Cara Membuat Jantung Sehat dengan Kardio


Cara membuat jantung sehat yang paling sederhana adalah olahraga. Bentuk olahraga yang populer untuk jantung adalah kardio. Jika ingin tahu lebih banyak tentang kardio, mari kita bahas bersama di artikel ini!

Apa itu kardio?

Kardio merupakan olahraga yang dapat meningkatkan aktivitas jantung. Aktivitas kardio melibatkan seluruh bagian tubuh, sehingga memastikan aliran darah dalam tubuh menjadi lebih cepat. Memperlancar peredaran darah membuat peredaran oksigen dalam tubuh semakin cepat. Ketika semua itu terjadi, otomatis jantung harus bekerja ekstra keras untuk memastikan kondisi tubuh tetap berfungsi.

Jika rutin melakukan aktivitas ini, maka paru-paru, jantung dan juga aliran darah dalam tubuh akan semakin kuat. Selain itu, aktivitas ini melibatkan lebih dari satu bagian tubuh, sehingga otot di area tersebut harus lebih terlatih. Perbedaan kardio dengan olahraga lain terletak pada durasi dan daya tahan. Dibandingkan dengan angkat beban yang membutuhkan kekuatan otot, kardio hanya membutuhkan waktu.

Bentuk kardio ringan

Cara menjaga kesehatan jantung dengan cardio bisa dilakukan dengan banyak versi. Biasanya tergantung kesukaan dan tingkat kesulitan olahraga ini. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang olahraga, mari kita bahas bentuk-bentuk kardio berikut ini:

1. Berenang

Berenang adalah kardio yang sangat efektif. Latihan ini memastikan tubuh memompa darah lebih cepat karena mengatur pernapasan dan gerakan tubuh. Cukup berenang sekitar setengah jam 5 hari seminggu, jantung pasti terlatih.

2. Jalan pagi

Cara membuat jantung sehat tidak harus berat. Jika Anda sering bangun pagi, sekitar jam 5 atau 6, Anda berkesempatan untuk jalan pagi. Jalan-jalan saja di sekitar kompleks dengan kecepatan berjalan normal sudah bisa melatih jantung. Hal yang perlu diingat adalah panjang jalan pagi Anda. Anda membutuhkan 2 hingga 3 jam untuk menikmati jalan pagi.

3. Joging

Kardio ini mengharuskan Anda untuk berlari. Jadi bagi yang sudah lanjut usia dan tidak memiliki persendian yang kuat, cardio ini tidak disarankan. Tetapi untuk anak muda, pastikan Anda memiliki waktu yang teratur untuk berlari dan memompa jantung Anda.

4. Senam aerobik

Aerobik juga sering disebut latihan jantung. Hal ini dikarenakan gerakannya yang cukup intens dan dapat memicu jantung untuk bekerja lebih cepat. Jika Anda biasanya melakukannya seminggu sekali, Anda dapat yakin bahwa Anda memiliki jantung yang lebih sehat.

Cara melakukan cardio dengan baik dan benar

Untuk memastikan latihan Anda efektif, pastikan beberapa hal saat melakukan cardio. Jaga kesehatan jantung Anda dengan cardio hanya bisa dilakukan jika durasi latihan cukup. Untuk berenang, Anda perlu menghabiskan setidaknya 30 hingga 1 jam, selama 3 jam jalan pagi, jogging 1 jam, bersepeda 2 jam, dan 1 set latihan aerobik.

Jika durasi dan intensitas cardio kurang, Anda akan berkeringat dan lelah tanpa mempengaruhi kinerja jantung Anda. Cara menjaga kesehatan jantung itu hanya bisa dirasakan jika Anda memaksakan diri. Anda benar-benar tidak perlu mendedikasikan diri Anda penuh waktu untuk kardio pada awalnya. Namun setelah dilakukan secara rutin selama seminggu, target efektivitas harus tercapai jika ingin jantung sehat.

Itulah inti dari keseluruhan diskusi cara membuat jantung sehat dengan kardio. Semoga pembahasan di atas membuka wawasan Anda sehingga Anda bisa lebih sehat. Terimakasih telah membaca artikel ini.


Teknologi

Baca Juga  Cara Mengembalikan Foto Yang Sudah Terhapus Di Hp