InformasiKita

Cara Membuat Bot WA, Mudah Layani Chat Pelanggan


Dalam dunia bisnis, ada jargon bahwa pelanggan adalah raja. Ini, tentu saja, harus melayaninya dengan baik. Lalu apa hubungannya dengan cara membuat bot WA?

Pertama, mari kita bicara tentang aplikasinya percakapan ini. Sekarang, semakin banyak orang yang menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi. Ini termasuk urusan bisnis. Oleh karena itu, tidak sedikit yang merasa perlu menggunakan robot.

Manfaat menggunakan bot untuk aplikasi Whatsapp

Cara membuat bot WA

Seberapa perlu menggunakan bot WA? Jawabannya tentu saja tergantung kebutuhan masing-masing orang. Namun secara umum, beberapa keunggulan dari robot-robot tersebut ada di bawah ini.

1. Tanggapi obrolan pelanggan Waktu sebenarnya

Stempel respon lambat sepertinya menjadi momok bagi para pebisnis, terutama bagi mereka yang berpergian on line. Ini adalah julukan yang seolah-olah menggambarkan fakta bahwa pelaku bisnis tidak serius melayani pelanggan.

percakapan pelanggan yang lama diabaikan akan membuatnya jengkel dan berpikiran negatif. Karena itulah banyak pebisnis yang memaklumi keberadaan robot WA.

Jadi, ketika pelanggan menelepon, dia akan menerima respons instan waktu sebenarnya. Jawabannya mungkin berisi pesan yang meminta mereka menunggu giliran untuk menerima jawaban.

2. Memberikan jawaban otomatis dengan melakukan WA Bots

Keuntungan lain menggunakan bot adalah mereka dapat memberikan jawaban secara otomatis. Ini akan sangat membantu dalam menjawab pertanyaan yang sering diajukan. Jadi Anda tidak perlu memberikan penjelasan yang sama berulang-ulang.

Beberapa contoh pertanyaan yang sering diajukan adalah apakah barang masih tersedia, cara pemesanan dan sejenisnya. Jadi tinggal membuat aturan-aturan tertentu, jawaban soal akan dilakukan secara otomatis oleh robot.

3. Membantu saat perusahaan sibuk dengan jalan

Ada kalanya beban kerja meningkat, membuat Anda merasa sibuk dan kewalahan. Sepatu WA bisa berguna di sini. Buat pengaturan saja, maka chat dari pelanggan tetap bisa terkelola.

Cara membuat bot WA untuk membantu mengelola pelanggan

Jika Anda seorang pebisnis yang membutuhkan robot untuk membantu aktivitasnya percakapan, tidak ada salahnya memulai latihan. Caranya adalah dengan mendownload dan menginstal Autoresponder for Whatsapp.

Anda dapat menemukan aplikasi ini di Google Playstore. Anda tidak perlu khawatir dengan kapasitas memori, karena aplikasi ini tidak besar. Ukurannya hanya 9,1 MB, sehingga tidak terlalu banyak menggunakan ruang penyimpanan.

Setelah mengunduh. ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Setelah instalasi berhasil, buka aplikasi Autoresponder.
  • Kemudian, jika muncul notifikasi menggunakan WA versi terbaru, klik OK.
  • Kemudian, setelah aplikasi terbuka, tekan tanda +
  • Setelah itu, akan muncul kotak dialog untuk memulai pengaturan.
  • Isikan kata kunci yang akan mengaktifkan respon bot. Jadi nanti, ketika seseorang mengirim pesan dengan kata kunci tersebut, bot akan secara otomatis mengirim balasan.
  • Setelah selesai, ketuk tombol centang.
  • Kemudian layar akan menampilkan kotak untuk melengkapi respon bot. Isi berdasarkan kunci jawaban sebelumnya.
  • Jika sudah, tekan kembali tombol centang.
  • Kemudian pastikan tombol slider di bagian atas dan kolom moncong chat sama-sama berwarna hijau.
  • Jika sudah berwarna hijau berarti cara membuat bot WA ini sudah selesai dan berhasil.

Baca juga: Cara membuat Bot Telegram termudah dengan Android

Fitur di Autoresponder

Dalam aplikasi balasan pesan otomatis ini, Anda akan menemukan berbagai fitur yang bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  • Secara otomatis merespons sesuai dengan pengaturan.
  • Ada pilihan untuk penyampaian jawaban yaitu dipersonalisasi, semua dan pasti.
  • Jawabannya juga dapat berfungsi untuk kontak, percakapan kelompok dan nomor tidak diketahui.
  • Abaikan atau tentukan kontak dalam grup
  • Dan lain-lain.

Beginilah cara bot WA dibuat, manfaat dan beberapa fiturnya. Dengan menggunakannya, Anda akan dapat lebih fokus pada hal-hal lain saat berbicara dengan pelanggan tetap. respon cepat.


Teknologi

Baca Juga  Cara Buat NFT, Raih Potensi Aset Digital