

Untuk mengaktifkan opsi pengembang di sebagian besar ponsel, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka pengaturan di Android Anda.
  2. Cari opsi tentang ponsel.
  3. Kemudian klik 5-7 kali pada versi kernel yang digunakan.
  4. Sampai opsi pengembang dikatakan telah muncul.
  5. Kemudian kembali ke halaman pengaturan dan Anda dapat langsung menuju ke opsi lain.
  6. Di bagian bawah akan ada opsi pengembang dan Anda dapat membukanya.
Baca Juga  Merk Hp Terbaik dan Awet, Nomor 3 Idaman Banyak Orang

Cara mengaktifkan realme developer options juga bisa dilakukan dengan cara di atas namun yang berbeda hanya untuk xiaomi saja karena pada semua hp xiaomi yang di tap bukan versi kernel melainkan versi miui.

Jika biasanya akan ada optimasi miui di xiaomi lebih baik di nonaktifkan saja, karena banyak aplikasi malah malah tidak mendukung jika fitur ini di aktifkan, malah muncul notifikasi dan akan langsung menutup aplikasi.

Opsi pengembang benar-benar pintu utama untuk masuk ke modifikasi ponsel. Misalnya, Anda ingin menginstal TWRP, me-root ponsel Anda, mem-flash atau membuka kunci bootloader.

Cara menyembunyikan opsi pengembang

Jika opsi pengembang ini muncul, dapatkah dihapus?

Tentu saja bisa, jika Anda ingin tahu cara menyembunyikan opsi pengembang yang sudah ada di HP, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka pengaturan Android.
  2. Buka lagi di bagian aplikasi.
  3. Pertama, ubah opsi filter untuk semua aplikasi dan sistem.
  4. Cari aplikasi “pengaturan”.
  5. Kemudian wipe cache dan data.

Di sini, semua pengaturan yang Anda atur sebelumnya akan kembali ke nilai defaultnya. Dan bahkan opsi pengembang yang Anda aktifkan akan hilang. Kunci untuk mengaktifkan mode pengembang hanya dengan beberapa ketukan, tetapi lokasinya berbeda. Ada versi kernel, mengetuk versi miui untuk xiaomi atau informasi perangkat lunak untuk beberapa ponsel.

Dengan mengaktifkan mode pengembangan ada lebih banyak pengaturan di dalamnya. Jika Anda tidak mengetahui fungsinya, lebih baik tidak mengaktifkannya agar tidak ada masalah dengan kinerja ponsel Anda.


Teknologi