Cara Membuat Mind Map di Word Anti Ribet dan Hasilnya Bagus


Peta pikiran adalah diagram yang menggambarkan konsep atau ide tertentu untuk memfasilitasi tipografi dan pembelajaran. Bagan ini membantu tidak hanya siswa yang ingin mempelajari topik tetapi juga karyawan yang ingin membuat konsep dan ide baru. Namun bagaimana cara membuat peta pikiran di Word yang paling mudah dan tidak ribet?

Ya, Anda perlu menjawab pertanyaan ini terlebih dahulu untuk mengetahui bahwa Anda sedang membuat peta pikiran yang baik. Jika diagramnya berantakan, bagaimana Anda bisa membuat konsep atau ide yang ideal? Oleh karena itu, penting untuk mempelajari langkah-langkah dalam membuat peta pikiran.

7 cara membuat peta pikiran di Word dengan sisipan bentuk

Sisipkan Bentuk adalah salah satu fitur di Word. Anda dapat menggunakan fungsi ini untuk membuat berbagai bentuk bagan, tabel, homografi dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan Anda, jadi salah satunya jika Anda ingin mencoba cara membuat peta pikiran di Word, Anda juga dapat menggunakan Insert Shape. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Buka Kata Terlebih Dahulu

Sesuai dengan judulnya, kamu akan membuat peta pikiran menggunakan Word. Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka terlebih dahulu aplikasi Word menggunakan komputer atau laptop. Setelah itu, silahkan klik kata Insert yang ada di kiri atas. Khususnya setelah menu Beranda.

2. Klik Sisipkan Bentuk untuk membuat bentuk

Klik pada Bentuk untuk memilih bentuk yang Anda inginkan.Setelah Anda membuat pilihan, klik dan seret bentuk ke lembar kerja. Tempatkan gambar di tengah untuk membagi bentuk pertama menjadi konsep atau ide utama. Cara membuat peta pikiran di Word akan memudahkan Anda mengetahui garis besar konsep sesuai keinginan.

3. Sisipkan teks dan ikon

Setelah Anda berhasil menempatkan bentuk pada lembar kerja, Anda dapat mulai menambahkan teks ke dalamnya. Klik kanan objek gambar dan pilih Add Text. Ketik sesuai kebutuhan. Dalam prosesnya, Anda dapat mengubah jenis font, ukuran, warna, pola, dan sebagainya menggunakan tab Beranda.

Agar terlihat lebih cantik dan rapi, tambahkan beberapa ikon atau gambar yang tersedia di fungsi kata. Gambar ini untuk meningkatkan tingkat fokus saat Anda mulai menggunakan peta pikiran ini. untuk cara membuat peta pikiran di Word dengan menambahkan icon bisa dilakukan dengan klik Insert dan Icons. Pilih berdasarkan kebutuhan dan pengaturan tata letak Anda.

4. Tambahkan bentuk baru

Sejauh ini Anda sudah berhasil memasuki tahap pembuatan peta pikiran yang hampir sempurna. Seperti namanya, peta pikiran pasti tidak akan berwarna jika hanya menggunakan satu bentuk. Oleh karena itu, Anda dapat menambahkan bentuk baru untuk melengkapi pemetaan pikiran. Anda dapat memilih bentuk yang berbeda dari tab Sisipkan Bentuk yang Anda buka di poin kedua sebelumnya.

5. Hiasi dengan pola 3D

Sisipkan tidak hanya menawarkan bentuk dan ikon, tetapi ada model 3D yang dapat Anda gunakan untuk membuat peta pikiran di Word. Caranya klik Insert dan pilih tab 3D Models untuk menemukan berbagai macam gambar yang menarik. Masukkan kata kunci yang sesuai dengan konsep agar lebih mudah diterapkan.

Seperti halnya bentuk, Anda dapat memodifikasi gambar 3D ini sesuai keinginan. Anda bahkan dapat memutar gambar hingga 360 derajat sehingga Anda dapat memilih sudut terbaik dari model gambar yang masuk ke Word. Untuk ini, meskipun Anda tidak memiliki pengalaman, Anda dapat mengatur tata letak gambar dengan sudut yang bagus dan menyesuaikannya dengan diagram lembar kerja Word.

6. Lengkap dengan gambar custom

Gambar khusus dalam pemetaan pikiran tidak diperlukan untuk digunakan. Namun, jika Anda ingin memiliki peta pikiran yang bagus, unik, dan menarik, maka opsi gambar khusus sangat disarankan. Sebelum memasukkannya ke dalam lembar kerja, silakan unduh gambar yang Anda inginkan terlebih dahulu. Misalnya seperti uang, tumbuh-tumbuhan, hewan, harta benda dan sebagainya.

Kemudian klik Sisipkan lagi dan klik tab Gambar. Akan muncul tiga pilihan di layar, silahkan pilih bagian This Device untuk membuka dokumen gambar yang sudah anda siapkan tadi. Coba gunakan gambar dengan latar belakang transparan sehingga menyatu dengan pemetaan pikiran. Selain itu, gambar yang dapat Anda gunakan harus memiliki ekstensi PNG.

7. Tulis keterangan konektor

Cara membuat mind map di Word yang terakhir adalah dengan menuliskan link atau deskripsi turunan. Biasanya gambaran ini bisa berupa ide atau penjelasan singkat tentang konsep rencana yang Anda buat. Pada tahap ini Anda dapat menambahkan objek lain yang dapat membuat peta pikiran Anda sempurna dan bagus.


Teknologi

Baca Juga  Cara Membuat NFT ѕереrtі Ghozali dі HP Android