InformasiKita

Cara Membuat Absensi di Google Form Menggunakan Batas Waktu


Di masa pandemi Covid-19, pembelajaran di sekolah tidak bisa dilakukan seperti biasanya. Siswa hanya dapat belajar melalui sistem online sesuai peraturan pemerintah. Jadi guru juga harus tahu cara membuat kehadiran di Google Form.

Guru dan siswa melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknologi internet. Semua proses belajar mengajar di sekolah kini harus dilakukan secara daring on linetermasuk absensi siswa. Untuk menjaga siswanya, guru dapat memanfaatkan fitur tersebut formulir google. Formulir Google adalah fitur bentuk digital yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu, salah satunya adalah partisipasi.

Cara ikut serta ke Formulir Google tidak terlalu sulit. Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah cara membuat formulir partisipasi Google.

Langkah-langkah membuat partisipasi di formulir Google

Biasanya, sebelum memulai proses pembelajaran daring, guru akan mengikutsertakan siswanya. Jika dia berada di dalam kelas, guru dapat menggunakan kartu absensi. Jadi bagaimana Anda menilai kehadiran siswa? on line? Jawabannya adalah melalui penggunaan Formulir Google.

Cara membuat kehadiran Google Formulir tidak terlalu keras. Lihat langkah-langkah untuk menciptakan partisipasi Formulir Google.

1. Buka Fitur Formulir Google

Langkah pertama adalah membuka fitur tersebut Formulir Google melalui tautan ini.

Buat formulir baru

Buat-Bentuk-Baru
Buat formulir baru

Selanjutnya, buat formulir baru. Untuk melakukan ini, klik tombol + atau pilih opsi formulir kosong.

2. Buat judul dan deskripsi formulir

Buat-Form-Judul-dan-Deskripsi
Buat judul dan deskripsi formulir

Setelah muncul tampilan, buat judul dan deskripsi untuk form sesuai kebutuhan. Misalnya, “Kehadiran siswa kelas V Sekolah Dasar“dengan deskripsi”Kehadiran di mata pelajaran agama“. Caranya, klik tulisan “untitled form” dan “form description”.

3. Buat kolom dengan nama siswa

Buat-Kolom-Nama-Siswa-1
Buat kolom dengan nama siswa

Langkah selanjutnya adalah membuat kolom untuk nama siswa. Untuk membuatnya, klik kolom judul dan deskripsi di bawah, lalu enter “Nama Siswa” (1). Ubah opsi jawaban dalam formulir “Jawaban singkat” (2) dan aktifkan fitur tersebut “Diperlukan” (3).

4. Buat kolom jadwal

Buat-Program-Kolom
Membuat kolom program

Kemudian, untuk membuat kolom jadwal, klik tombol tersebut + di jalan yang benar. Setelah itu, buat kolom seperti gambar di atas.

4. Buat kolom deskripsi

Buat-Kolom-Deskripsi
Buat kolom deskripsi

Sama seperti di atas, Anda dapat mengklik tombol + atau tombol “ikon duplikat” jika Anda ingin membuat kolom sama dengan yang sebelumnya. Sesuaikan kolom keterangan seperti pada gambar di atas. Anda dapat menambahkan jenis informasi bergantung pada aturan yang berlaku di agensi Anda.

5. Pengajuan

Setelah proses pembuatan ruffles selesai, klik “Kirim” di bagian atas formulir yang akan dibuat tautan.

6. Menyalin tautan

Cara menyalin tautan sangat mudah. Untuk melakukan ini, klik “ikon tautan” yang ada di tengah. Kemudian klik “potong tautan” dan “Salin Tautan”, lalu secara otomatis tautan akan disalin. Setelah itu, guru dapat berbagi tautan absen untuk siswa.

Tata letak Google Form yang Anda buat kurang lebih akan terlihat seperti gambar berikut.

Cara membuat absensi di Google Forms
Menampilkan formulir kehadiran Google

Cara Menetapkan Batas Waktu Formulir Google

Dalam mengikuti Google Form, Anda juga dapat mengatur batas waktu. Cara membuat Google Form absen dengan deadline sangat mudah. Anda dapat menonton bagaimana melakukannya di bawah ini:

  1. Buka file Google Form yang tersimpan di Google Drive.
  2. Harap tambahkan pembatas formulir tambahan.
  3. Selanjutnya, atur tanggal dan waktu penutupan Google Form.

Nah, itu saja cara berpartisipasi di google form. Dengan ketidakhadiran tersebut tentunya akan memudahkan guru untuk mendata siswa yang hadir dan yang tidak hadir.

Memang dalam sistem belajar mengajar jarak jauh ini, guru dituntut untuk bisa mengoperasikan teknologi internet. Jika tidak, maka proses belajar mengajar akan sulit berlangsung.

Cara membuat kehadiran Google Formulir sangat mudah dilakukan bukan? Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas agar pembelajaran tetap lancar.


Teknologi

Baca Juga  Cara Menerjemahkan Video yang Tidak Ada Subtitle Tanpa Aplikasi