Cara Install TWRP di Semua Android Tanpa Komputer


TWRP atau lebih tepatnya tim memenangkan proyek pemulihan adalah sistem mode pemulihan Android yang dimodifikasi. Berbeda dengan recovery bawaan Android, TWRP ini khusus untuk developer dan developer Android. Cara memasang TWRP di semua android sebenarnya cara ini cukup mudah, namun perlu disesuaikan dengan versi android dan tipe handphone yang digunakan.

TWRP memiliki banyak keunggulan dibandingkan pemulihan biasa, bahkan lebih kompleks. Jika recovery bawaan ponsel Android tidak bisa digunakan dalam mode sentuh sedangkan TWRP sudah bisa menggunakan mode sentuh.

Cara install TWRP di semua perangkat Android tanpa menggunakan komputer

Ada beberapa cara pasang TWRP tanpa PC di Xiaomi dan handphone lainnya, namun yang paling mudah lebih baik menggunakan emulator terminal. Memasang TWRP via Termux juga bisa lebih mudah jika Anda belum terbiasa dengan emulator terminal Android.

Yang perlu disiapkan saat ingin memasang TWRP adalah ponsel yang sudah di root baik menggunakan superuser atau Magisk manager. Jadi kita akan menggunakan 2 handphone, satu sebagai installer TWRP dan satu lagi sebagai client untuk menghubungkannya menggunakan USB dan OTG. Dimana handphone yang sudah di root adalah pengganti komputer.

Pada ponsel yang di-root, file adb fastboot, Termux dan TWRP juga perlu diinstal tergantung pada jenis Android dan merek ponsel tempat TWRP akan diinstal. Untuk Android dengan versi terbaru, seharusnya lebih mudah jika menggunakan komputer, karena ponsel varian terbaru sudah menggunakan bootloader yang terkunci, Anda harus membuka kuncinya terlebih dahulu.

Untuk unlock bootloader di android caranya berbeda-beda tergantung tipe hp dan providernya, untuk itu anda bisa mencari tutorial unlock bootloader sesuai tipe hp yang digunakan. Jangan salah instal versi TWRP, dan parahnya bisa bootloop. Jika Anda adalah operator Android, pasti sudah tidak asing lagi dengan bootloop dan sudah tahu cara mengatasinya.

Untuk cara pasang TWRP dapat dilihat di bawah ini:

  1. Pastikan Anda telah mengunduh berbagai bahan yang dijelaskan di atas.
  2. Matikan Hp yang akan dipasang TWRP, lalu masuk ke download mode (power+volume down).
  3. Terhubung dengan ponsel yang di-root dengan usb dan OTG, masuk ke terminal emulator atau Termux.
  4. Ketik perintah adb fastboot agar Android yang akan dipasang TWRP terdeteksi, jika terdeteksi pasang TWRP.

Cara pasang TWRP lewat hp lain Cara di atas memang agak ribet untuk mencari ponsel yang sudah di-root, tapi kamu bisa menggunakan aplikasi Flashify dari PlayStore. Dengan aplikasi ini kamu bisa langsung install TWRP dari handphone kamu sendiri tanpa bantuan PC atau Instal TWRP melalui Termux yang cukup rumit jika Anda tidak memahami perintah dasar Android.

Dengan TWRP ini kamu bisa install custom ROM, stock ROM, wipe reset, wipe cache. Ini juga memudahkan untuk menghapus sistem dari mode pemulihan. Jika Anda masih menggunakan pemulihan stok yang disertakan dengan ponsel Anda, fungsinya masih terbatas dan Anda belum dapat menggunakan mode layar sentuh.

Keuntungan lainnya adalah Anda juga dapat mengunci TWRP dengan pola atau kata sandi, jadi jika ponsel Anda hilang, tidak ada yang dapat menggunakan ponsel Anda kecuali Anda.

Kata kunci populer:

Baca Juga  3 Cara Membuat Suara Google di Capcut, Website, dan Google Translate


Teknologi