8 Rahasia Cara Membuat Filter IG Sendiri yang Unik dan Keren


Cara membuat filter IG yang bisa dilakukan oleh HP atau laptop. Dalam proses pembuatannya Anda bisa menggunakan aplikasi Spark AR Studio. Aplikasi ini sudah umum di kalangan pembuat filter Instagram.

Spark AR Studio adalah aplikasi yang dapat membuat filter dan efek dalam Augmented Reality (AR), yang hasilnya dapat Anda bagikan di akun media sosial Anda. Aplikasi ini dapat berjalan di perangkat yang menggunakan sistem operasi macOS dan Windows 10.

Cara membuat filter IG sendiri

Setelah anda mengetahui program aplikasi untuk membuat filter IG ini, anda bisa langsung mempraktekan cara membuat filter IG ini di handphone atau laptop anda. Namun, sebelum masuk ke tutorial, Anda perlu mengunduh Spark AR Studio terlebih dahulu.

Tidak seperti aplikasi edit foto selebriti lainnya, Anda bisa lebih ekspresif dengan Spark AR. Nah, setelah berhasil mendownload, ikuti langkah-langkah membuat filter IG sendiri di laptop berikut ini:

1. Masuk ke Spark AR Studio

Jika sudah memiliki aplikasi ini, cara membuat filter IG berikut ini bisa menggunakan Spark AR Studio dengan login menggunakan akun Facebook. Jadi, Anda perlu mengisi alamat email atau nomor ponsel dan kata sandi yang terhubung dengan akun Facebook Anda, lalu klik “login”.

2. Tentukan filter IG

Dalam aplikasi ini, Anda dapat memilih filter dengan melihat sampel atau contoh filter yang telah dibuat oleh pengguna lain. Anda dapat memilih salah satu filter sampel yang akan Anda buat dengan memodifikasinya. Jika Anda akan membuatnya dari awal, Anda dapat memilih menu buat baru.

3. Pembuatan koordinat wajah

Cara memunculkan filter IG ini dengan mendeteksi wajah. Sehingga penentuan koordinat wajah menjadi bagian terpenting dalam proses pembuatan ig filter. Untuk menentukan koordinat wajah, Anda dapat mengklik “Menambahkan” lalu pilih “memahami adegan‘. Kemudian pilih menunya pelacak wajah.

Setelah memilih menu face tracking, fungsi ini berguna untuk mendeteksi wajah pengguna, Anda bisa memilih 3D Object kemudian Face Mesh. Selanjutnya, pilih wajah kotak dengan topeng kotak-kotak.

4. Edit filter IG

Di bagian pengeditan filter, Anda dapat melakukan penyesuaian pada koordinat wajah dan pengaturan warna di filter. Setelah selesai mengedit, Anda dapat melihat pratinjau hasil filter dengan mengklik pratinjau. Di bagian pengeditan filter, Anda juga dapat memodifikasi filter sampel sehingga menjadi filter baru.

Cara lain untuk membuat filter IG adalah dengan mengedit sampel filter yang ada agar hasilnya terlihat berbeda dari bentuk aslinya. Caranya dengan memilih tab scene, setelah itu kamu bisa memilih fitur yang akan kamu tambahkan ke filter tadi. Anda juga dapat meninjaunya dengan cara yang sama dengan mengklik “pratinjau”.

5. Uji filter IG yang dibuat

Pada tahap ini, Anda dapat mencoba filter yang telah dibuat. Untuk mengetahui hasilnya, Anda dapat menggunakan fungsi kamera di laptop atau dengan mengklik ikon kamera di layar yang terhubung ke kamera web komputer. Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan menguji filter pada sampel wajah di aplikasi Instagram.

6. Ekspor hasil filter IG

Agar hasil filter Anda dapat dilihat dan digunakan oleh pengguna Instagram lain, Anda perlu mengekspor filter yang sebelumnya disimpan dengan mengklik “Saring‘, klik menunya MENGAJUKAN memilih Ekspor lalu pilih filter ekspor untuk Instagram.

Setelah itu, lakukan pengaturan agar filter dapat digunakan di semua jenis perangkat, sehingga lebih banyak orang yang dapat menggunakan filter Anda. Selanjutnya, klik Ekspor dengan format file .areexport. Selain itu, Anda perlu memperhatikan ukuran file agar tidak melebihi 20 MB.

7. Berbagi filter

Untuk membagikan hasil filter ini dengan pengguna Instagram lain, Anda perlu mengunggahnya. Sebelumnya, Anda harus login terlebih dahulu ke akun Instagram Anda baik dari ponsel atau laptop Anda. Anda dapat mengunjungi https://www.facebook.com/sparkarhub/ dan klik beban efek.

Kemudian Anda perlu mengklik menu tujuan filter, yaitu Instagram, lalu beri nama khusus. Pada icon effect terdapat pilihan gambar yang bisa anda tentukan tadi untuk icon pada filter. Setelah selesai, Anda dapat mengklik Unggah dan lanjutkan.

8. Video demo

Anda bisa mendapatkan demo video di halaman pengaturan filter Spark AR. Ada berbagai pilihan kategori filter yang bisa kamu pilih tergantung tema yang kamu suka. Setelah itu, jangan lupa untuk menggunakan link preview yang telah disimpan kemudian merekam video filter dengan ponsel Anda. Nantinya, video tersebut akan menjadi demo filter video Anda.

Lengkapi bagian Informasi Ulasan untuk meninjau sebelum filter dapat digunakan oleh publik atau pengguna Instagram lainnya. Setelah diterima, Anda dapat menemukan filter di Instagram dan dapat digunakan oleh pengguna lain.

Ini adalah cara membuat filter ig sendiri yang dapat Anda gunakan secara pribadi dan bahkan semua orang. Dengan demikian, Anda sudah menjadi pencipta. Untuk menambah nilai, sebaiknya gabungkan desain dengan bisnis dan gunakan filter sebagai alat branding bisnis.


Teknologi

Baca Juga  Cara Mempercepat Jaringan Telkomsel di Hp Xiaomi