InformasiKita

Begini Cara Membatasi Pengguna Wifi Agar Tidak Lemot


Cara membatasi pengguna wifi Ada beberapa cara, Anda dapat membatasi bagian kecepatan atau jumlah perangkat yang terhubung. Sekarang tinggal menyesuaikan dengan kondisi wifi di masing-masing tempat. Untuk lebih jelasnya, silakan merujuk ke artikel berikut:

Cara Membatasi Pengguna Wifi

Ada 2 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membatasi wifi. Yakni membatasi jumlah pengguna atau membatasi kecepatan akses.

hal yang sering terjadi adalah wifi tiba-tiba menjadi lemot, padahal hanya beberapa orang saja yang menggunakannya. Hal ini mungkin terjadi karena ada orang yang hanya meng-crack password dan menggunakan wifi tanpa sepengetahuan anda, maka untuk mengatasi masalah tersebut coba langkah-langkah berikut ini:

1. Membatasi jumlah perangkat yang terhubung

Cara melakukannya adalah dengan memasukkan alamat Mac ke daftar putih. Sekarang, dengan memasukkan alamat Mac ke daftar putih, Anda dapat meningkatkan keamanan jaringan wifi Anda. Karena dalam hal ini hanya perangkat terdaftar yang dapat terhubung ke jaringan wifi

Sebagai contoh cara membatasi pengguna wifi indihome seperti ini:

  • Masukkan pengelola web router wifi, biasanya di alamat 192.168.1.1
  • Masuk dengan pengguna dan kata sandi default, biasanya admin dan admin.
  • Aktifkan pemfilteran mac di menu daftar kontrol akses WLAN
  • Jika hanya masalah mendaftarkan alamat Mac masing-masing perangkat.
  • Lalu simpan.

Jika Anda mencoba menghubungkan perangkat yang mendaftarkan alamat MAC, itu pasti akan terhubung. Lalu coba bandingkan dengan perangkat yang belum terdaftar pasti tidak akan konek.

2. Batasi kecepatan akses Wi-Fi Anda

Pembatasan kecepatan akses adalah yang paling banyak digunakan. Karena setiap perangkat akan mendapatkan jatah kecepatannya masing-masing. Banyak router baru sudah memiliki fitur pembatas kecepatan (QOS) ini.

karena cara membatasi pengguna media wifi pertama atau Indihome jika ingin menggunakan cara ini, perlu menambahkan router tersendiri. Router yang sering digunakan dan paling populer adalah Mikrotik. Sedangkan yang paling murah adalah merk Totolink, Tenda dan Tplink yang sudah memiliki fitur QOS ini. Cara settingnya sebagai berikut :

  • Pergi ke web manajemen router, default 192.168.0.1
  • Login dengan user dan password, default ada di belakang router.
  • Cari kontrol bandwidth atau menu QOS
  • Kemudian masukkan kecepatan yang diinginkan.
  • Kemudian Simpan Semua


Teknologi

Baca Juga  6 Langkah Cara Me Restart Laptop Yang Gampang, Penasaran?